Yang Perlu Dilakukan Jika Lupa Password Windows 8

Yusuf  
Nov 2, 2019 · 6 minutes read

Jangan pernah malu jikalau anda lupa password Windows 8 milik anda. Memang wajarlah jikalau anda memasang sebuah password yang panjang dan juga rumit untuk sepenuhnya melindungi data-data anda, namun efek negatif dari itu adalah anda akan sangat sulit untuk mengingatnya jika lupa.

Daripada terus dirundung malu dan kesal, mending melakukan sesuatu lebih konstruktif yaitu mendapatkan kembali hak akses ke komputer Windows 8 anda. Tentu anda ingin tahu bagaimana caranya? Nah anda bisa mengikuti semua tips yang saya rekomendasikan di artikel ini.

Dan tips reset password Windows 8 yang saya paparkan di sini sebagian besar bisa pula diterapkan di semua versi Windows termasuk Windows 10 jikalau mengalami masalah lupa / hilang password. (Oh iya bagi pengguna versi ini silahkan reset dan pulihkan password Windows 10).

Memang lupa merupakan hal lumrah terjadi, meskipun password Windows 8 kita sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diingat, akan tetapi kita adalah manusia. Setiap orang lupa sesuatu baik di masa sekarang dan nanti, bahkan hal penting seperti hari ulang tahun perkawinan (Hayo lupa juga ya?!:)).

Saya lupa password Windows 8, lalu apa yang harus saya lakukan?

Anda beruntung, karena ada sejumlah solusi yang dapat membantu anda dalam tragedi lupa password Windows 8 ini, dan semuanya saya promosikan di posting ini.

Catatan penting:

  • Sebagian solusi hilang / lupa password Windows 8 ini ada yang mengharuskan anda sudah memiliki sebuah akun Microsoft (Email untuk login ke Microsoft).
  • Adapula yang dapat digunakan jikalau anda login ke Windows 8 menggunakan akun lokal (Login dengan username).
  • Dan solusi lainnya melibatkan kedua cara tadi.
  • Dan tips-tips ini bisa diterapkan pada Windows 8 dan Windows 8.1.

Reset password account Microsoft secara online

Opsi pertama yang saya tawarkan adalah login dengan komputer anda ke Microsoft account atau sign up ke account Microsoft. Salah satu manfaat besar melakukan ini adalah memberikan semacam payung apabila turun hujan, artinya jikalau anda lupa password Windows 8 maka bisa gunakan cara ini.

Maka ambil hape atau komputer lainnya, buka browser kemudian reset password account Microsoft.

Gunakan disket reset password Windows 8 yang anda buat sebelumnya

Sebuah disket reset password Windows 8 merupakan sebuah disket floppy atau flash drive yang dapat digunakan untuk reset password Windows 8 apabila anda melupakannya, maka kini saatnya untuk menemukan dan menggunakannya.

Namun sayang sekali, cara ini hanya bisa anda gunakan jika sudah membuat disket reset sebelumnya, jika anda belum pernah membuatnya maka untuk membuatnya sekarang adalah mustahil. Oleh sebab itu, acuhkan langkah ini jika anda belum pernah membuat disket reset password Windows 8.

Namun jikalau anda akhirnya berhasil mendapatkan atau memulihkan password dan bisa menggunakan kembali Windows 8 anda, maka buatlah sebuah disket reset password Windows 8, agar terhindar dari masalah besar ini di masa datang apabila anda lupa / hilang password lagi.

Buat tebakan jitu mengenai password Windows 8

Jangan melotot dulu, namun cobalah dulu. Saya serius kok, bukan main-main. Menebak password pastilah hal pertama anda lakukan ketika lupa password Windows 8 anda, namnun pertanyaannya apakah itu tebakan yang sungguh-sungguh atau hanya percobaan karena frustasi?

Coba lakukan tebakan yang pantas dan sungguh-sungguh untuk melakukan “crack” terhadap komputer Windows 8 sebelum anda memutuskan melakukan langkah-langkah lainnya, menebak adalah langkah awal atau juga akhir.

Apapun password Windows 8 anda—mudah, rumit atau panjang dan pendek—biasanya terlahir dari hal-hal yang familiar dari kehidupan dan fikiran anda seperti hal kita sukai. Cobalah ingat-ingat bisa jadi password Windows 8 anda terbuat dari hal-hal berikut.

  • Ulang tahun pasangan, suami, istri, atau anak.
  • Nama awal, tengah atau akhir dari anda, pasangan, atau juga anak.
  • Angka favorit anda.
  • Kenangan indah dimasa kecil.
  • Kuliner favorit.
  • Tempat penuh kenangan.
  • Nomor telepon seseorang.
  • Tempat kerja.
  • Binatang peliharaan.
  • Tempat anda sukai.
  • Atau kombinasi dari itu semua?

Itulah beberapa ide yang bisa dijadikan acuan untuk melakukan tebakan sungguh-sungguh akan password Windows 8 anda.

Minta user merubah password Windows 8 anda

Jikalau komputer anda digunakan oleh banyak orang, setidaknya salah satu dari mereka adalah administrator, orang ini dapat login dengan passwordnya kemudian mengganti password anda di bagian Account applet pada Control Panel.

Catatan. Hanya bisa dilakukan seorang admin untuk mengganti password user biasa. Namun jikalau anda sendiri adminnya maka cara ini tidak mungkin diterapkan.

Hack untuk reset password Windows 8 anda

Kata “hack” mungkin terasa mengintimidasi, namun pada kasus ini sebenarnya merupakan prosedur sederhana yang dapat dilakukan oleh semua yang hasilnya bisa membuat kita dapat reset password Windows 8 apabila terjadi kasus lupa atau hilang seperti yang anda alami sekarang ini.

Dengan hack ini, anda dapat reset password Windows 8 langsung dari layar login Windows, tanpa perlu sebuah disket reset atau flash drive, dan tanpa perlu software pihak-ketiga.

Cara ini mengharuskan anda menggunakan command prompt (CMOD) dan melakukan sejumlah hal yang mungkin belum pernah anda lakukan sebelumnya, tapi jangan khawatir anda bisa ikuti seluruh langkahnya berikut ini: reset password Windows 8 dengan CMOD, maka anda akan baik-baik saja.

Hack ini hanya berfungsi jikalau anda menggunakan sebuah lokal user. Dan cara ini banyak berhasilnya karena saya telah membaca di sejumlah situs dan forum yang amat merekomendasikan cara ini, maka silahkan dicoba.

Catatan tambahan. Cara ini tidak bisa diterapkan bagi pengguna akun Microsoft untuk reset password Windows 8.

Reset atau pulihkan password Windows 8 dengan tool gratis

Jikalau semua cara di atas gagal, artinya anda masih belum beruntung, maka kini saatnya untuk beralih ke cara lebih tradisional dalam urusan hack komputer anda.

Sejumlah tool software yang bisa diandalkan, adalah program Windows password recovery, disediakan oleh sejumlah pengembang software. Tergantung program mana yang anda gunakan, ada software yang dapat menemukan dan menampilkan password Windows 8 yang terlupa, atau melakukan reset, dan memungkinkan anda login tanpa menggunakan password.

Adapun software yang saya rekomendasikan adalah sebagai berikut.

Ophcrack

Dengan Ophcrak, anda tak perlu akses ke Windows guna memulihkan password hilang. Anda bisa melakukannya dari komputer lain, silahkan kunjungi situsnya dan download ISO imagenya gratis, kemudian burn menjadi drive CD atau flash, lalu lakukan boot dengannya.

Offline NT Password & Registry Editor

Seperti Ophcrack, cukup ngeboot dari disket burn atau flash drive yang anda sudah buat menggunakan file ISO Offline NT Passowrd & Registry Editor. Setelah programnya berjalan, bisa langsung login menggunakan akun Windows anda tanpa perlu memasukan password, kemudian, anda bisa membuat password baru.

Pemberitahuan. Ini hanyalah dua software dari sekian yang saya rekomendasikan maka jikalau ingin mengetahui software lainnya apalagi jikalau kedua software ini gagal maka silahkan ke software untuk reset Windows.

Reset komputer Windows 8

Proses reset komputer di Windows 8 berbeda dengan reset password anda. Proses ini akan menghapus semua program, aplikasi yang telah terinstal, bahkan semua data yang telah anda simpan.

Dengan kata lain, setelah reset, maka komputer anda akan kembali ke konfigurasi awal, sama seperti saat pertama anda membelinya.

Untuk melakukan proses reset PC secara komplit adalah dengan mengakses Advanced Startup Options dan kemudian pilih Troubleshoot > Reset Your PC.

Catatan. Ini mungkin bukan cara bagus untuk digunakan sebagai solusi hilang password di Windows 8, namun jikalau semua cara gagal, maka cara ini pasti membawa sukses. Jadi pikir masak-masak sebelum menggunakan cara ini, meski anda dapat mengakses kembali komputer anda, akan tetapi semua data akan hilang, komputer Windows 8 akan kembali pada settingan awal sama seperti waktu saat pertama anda membelinya.

Kesimpulan

Maka jangan malu dan panik jikalau kehilangan password Windows 8 karena lupa, anda bisa mencoba semua cara diatas karena memang itulah cara-cara yang pasti direkomendasikan dan ditempuh apabila mengalami kasus lupa password di semua versi Windows. Jika tidak keberatan anda bisa sharing kepada kami cara yang mana dari semua yang rekomendasikan di atas berhasil bagi anda, atau anda bisa memberikan cara anda sendiri yang belum saya ulas diatas.

Tinggalkan komentar