3 Cara Memutar Video YouTube di Background di HP Android dan iOS

ADVERTISEMENT

Mayoritas pengguna internet dewasa ini, menyukai Youtube, merupakan situs berbagi dan menyimpan video paling banyak digunakan dan dikunjungi.

Setiap orang pasti mengunjungi Youtube setiap harinya, karena di situs milik Google ini terdapat milyaran video dari berbagai jenis topik. Semua topik disitu berdasarkan pilihan dari pengupload / pengunggah di kanal mereka. Dan tentu saja, para pengunjung / viewer terus berdatangan ke Youtube karena berbagai topik mereka cari dan minati terdapat di situs Youtube.

Dan tidak ada layanan streaming yang dapat membuat daftar putar khusus yang bagus seperti YouTube, bukan?

Tapi yang menjadi masalah, Anda tidak bisa melakukan hal lain saat menonton Youtube, saat membukanya di smartphone / tablet menggunakan aplikasi Youtube. Anda hanya bisa menikmati video Youtube sejauh membuka aplikasinya, apabila Anda membuka aplikasi lain, maka video tidak akan berputar, karena video Youtube tidak bisa berputar di background, kondisi ini menyebalkan apalagi kita sedang mendengar ceramah atau musik.

Memang Google merilis kemampuan bermain latar belakang dengan YouTube Premium tahun lalu tetapi Anda harus membayar untuk itu. Tapi jangan khawatir, ada beberapa solusi yang memungkinkan Anda memutar video YouTube di latar belakang di Android dan iPhone.

Cara Memutar Video YouTube di Latar Belakang

1. Mode Picture-In-Picture YouTube

Google memperkenalkan Picture-in-Picture Mode dengan Android 8.0 Oreo dan di aplikasi YouTube ini memungkinkan Anda untuk menonton atau mendengarkan video YouTube sementara Anda dapat melihat aplikasi lain. Namun, ada beberapa batasan untuk mode ini di Android.

ADVERTISEMENT

Picture In Picture Mode Android Oreo Membuka Youtube Di Background

i) Pertama-tama, perangkat Android Anda harus menggunakan Android 8 Oreo ke atas. ii) Anda tidak dapat memutar video dalam mode PiP jika diberi label sebagai video musik. iii) Dan terakhir, mode PiP di Android saat ini hanya tersedia di AS.

Berikut cara mengaktifkan mode PiP untuk YouTube di Android:

Android Oreo Picture In Picture Mode Youtube Memutar Video Youtube Di Background

  1. Buka menu Settings (Pengaturan) dan pilih Apps & Notifications (Aplikasi & Pemberitahuan).
  2. Ketuk Lanjutan di bagian bawah lalu pilih Akses aplikasi Special.
  3. Di sini cari “Picture-in-picture” dan Anda akan melihat daftar aplikasi yang mendukung PiP.
  4. Ketuk di YouTube dan aktifkan mode Pip dengan mengaktifkannya.

Sekarang, ketika Anda membuka aplikasi YouTube dan memutar video, Anda cukup mengetuk tombol Home / Beranda di ponsel Anda, dan video akan diperkecil ke jendela kecil dan Anda dapat membuka aplikasi lain. Jika Anda mengetuknya lagi, video akan menjadi layar penuh.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mode PiP tidak akan berfungsi jika Anda mencoba memutar apa pun yang diberi label sebagai video musik dan Anda memerlukan langganan YouTube Music atau YouTube Premium untuk itu.

2. Melalui YouTube Premium

YouTube Premium hadir dengan semua manfaat YouTube termasuk pemutaran di latar belakang, pemutar pop-up, YouTube Music Premium, dan tentu saja YouTube Originals. Langganan YouTube Premium dilengkapi dengan uji coba gratis selama satu bulan sehingga Anda tahu apa yang Anda beli.

Youtube Premium Memutar Video Youtube Di Background

Berlangganan dimulai dengan harga Rp 89.000 per bulan untuk pelajar yang mencakup semua manfaat. Jika Anda ingin berbagi maka Anda dapat membeli akun keluarga yang memungkinkan Anda menambahkan hingga 5 anggota keluarga sehingga mereka dapat menikmatinya juga. Google juga merilis akun Pelajar nanti yang dibanderol dengan harga Rp 34.990 sebulan tetapi perlu verifikasi tahunan.

3. Melalui Situs Desktop di Browser

Sekarang, bagaimana jika Anda tidak ingin membayar langganan? Ya! kami mengerti, Anda hanya perlu kemampuan bermain di latar belakang dan tidak ada yang lain dari langganan premium. Dan membayar Rp 89.000 per bulan terlalu banyak untuk mendapatkan satu fitur kecil itu.

Jadi, berikut adalah panduan langkah demi langkah yang memungkinkan Anda memutar video YouTube di latar belakang tanpa membayar langganan itu.

Untuk Android

Anda dapat menggunakan browser internet untuk menyelesaikan hal ini dan yang terbaik adalah Mozilla Firefox. Unduh dan instal browser Mozilla Firefox di ponsel cerdas Anda.

Memutar Video Youtube Di Background Di Browser Android

  1. Luncurkan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox dan buka youtube.com.
  2. Anda akan dialihkan ke YouTube versi seluler.
  3. Sekarang ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas dan ketuk “desktop site.”
  4. Dalam mode desktop, putar video apa pun yang Anda inginkan dan ketuk tombol beranda di ponsel Anda.
  5. Ini akan meminimalkan browser tetapi musik akan terus diputar di latar belakang.

Untuk iPhone

Agar trik ini berfungsi di iPhone Anda, Anda perlu menginstal browser Opera mini dari App Store.

Memutar Video Youtube Di Background iPhone

  1. Luncurkan browser Opera mini dan navigasikan ke youtube.com .
  2. Putar video apa saja dan buat video menjadi layar penuh.
  3. Sekarang, ketuk tombol beranda dan lanjutkan pemutaran dari pusat kendali.

Ini adalah trik mudah yang akan membantu Anda memutar video YouTube di latar belakang di smartphone Android atau iPhone Anda. Ini juga akan menghemat uang Anda jika Anda hanya menginginkan fitur putar di latar belakang dari Premium, namun, jika Anda juga menginginkan yang asli YouTube, maka berlangganan Premium lebih baik.

Untuk tips dan trik lainnya, pantau terus!

Leave a Comment