Alat Manual untuk membantu Anda menyimpan link ke dalam Google Spreadsheet di Chrome

ADVERTISEMENT

Kami berada di zaman di mana akses ke basis pengetahuan atau akses ke penelitian arsip tidak jauh. Baik itu tugas sekolah, tugas kuliah, akses ke database, atau rencana dari penata gaya kantor, kita semua perlu menyimpan satu set dokumen lengkap yang dapat membuat pekerjaan kita lebih mudah dan lebih cepat. Saat melakukan riset web, Anda mungkin berpikir bahwa akses ke banyak informasi adalah keuntungan dari era digital, tetapi sekali lagi, mengelola informasi yang didistribusikan di web adalah tantangan serius.

Melakukan penelitian ekstensif pada kutipan, bookmark, dan halaman web mungkin tidak membantu dalam melacak sumber informasi. Berpotensi, ekstensi chrome, akan datang untuk menyelesaikan semua tantangan pencarian dan manajemen database.

Alat ini sangat berguna untuk melakukan penelitian terperinci karena memungkinkan Anda menyimpan tautan situs web, bersama dengan detail Anda sendiri, di Google Spreadsheet. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara menginstal dan mulai menggunakan Citiable untuk meningkatkan hasil pencarian dan melacak halaman web yang Anda sebutkan:

Langkah untuk menginstal dan menggunakan Citable

1. Pergi ke halaman ekstensi Chrome, cari ‘Citable ‘di kotak pencarian, dan klik pada tombol’ Install ‘ untuk memasang ekstensi.

ADVERTISEMENT

2. Ketika proses instalasi berhasil selesai, Anda akan melihat ikon tanda kutip di sudut kanan atas peramban.

3. Sekarang, jelajahi halaman web yang ingin Anda simpan dalam tab saat ini, lalu klik pada ikon.

4. Ketika mengakses alat ini untuk pertama kalinya, Google sign up window akan bertanya untuk mengijinkan/ akses ke Akun Google Drive Anda. Sejak, link riset akan disimpan dalam Dokumen Spreadsheet Google, klik pada tombol ‘ijinkan’ untuk mengotorisasi ekstensi.

5. Dengan sukses sign-up ke Akun Google Anda, Anda akan disajikan dengan notepad drop-down kapanpun Anda klik pada ikon quote.

6. Biasanya, notepad akan menampilkan informasi webpage saat ini, seperti judul artikel, nama penulis dan URL, tetapi jika tidak muncul, Anda dapat menambahkannya secara manual. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan tag dan ringkasan singkat untuk membuat Google spreadsheet lebih dapat diandalkan dan mudah untuk melacak rincian halaman web.

7. Ketika selesai, klik opsi’ Buat dokumen ‘dari daftar drop-down di bawah, berikan dokumen Anda sebuah nama, dan klik tombol’ Save’. Berkas spreadsheet baru akan disimpan di folder yang dapat diterima, terletak di halaman utama Akun Google Drive Anda.

8. Setelah lembar sebar disimpan, link akan disediakan untuk melihat dokumen dan Mengklik di atasnya akan membuka dokumen di Google Drive, dalam tab baru.

9. Spreadsheet akan mengikuti bentuk enam kolom sederhana, termasuk field untuk judul, URL, Tanggal, penulis, ringkasan dan tag dari halaman web tersimpan.

10. Anda sekarang dapat mengulangi proses yang sama untuk setiap halaman web yang ingin Anda tambahkan ke daftar ini dan tambahkan sebagai sumber Anda.

Google Buku dapat membantu saat meneliti topik yang berbeda karena Anda dapat membuat buku yang berbeda untuk mengelola sumber yang berbeda.

Tiket yang dibuat dalam formulir ini dimasukkan secara langsung, sehingga Anda dapat langsung melihatnya setelah menambahkannya ke formulir. Selain itu, ekstensi ini dapat dikontrol menggunakan hotkey.

Untuk mempelajari hal yang sama, klik kanan pada ikon dan buka menu “opsi”, di mana Anda dapat melihat empat tombol ringan untuk menavigasi dan menggunakan ekstensi. Direkomendasikan sebagai solusi efisien untuk proyek penelitian intensif yang melibatkan banyak informasi dari berbagai sumber, City mengatur data secara efisien dengan memasukkannya ke dalam jurnal yang menarik.

Leave a Comment