Android 11: Cara Mengatur HP Android Menjadi Hotspot Seluler

Mengubah perangkat Android Anda menjadi hotspot seluler dapat membantu teman-teman yang perlu terhubung ke jaringan WiFi.

Misalkan Anda memiliki quota internet tak terbatas atau memiliki cukup cadangan quota yang bisa dibagikan. Kemudian Anda ingin membagikan kepada teman via Hotspot.

Dalam hal ini, petunjuk berikut akan membantu Anda mengubah perangkat Android Anda menjadi hotspot seluler sehingga teman Anda dapat terhubung ke Internet.

Anda akan melihat bagaimana Anda dapat membagikan koneksi Internet Anda dan bagaimana menambahkan kata sandi untuk memastikan tidak ada orang asing atau mereka yang tidak diinginkan yang terhubung ke jaringan Wifi.

Cara menjadikan Android sebagai Hotspot WiFi

Untuk menjadikan Android Anda sebagai Hotspot WiFi maka yang perlu Anda lakukan adalah mengatur perangkat Android agar bisa berbagi data seluler.

Kabar baiknya adalah prosesnya cara ini mudah diikuti oleh pemula dan tidak akan lama.

Baca juga:

Cara Membagikan Data Seluler Anda – Android 11

Anda dapat mulai berbagi koneksi Internet Anda dengan beberapa langkah sederhana berikut ini:

Langkah 1 — Anda harus terlebih dahulu membuka aplikasi Pengaturan / Settings.

Langkah 2 — Kemudian Anda buka Network & Internet / Jaringan dan Internet.

Langkah 3 — Di dekat bagian bawah, Anda akan melihat opsi Hotspot & Tethering / Hotspot dan tethering dan Anda ketuk opsi itu.

Langkah 4 — Dan kemudian pada opsi hotspot WiFi di bagian atas.

Android 11 Cara Mengatur HP Android Menjadi Hotspot Seluler

Langkah 5 — Di halaman berikutnya, aktifkan hotspot WiFi untuk mulai berbagi koneksi Internet Anda.

Langkah 6 — Ketuk nama Hotspot sehingga teman Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi mana yang merupakan koneksi WiFi Anda.

Langkah 7 — Di sana, Anda juga akan menemukan opsi untuk menambahkan kata sandi dan pengaturan batas waktu.

Langkah 8 — Dengan opsi terakhir ini, Anda dapat memilih kapan Anda ingin berbagi berakhir tanpa mematikannya secara maual.

Membiarkan hotspot Anda menyala akan menguras baterai Anda, maka pastikan Anda memiliki pengisi daya portabel atau powerbank, atau Anda dapat mencolokkan HP Android ke stopkontak agar perangkat Anda terus terisi selama proses berbagi internet via fitur Hotspot WiFi di Android.

Dan soal durasi berbagi maka Anda dapat memilih opsi durasi paling tidak lima menit hingga lebih dan atau tidak pernah mematikan Hotspot, tetapi maksimum juga dapat diatur pada satu jam.

Agar teman Anda dapat menemukan koneksi WiFi Anda, mereka harus membuka Settings (Pengaturan) > Network & Internet (Jaringan dan Internet) > WiFi.

Di sini teman Anda akan melihat semua koneksi WiFi yang tersedia, termasuk koneksi hotspot Wifi milik Anda.

Baca juga:

Hindari Biaya Tambahan

Pastikan Anda mengetahui segala sesuatu yang perlu diketahui tentang tethering dan layanan hotspot. Periksa untuk melihat berapa banyak Anda akan ditagih atau apakah operator seluler Anda mengizinkan tethering ini.

Kesimpulan

Mengubah perangkat Android Anda menjadi hotspot seluler bisa sangat membantu. Karena Anda memiliki koneksi Internet di ponsel, maka Anda juga dapat memilikinya di komputer atau perangkat lain dengan sangat baik.

Apakah Anda tipe orang yang tergolong sering menggunakan fitur hotspot seluler?

Bagikan pemikiran Anda di kolom komentar di bawah.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di media sosial.

Terkait

Trending di Android

Tinggalkan komentar