Apa Itu Bandwidth?



Bandwidth adalah istilah umum dalam dunia komputasi dan jaringan. Pada kenyataannya nama bandwidth sering digunakan, sehingga mudah untuk melupakan bahwa beberapa orang sebenarnya tidak benar-benar mengerti apa artinya.

Pencarian Google cepat untuk “apa itu bandwidth” akan muncul dua definisi berbeda dari kamus, yang keduanya tidak benar. Artikel ini akan menjelaskan apa itu bandwidth, bagaimana mengukurnya, dan berapa banyak yang Anda butuhkan untuk tugas yang berbeda.

Apa itu Bandwidth?

Bandwidth didefinisikan sebagai jumlah maksimum data yang dapat dikirim melalui koneksi yang ditentukan dalam periode waktu tertentu.

Definisi ini paling sering digunakan untuk merujuk pada kecepatan mengunduh dan mengunggah yang diberikan oleh penyedia layanan internet, atau ISP (Internet Service Provider). Namun, itu bisa merujuk ke semua jenis koneksi, termasuk Ethernet, USB, HDMI, dan banyak lagi.

Misalnya, Ethernet dipecah menjadi beberapa kategori kabel: 3, 5, 5e, 6, dan 6a paling umum. Di bawah ini adalah daftar kategori kabel dan bandwidth teoretis maksimumnya.

  • Cat3: 10 megabits per second
  • Cat5: 100 megabits per second
  • Cat5e: 1000 megabits per second
  • Cat6: 10 gigabits per second
  • Cat6a: 10 gigabits per second

Sesuatu yang penting untuk diperhatikan adalah bandwidth tidak mengacu pada kecepatan. Bandwidth mengacu pada kapasitas data, khususnya dari satu titik (atau node) dalam jaringan ke yang lain.

Jika Anda ingin mengukur kecepatan transfer data,  maka Anda dapat memeriksa latensi jaringan (sering disebut ping).

Bagaimana Bandwidth Diukur?

Bandwidth diukur dengan berapa banyak transfer bit per detik melalui jaringan. Namun, untuk memahami ini, Anda harus terlebih dahulu memahami apa itu bit.

Ukuran Bandwidth
Ukuran Bandwidth

“Bit” adalah unit informasi paling dasar di komputer. Istilah ini adalah bentuk digit biner yang disingkat; dengan kata lain, angka 1 atau 0. Anda mungkin juga tahu kata “byte.” Jika Anda menggabungkan delapan bit, Anda menghasilkan satu byte.

Karena kemajuan dalam komputasi dan teknologi jaringan, jumlah bit yang ditransfer melalui jaringan telah meningkat secara dramatis. Pada hari-hari awal jaringan (dan baru-baru ini pada akhir 90-an hingga awal 2000-an), bandwidth dapat diukur dalam berapa ribuan bit per detik, atau kilobit.


Bagikan
Rekomendasi Untuk Anda

Nagib adalah penulis teknologi lepas di blog Dubidam.id yang aktif membagikan tutorial seputar perangkat pintar berbasis komputer, seperti PC, smartphone dan juga perangkat keras dan lunak untuk membantu pengguna produk teknologi itu memecahkan masalah yang mereka hadapi. Untuk lebih lengkapnya bisa membaca halaman Tentang Blog. Silahkan juga bergabung di kanal Youtube dan halaman Facebook dari Dubidam.ID.

Tinggalkan komentar