Apa Itu Bandwidth?

Bandwidth adalah istilah umum dalam dunia komputasi dan jaringan. Pada kenyataannya nama bandwidth sering digunakan, sehingga mudah untuk melupakan bahwa beberapa orang sebenarnya tidak benar-benar mengerti apa artinya.

Pencarian Google cepat untuk “apa itu bandwidth” akan muncul dua definisi berbeda dari kamus, yang keduanya tidak benar. Artikel ini akan menjelaskan apa itu bandwidth, bagaimana mengukurnya, dan berapa banyak yang Anda butuhkan untuk tugas yang berbeda.

Apa itu Bandwidth?

Bandwidth didefinisikan sebagai jumlah maksimum data yang dapat dikirim melalui koneksi yang ditentukan dalam periode waktu tertentu.

Definisi ini paling sering digunakan untuk merujuk pada kecepatan mengunduh dan mengunggah yang diberikan oleh penyedia layanan internet, atau ISP (Internet Service Provider). Namun, itu bisa merujuk ke semua jenis koneksi, termasuk Ethernet, USB, HDMI, dan banyak lagi.

Misalnya, Ethernet dipecah menjadi beberapa kategori kabel: 3, 5, 5e, 6, dan 6a paling umum. Di bawah ini adalah daftar kategori kabel dan bandwidth teoretis maksimumnya.

  • Cat3: 10 megabits per second
  • Cat5: 100 megabits per second
  • Cat5e: 1000 megabits per second
  • Cat6: 10 gigabits per second
  • Cat6a: 10 gigabits per second

Sesuatu yang penting untuk diperhatikan adalah bandwidth tidak mengacu pada kecepatan. Bandwidth mengacu pada kapasitas data, khususnya dari satu titik (atau node) dalam jaringan ke yang lain.

Jika Anda ingin mengukur kecepatan transfer data,  maka Anda dapat memeriksa latensi jaringan (sering disebut ping).

Bagaimana Bandwidth Diukur?

Bandwidth diukur dengan berapa banyak transfer bit per detik melalui jaringan. Namun, untuk memahami ini, Anda harus terlebih dahulu memahami apa itu bit.

Ukuran Bandwidth
Ukuran Bandwidth

“Bit” adalah unit informasi paling dasar di komputer. Istilah ini adalah bentuk digit biner yang disingkat; dengan kata lain, angka 1 atau 0. Anda mungkin juga tahu kata “byte.” Jika Anda menggabungkan delapan bit, Anda menghasilkan satu byte.

Karena kemajuan dalam komputasi dan teknologi jaringan, jumlah bit yang ditransfer melalui jaringan telah meningkat secara dramatis. Pada hari-hari awal jaringan (dan baru-baru ini pada akhir 90-an hingga awal 2000-an), bandwidth dapat diukur dalam berapa ribuan bit per detik, atau kilobit.

Sekarang bandwidth paling sering diukur dalam jutaan bit per detik, atau megabit. Jika Anda tinggal di daerah dengan kecepatan koneksi yang lebih baik, Anda mungkin bahkan melihat koneksi gigabit, atau miliaran bit per detik.

Pikirkan koneksi ini seperti sepotong pipa. Jika begitu banyak air yang berjalan melalui pipa itu pada waktu tertentu, dan karena begitu banyak air sehingga mencapai jumlah air maksimum, maka tidak mungkin lagi untuk masuk ke dalam pipa yang sama. Maka Anda membutuhkan pipa dengan diameter lebih besar.

Pengertian Bandwidth
Pengertian Bandwidth

Ini adalah konsep yang sama dengan meningkatkan bandwidth melalui metode koneksi yang lebih baik, seperti jalur serat optik.

Perlu diingat bahwa koneksi serat optik (atau serat) sebenarnya tidak menggunakan diameter yang lebih besar, tetapi metode transfer data yang lebih baik. Kabel tembaga asli mentransfer data melalui pulsa listrik. Koneksi serat optik mentransfer data melalui pulsa cahaya.

Berkenaan dengan ISP Anda, Anda mungkin membayar untuk koneksi 100 Mbps tetapi hanya menerima 75 Mbps. Apapun paket internet Anda maka ISP menyediakan jumlah bandwidth maksimum yang tersedia untuk Anda, tetapi ini dapat bervariasi tergantung pada waktu, suhu, kondisi cuaca, dan lainnya.

Anda cenderung melihat kecepatan yang lebih rendah pada jam 6 sore ketika lebih banyak orang di rumah daripada jam 3 pagi ketika kebanyakan orang tertidur (dan dengan demikian keseluruhan penggunaan internet lebih rendah).

Berapa Banyak Bandwidth yang Anda Butuhkan?

Persyaratan bandwidth sangat berbeda dari orang ke orang. Seseorang yang menstreaming konten langsung seperti gameplay atau video instruksional akan membutuhkan bandwidth yang jauh lebih banyak daripada seseorang yang hanya menjelajah Facebook setelah bekerja.

Untuk menentukan berapa banyak bandwidth yang Anda butuhkan, hilangkan kebiasaan penggunaan internet Anda.

  • Apakah Anda memainkan banyak game online?
  • Apakah Anda mengunggah banyak konten video?
  • Apakah Anda mentransfer file besar secara rutin?

Jika Anda menjawab “ya” untuk semua pertanyaan di atas, maka persyaratan bandwidth Anda sedikit di atas rata-rata. Untungnya, mudah untuk menemukan bandwidth Anda saat ini. Ookla adalah salah satu perusahaan pengujian kecepatan terkemuka di luar sana. Kunjungan singkat ke situs mereka akan memberi Anda latensi saat ini, unduh, dan kecepatan unggah. Silahkan buka situsnya disini.

Tes Kecepatan Download Upload Internet Online
Tes Kecepatan Download Upload Internet Online

Catatan: Kecepatan mungkin lebih rendah pada Wi-Fi daripada pada koneksi bawaan seperti Ethernet, namun tergantung juga pada jenis kartu Wi-Fi di laptop atau PC Anda. Hasil di atas berasal dari laptop yang terhubung melalui Wi-Fi, di mana desktop pada koneksi Ethernet biasa melihat 5x kecepatan ini.

Menurut laporan 2018 dari NCTA, kecepatan unduhan rata-rata AS adalah 93,98 megabit per detik, hampir dua kali lipat kecepatan rata-rata global 46,25 megabit per detik.

Namun, kecepatan rata-rata mungkin bukan sesuatu yang saat ini dapat kita—sebagai penduduk Indonesia—jangkau karena lokasi geografis.

Di banyak daerah pedesaan, satu-satunya ISP yang tersedia memberikan kecepatan unduh maksimum puluhan kilobit per detik.

Untuk melakukan streaming Netflix, Anda ingin kecepatan unduhan antara 5 Mbps untuk video definisi tinggi dan 25 Mbps untuk resolusi 4K. Jika Anda ingin melakukan streaming video game di Twitch, Anda akan menginginkan kecepatan unggah minimal 3 Mbps, semakin tinggi yang dapat Anda capai, semakin baik kualitas streaming Anda.

Berapa Banyak Bandwidth Dibutuhkan
Berapa Banyak Bandwidth Dibutuhkan

Jika Anda hanya ingin menonton video Facebook sesekali atau mendengarkan musik, persyaratan bandwidth Anda jauh lebih rendah. Namun, bandwidth yang lebih tinggi menghasilkan pengalaman menjelajah yang lebih baik lagi.

Jika Anda merasa frustrasi saat melakukan aktivitas secara online, itu mungkin berarti Anda membutuhkan lebih banyak bandwidth daripada yang saat ini Anda miliki. Jika ini masalahnya, teliti ISP lokal Anda dan cari tahu opsi apa yang tersedia untuk Anda.


Tinggalkan komentar