Apa Itu Cloud Server?

Yusuf  
Sep 20, 2019 · 5 minutes read

Sebelum anda mendapati informasi mengenai cloud server Indonesia terbaik dan termurah menurut versi saya, yang informasi tentang itu akan anda dapati di bagian akhir artikel ini, maka ada baiknya terlebih dahulu mengetahui apakah cloud server, manfaat, jenis dan informasi lainnya. Silahkan dibaca.

Apakah sebuah cloud server dan bagaimana cara kerjanya?

Cara Kerja Cloud Server
@//www.tutorialsweb.com/

Sebuah server cloud merupakan sebuah virtual server dan bukan sebuah server fisik yang berjalan pada lingkungan cloud computing. Cloud server dibangun, ditempatkan dan dikirimkan menggunakan sebuah platform cloud computing melalui internet, dan dapat diakses secara remote.

Cloud server juga dikenal sebagai virtual server, virtual private servers atau juga virtual platforms. Cloud server memiliki semua software yang dibutuhkan untuk bekerja dan dapat berfungsi sebagai unit yang independen.

Apa itu cloud?

Cloud secara umum digunakan untuk merujuk kepada sejumlah server yang terhubung dengan internet yang dapat disewakan sebagai sebuah layanan software atau aplikasi. Didalam layanan berbasis Cloud terdapat web hosting, data hosting dan sharing, dan juga digunakan untuk software dan aplikasi.

“Cloud” juga merujuk kepada cloud computing, dimana sejumlah server terhubung / tertaut bersama untuk mengunggah data. Ini artinya, daripada menggunakan sebuah komputer besar, maka proses yang rumit dapat didistribusikan kepada beragam atau sejumlah komputer yang lebih kecil.

Salah satu dari sekian keuntungan sebuah penyimpanan cloud (cloud storage) adalah terdapat berbagai sumber pendistribusian yang bekerja dalam satu-kesatuan—biasa disebut federated storage cloud. Hal ini membuatnya tangguh menghadapi kesalahan yang mungkin terjadi saat pendistribusian data. Menggunakan cloud akan mengurangi resiko bermunculannya versi-versi file berbeda, dikarenakan pembagian akses untuk pihak luar kepada dokumen, file dan data.

Keuntungan yang ditawarkan oleh sebuah cloud server

  • Sebuah cloud server memberikan keamanan dan stabilitas kepada bisnis anda dikarenakan setiap masalah software akan diisolir dari tempat anda. Artinya, masalah yang terjadi pada cloud server yang lain tidak akan memberi efek apapun pada cloud server anda dan juga sebaliknya. Apabila pengguna lain overload servernya, maka tidak akan berimbas kepada cloud server anda, tidak seperti server fisik yang akan satu server dan lainnya memberi efek.
  • Cloud server menawarkan kecepatan, stabilitas dan keamanan. Mereka didesain untuk aman dari masalah hardware yang biasa terjadi pada server fisik, dan bagi saya pribadi cloud server merupakan opsi paling stabil bagi bisnis yang ingin hosting solid namun dengan budget yang ramah dompet.
  • Cloud server juga menyediakan layanan lebih cepat dan juga menghemat uang. Anda akan mendapatkan lebih banyak sumber-daya dan layanan jauh lebih cepat dibandingkan server fisik meskipun dengan harga yang sama. Sebuah website berbasis cloud akan lebih ngebut.
  • Cloud server lebih mudah dikembangkan. Amat sangat mudah dan cepat proses untuk upgrade cukup dengan menambah memory dan disk space, dan semuanya itu dengan harga amat terjangkau.

Tipe / jenis cloud server dan fiturnya

Sebuah perusahaan atau bisnis dapat memilih dari sejumlah jeni cloud server yang ada. Secara garis besar terdapat tiga model utama yakni.

Public Cloud Server, Dedicated Cloud Server, Private Cloud Server
Public Cloud Server, Dedicated Cloud Server, Private Cloud Server

Public cloud servers: Penamaan paling populer untuk cloud server jenis ini adalah virtual machine (VM). Dimana penyedia sebuah public cloud menyimpannya pada infrastruktur miliknya dan mengirimkannya kepada pengguna melalui internet menggunakan web berbasis antarmuka (interface). Model yang satu ini dikenal sebagaiinfrastructure as a service (IaaS). Contoh dari Public Cloud Server yang akrab di telinga kita adalah Amazon Elastic Compute Cloud instances, Azure instances dan Google Compute Engine instances.

Private cloud servers: Ini adalah sebuah server yang juga sebuah compute instance namun berformat private cloud. Penjelasannya adalah, perusahaan mengirimkan cloud server kepada pengguna internal melalui jaringan area local (local area network / LAN), namun dalam sejumlah kasus juga mengirimkan kepada pengguna eksternal menggunakan internet. Perbedaan utama antara public cloud server dan private cloud server adalah cloud server menggunakan infrastruktur organisasi, dimana kalau yang public cloud server dimiliki dan diurus oleh pihak luar atau bukan organisasi.

Dedicated cloud servers: Sebagai tambahan dari virtual cloud server, maka pihak hosting juga menyediakan physical cloud server yang dinamai sebagai bare-metal servers, yang secara esensi dikhususkan untuk menyediakan sebuah server fisik cloud kepada pengguna. Biasanya perusahaan memakan server ini jika ingin menyebarkan sebuah custom layer virtual atau mengurangi performa atau khawatir akan masalah keamanan jika di servernya banyak penyewa (multi-tenant).

Cloud servers tersedia dalam sejumlah pilihan compute berbeda, dengan sejumlah prosesor dan sumber daya memory yang bervariasi. Hal ini memngkinkan pengguna memilih tipe cloud server yang paling cocok untuk kebutuhan proyek mereka. Anda bisa memilih memory dan storage untuk website anda berdasarkan besaran file dan juga pengunjung yang ditandai dengan memory yang berupa transfer data (bandwidth), apabila spesifikasi cloud server anda tidak cukup anda tinggal menambahkan memory dan storage saja.

Cloud Server Hosting Indonesia termurah dan terbaik

Lalu pertanyaannya sekarang, yang mana cloud server hosting Indonesia yang terbaik dari segi stabilitas, kecepatan, support tim handal dan juga harga yang ramah dompet?

Sejauh pengembaraan saya menggunakan hosting lokal, maka nama yang paling bisa diandalkan adalah NiagaHoster. Saya sudah mencicipi cloud hosting server mereka meski dengan harga yang ramah dompet namun kualitas super sekali. Anda bisa mempelajarinya dengan langsung mengunjungi tautan halaman yang didedikasikan untuk membahas hal ini silahkan ke Cloud Server (Hosting) Indonesia terbaik (<—-Silahkan dibaca dan dipelajari).

Tinggalkan komentar