Apa Itu Command Prompt (CMD) Dan Cara Membuka CMD

Sebagai pengguna komputer Windows tentu anda sudah tidak asing lagi dengan nama Command Prompt atau biasa disingkat menjadi CMD. Setelah beberapa masa menggunakan komputer Windows, kita mau tidak mau dan suka atau tidak suka terpaksa harus menggunakannya.

Lalu, apa sih CMD dan apa manfaatnya bagi kita dan tentu saja kita juga bertanya mengenai bagaimana sih membuka CMD? Untuk semua pertanyaan itu akan dijawab disini.

Apa itu CMD?

Pertama-tama kita akan terlebih dahulu mengulas mengenai apa itu Command Prompt, karena ini adalah pengetahuan dasar untuk kemudahan memudahkan kita memahami mengenai manfaat dan cara membukanya. Baiklah langsung saja.

Apa itu Command Prompt (CMD)? Command Prompt merupakan aplikasi penerjemah baris perintah yang tersedia di nyaris semua versi sistem operasi Windows berbasis Windows NT. Command Prompt digunakan untuk mengeksekusi perintah (/command) yang dimasukan ke dalamnya.

Dan semua perintah tersebut menjalankan tugas melalui script dan file-file batch, untuk melakukan fungsi administratif mutakhir, dan membenahi sejumlah masalah pada Windows dan sebagai troubleshoot.

Nama resmi Command Prompt

Nama resmi Command Prompt adalah Windows Command Processor, namun juga banyak yang menyebutnya sebagai Command Shell atau juga CMD Prompt, bahkan ada yang juga menyingkatnya menjadi cmd.exe dan cmd saja.

Ada pula yang menyebutnya dengan nama tidak tepat yakni DOS Prompt atau MS-DOS. Memang Command Prompt merupakan sebuah program Windows yang menyamai secara performa dan kemampuan seperti yang dilakukan oleh MS-DOS, namun Command Prompt bukanlah MS-DOS.

Ketersediaan Command Prompt

Command Prompt tersedia di semua sistem operasi berbasis Windows NT, termasuk di dalamnya adalah Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP dan juga Windows 2000, begitupun pada Windows Server 2012, 2008, 2003.

Calon kuat pengganti Command Prompt

Tool Windows PowerShell digadang bakal menggantikan peranan Command Prompt, ia merupakan penerjemah baris perintah mutakhir yang dihadirkan pada versi-versi baru Windows, mampu memberi asupan kemampuan mengeksekusi perintah lebih dari Command Prompt.

Karenanya banyak yang memprediksi, bahwa di masa depan mungkin semua pengguna Windows akan memakai PowerShell sepenuhnya untuk menggantikan peran CMD ini.

Fungsi dan manfaat Command Prompt

Ini adalah manfaat Command Prompt berdasarkan kategori kegunaan:

Untuk internet & jaringan

1. Mengecek IPConfig

IPConfig – Jikalau terjadi masalah pada jaringan, maka IPConfig bisa menjadi solusi. Menjalankannya akan memberikan mengenai komputer dan jaringan lokal (local network), termasuk di dalamnya alamat IP dari muter, juga sistem yang anda gunakan dan kondisi sejumlah koneksi jaringan.

2. Melakukan PING

Ping – Ingin mendapatkan konfirmasi apakah internet anda sedang down, atau karena masalah software yang menyebabkan masalah koneksi? Maka lakukan Ping,

Anda bisa ping server lokal anda atau juga Google.com. Apapun yang anda pilih, anda akan mendapatkan jawaban. Dan juga bisa digunakan untuk mengecek sistem jaringan lokal apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Contoh Ping:

ping -t 8.8.8.8
3, Install file batch

Dengan CMD anda bisa mengeksekusi file batch—yakni dokumen seperti Notepad berisi setumpuk atau hanya sebaris perintah—untuk menginstal atau menjalankan sesuatu. Contohnya seperti melakukan aktivasi pada Windows 10 atau aktivasi Office 2016.

4. Menambah user dan admin

Anda juga dapat menggunakan Command Prompt untuk menambahkan user / pengguna dan admin baru via command prompt, ini amat berguna apabila tombol Start Windows 10 anda rusak / tidak berfungsi yang memaksa anda harus sering bermain di command prompt.

Contoh:

Untuk menambah user baru:

net user namauser / add net

Untuk menambah user baru beserta passwordnya:

user namauser password/add

Penjelasan: Ganti username dengan nama anda dan password dengan password anda.

5. Melakukan cek disk

Sama seperti Safe Mode, CMD juga menawarkan kemampuan untuk melakukan pengecekan pada disk jika ada kemungkinan bermasalah.

Contoh kodenya adalah sebagai berikut:

chkdsk C: /r

Keterangan: C adalah drive yang ingin diperbaiki dan di scan kemungkinan adanya bad sector.

Langsung ke halaman 2.

Tinggalkan komentar