Apa Itu ISP (Internet Service Provider)?

Apa itu ISP (Penyedia Layanan Internet)?

ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan yang menyediakan akses ke Internet dan layanan lainnya kepada pelanggannya. Tergantung pada layanan yang ditawarkan oleh penyedia layanan Internet — dapat juga disebut sebagai penyedia layanan informasi — ada beberapa layanan yang disediakan diantaranya adalah penyedia layanan penyimpanan, penyedia layanan jaringan Internet (Internet Network Service Provider / INSP), atau juga menyediakan kombinasi dari ketiganya.

Definisi alternatif dari ISP

Internet Service Provider juga dikenal sebagai penyedia jaringan, ISP ( penyedia layanan Internet ) adalah perusahaan yang menyediakan akses Internet untuk pengguna atau pelanggan layanannya.

ISP memberi Anda akun Internet (akses ke Internet), alamat email, ruang web untuk halaman web sekitar Rp 300.000 per bulan. Harga dapat bervariasi di setiap ISP.

Layanan lain seperti layanan online komersial seperti AOL memungkinkan akses ke fitur eksklusif seperti ruang obrolan (chat room), stok penyimpanan, perangkat lunak, lebih banyak dukungan, dan aksesibilitas secara global. Namun, itu mungkin memerlukan biaya tambahan. AOL, Earthlink, dan MSN adalah beberapa penyedia layanan Internet terbesar dan terkenal di Amerika Serikat.

Memahami ISP (Penyedia Layanan Internet)

Sebagian besar penyedia layanan Internet menyediakan akses Internet kepada pelanggannnya, ada segmen di dalam pasar. Ada penyedia akses biasa yang hanya menangani lalu lintas bolak-balik antara individu dan Internet secara keseluruhan.

Ada juga penyedia kotak pesan yang menambahkan penyimpanan untuk fungsi surat elektronik (surel atau email), serta hosting ISP yang memiliki sisi email serta layanan hosting untuk menyimpan konten dari sebuah website.

Ada ISP transit yang menjual layanan ke ISP lain, dan ada juga ISP virtual yang membeli layanan dari ISP lain dan menjualnya kembali kepada pelanggan, bertindak sebagai ISP tetapi biasanya tidak menangani lalu lintas data apa pun. Akhirnya, bahkan ada ISP gratis yang menampilkan iklan kepada pengguna saat mereka mengakses layanan Internet mereka secara gratis.

Penjelasan: Tip
ISP terkadang juga disebut sebagai IAP ( Internet Access Provider / Penyedia Akses Internet ) dan penyedia layanan online.

Catatan:
Karena semakin banyak orang pindah ke broadband, ISP dial-up tradisional dan semua layanannya mulai punah. Hari ini, jika Anda menggunakan broadband, Anda memiliki penyedia broadband seperti Indihome, MyRepublic, First Media, MNC Play, Biznet dan mungkin menggunakan layanan online lainnya untuk menyediakan layanan tambahan. Misalnya, menggunakan Gmail sebagai penyedia email Anda.

Bagaimana ISP Modern (Penyedia Layanan Internet) Berkembang

Sebelum munculnya penyedia layanan Internet modern seperti sekarang, akses ke Internet terbatas pada mereka yang memiliki akun di universitas atau lembaga pemerintah yang berpartisipasi.

Ketika Internet pertama kali tersedia untuk masyarakat umum, kebanyakan orang memiliki akses dial-up yang diatur melalui operator telepon rumah mereka atau jaringan tetap (fixed line).

Selama pertengahan tahun 1990-an, jumlah penyedia layanan Internet meningkat menjadi beberapa ribu dan pertumbuhan terus terjadi. Ketika opsi untuk konektivitas meningkat dan kecepatan berpindah dari koneksi dial-up yang lebih lambat, ekonomi Internet lahir.

Di belakang semua ini adalah jaringan koneksi berlapis-lapis. ISP lokal menjual akses ke pelanggan tetapi membayar ISP lebih besar untuk akses mereka sendiri. ISP yang lebih besar ini, pada gilirannya, membayar ISP yang lebih besar lagi untuk mendapat akses ke internet.

Lambat laun berevolusi mengarah ke operator Tier 1 yang artinya tidak lagi berlapos mamun dapat mencapai setiap titik akses jaringan tanpa harus membayar untuk akses ke ISP lebih besar.

Ini adalah perusahaan yang memiliki infrastruktur di wilayah mereka dan perusahaan pada akhirnya dibayar oleh pelanggan yang mengakses Internet serta oleh ISP Tingkat 2 yang perlu mengakses wilayah Internet mereka.

Penjelasan kunci

  • ISP (Penyedia Layanan Internet) adalah perusahaan yang membuat akses web tersedia untuk bisnis dan konsumen.
  • ISP dianggap sebagai penyedia layanan informasi, penyedia layanan penyimpanan, penyedia layanan jaringan Internet (INSP), atau gabungan dari semuanya.
  • Penggunaan internet telah berkembang dari hanya mereka yang memiliki akun universitas atau pemerintah yang memiliki akses ke hampir semua orang yang memiliki akses, apakah itu berbayar atau gratis.

Pertimbangan Khusus

Konsumen dan bisnis mulai terbiasa dengan gagasan bahwa mereka harus dapat terhubung ke Internet dari mana saja, apakah di rumah atau saat duduk di kedai kopi lokal.

Untuk memberikan konektivitas dengan kecepatan tinggi, perusahaan harus berinvestasi dalam infrastruktur mahal yang mencakup kabel serat optik.

Karena tingginya biaya investasi ini, ISP Tingkat 1 sering tampak seperti monopoli di wilayah mereka. Di AS, kemunculan oligopoli dan bukannya monopoli ini diperkuat oleh fakta bahwa beberapa ISP besar tiba di sana menggunakan infrastruktur yang mereka warisi dari monopoli telekomunikasi asli yaitu Ma Bell. Yang lain telah mencoba memasuki pasar ISP Tier 1 dan tampaknya menemui kegagalan.

Alphabet, perusahaan induk Google, menjalankan divisi bernama access untuk mengoperasikan Google Fiber, proyek ambisius untuk meletakkan jaringan serat baru di seluruh Amerika Serikat, tetapi rencana ini diperkecil pada tahun 2016.

ISP Tier 1 saat ini terus berinvestasi dalam infrastruktur dan mereka mungkin satu-satunya pemain di pasar itu sampai muncul teknologi baru yang tidak bergantung pada serat di lapangan.

Apakah saya memerlukan ISP untuk terhubung ke Internet?

Iya. Untuk terhubung ke Internet, Anda memerlukan ISP, perusahaan kabel, atau perusahaan lain yang menyediakan perangkat keras yang diperlukan untuk terhubung ke Internet.

Sejarah ISP

ISP pertama secara luas diyakini Telenet, yang merupakan versi komersial pertama ARPANET yang diperkenalkan pada 1974.

ISP pertama untuk Internet yang kita kenal dan gunakan saat ini dianggap sebagai “Dunia” yang mulai melayani pelanggan pada tahun 1989.


Tinggalkan komentar