Apa Itu Nama Domain?

Nama domain — Ingin membuat sebuah web site atau situs web? Maka Anda perlu menyiapkan banyak hal sebelum aktif dan berjalan. Salah satu prasyaratnya adalah nama domain. Jadi‚Ķ apa itu nama domain?

Nama domain adalah alamat permanen situs web Anda di Internet. Itulah yang diketik orang di browser web mereka untuk menemukan situs web Anda.

Misalnya, dubidam.id adalah nama domain situs web ini, dan Anda dapat melihatnya di bilah alamat halaman ini.

Saat Anda membeli, mendaftar, dan menggunakan nama domain untuk situs web Anda, pengunjung web akan lebih mudah mengingat website Anda.

Saat pengunjung memasukkan nama domain Anda di browser mereka, komputer mereka mengirimkan permintaan ke sekelompok server yang disebut Domain Name System (DNS). Anda tidak perlu tahu apa yang terjadi di balik layar di sini.

Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa DNS kemudian merespons dengan alamat IP server (Contoh alamat IP: 31.13.70.17 untuk Google) hosting situs web Anda dan bagaimana pengunjung dapat menggunakan nama domain Anda untuk menjangkau situs web Anda.

Anggap saja seperti ini – orang lebih mengingat nama di daftar kontak telepon daripada nomor telepon sebenarnya. Dengan cara yang sama, lebih mudah bagi orang untuk mengingat nama domain daripada alamat IP.

Dalam posting ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang apa itu nama domain, cara kerjanya, dan bagaimana Anda dapat mendaftarkan domain pertama Anda.

ūüĎČ Pelajari lebih lanjut tentang¬†pengertian Registrar Domain.

Apa saja bagian berbeda dari nama domain?

Sebuah nama domain bisa memiliki satu kata atau beberapa kata. Terlepas dari jumlah kata, yang pasti ada titik di akhir, diikuti dengan sufiks.

Akhiran ini setelah titik disebut ‘top-level domain’ (TLD) atau domain tingkat atas. Kata-kata di sebelah kiri titik disebut ‘second-level-domain’ atau ‘domain tingkat kedua’.

Di dubidam.id, dubidam adalah second-level domain atau domain tingkat kedua, khusus untuk situs web ini saja. Sedangkan .id adalah top-level domain atau domain tingkat atas.

Dan .com disebut ekstensi domain tingkat atas (TLD) generik.

.com bukan satu-satunya TLD yang digunakan. Ada lebih 200 ekstensi nama domain, dan selalu ada ekstensi ditambahkan setiap saat.

Sebuah organisasi bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) mengawasi pembuatan dan pengelolaan nama domain ini.

Apa ekstensi domain umum yang paling umum?

Ekstensi sering kali menunjukkan sifat situs web. Beberapa contoh:

  • .com¬†untuk semua jenis situs web komersial.
  • .edu¬†untuk situs web pendidikan.
  • .org untuk nirlaba atau organisasi lain-lain.
  • .gov¬†untuk halaman web pemerintah.
  • .id untuk domain berdasarkan negara, untuk Indonesia. Untuk Amerika, .us, dan Inggris .uk dan juga .my Malaysia dan kemudian seterusnya.
  • .info untuk informasi.
  • .net untuk jaringan.
  • .online untuk bisnis juga cocok.

Namun, sebagian besar bisnis memilih .com, karena ini adalah ekstensi yang paling umum digunakan untuk bisnis.

Pemilik domain sering mendaftarkan nama domain di beberapa TLD untuk mencegah orang lain membeli nama domain yang identik di TLD lain.

Ini juga dapat menghindari masalah hak cipta di kemudian hari. Misalnya, Facebook juga memiliki facebook.org, facebook.net, facebook.info (dan banyak TLD lainnya).

Kemudian Facebook akan mengalihkan semua TLD yang berbeda ke facebook.com.

Selain itu, beberapa ekstensi domain dibatasi. Misalnya, Anda tidak dapat menggunakan ekstensi .eduekstensi kecuali Anda adalah lembaga pendidikan yang sah, seperti Universitas, Akademi, Sekolah Tinggi dan sebagainya.

Anda perlu mengajukan permohonan dan memberikan bukti bahwa Anda memenuhi kriteria untuk memiliki ekstensi .edu.

ūüĎČ Pelajari lebih lanjut tentang perbedaan antara domain dan hosting.

Apa itu TLD tingkat negara?

Selain TLD generik yang kita bahas di atas, ada juga ekstensi domain tingkat negara seperti id untuk Indonesia, .us untuk Amerika Serikat, .in India, atau .jp Jepang.

Jika Anda adalah bisnis berbasis lokasi, masuk akal untuk mendaftar di menggunakan ektensi domain jenis ini, terutama jika .com domain yang sesuai sudah digunakan.

Terkadang, domain jenis ini ideal jika Anda menargetkan pengunjung dari negara tertentu.

Contoh top level domain lainnya adalah .ca untuk Kanada, .uk Inggris Raya, .hk Hong Kong, dan .au Australia.

Ekstensi ini didasarkan pada singkatan negara standar sesuai dengan Organisasi Standar Internasional.

Ini semua disebut ccTLD (domain level teratas kode negara / country code top-level domain).

Seperti ekstensi domain umum, beberapa nama domain tingkat negara dibatasi hanya untuk orang yang dapat membuktikan bahwa mereka berasal dari lokasi itu, sementara ekstensi negara lain terbuka untuk umum.

Beberapa ekstensi domain khusus negara bahkan menjadi populer sebagai istilah yang lebih umum.

Misalnya, .io ekstensi secara teknis adalah TLD tingkat negara untuk Wilayah Samudra Hindia Britania. Namun, ini menjadi jauh lebih populer sebagai ekstensi untuk situs web teknologi dan kebanyakan orang bahkan tidak menyadari bahwa itu adalah ekstensi khusus negara.

Bagaimana / dimana untuk mendaftarkan nama domain

Setelah Anda membidik nama untuk domain Anda, Anda harus mendaftarkannya dengan domain registrar dan menjadikannya milik Anda.

Registrar adalah perusahaan yang diakreditasi melalui ICANN (International Committed of Assigned Names and Numbers) untuk menjual pendaftaran nama domain.

Setelah terdaftar, Anda memiliki nama untuk masa berlaku pendaftaran (defaultnya adalah satu tahun, tetapi Anda dapat membeli beberapa tahun sekaligus).

Anda dapat melakukan apa saja yang Anda suka dengan domain Anda – dijadikan alamat untuk situs web Anda, menjualnya kepada orang lain, menggunakannya untuk alamat email khusus, atau membiarkannya tetap diam (disebut “parkir domain” atau “domain parking”).

Ada banyak pendaftar terakreditasi yang tersedia dan Anda harus memilih salah satunya dengan hati-hati. Seringkali, host situs web seperti NiagaHoster dan IDCloudHost berfungsi ganda sebagai pendaftar domain.

Mereka menawarkan pendaftaran nama domain sebagai layanan tambahan gratis / berbayar di samping layanan hosting web reguler mereka.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih registrar nama domain adalah:

  • Biaya nama domain.¬†Harga bervariasi dari satu registrar ke registrar lainnya.
  • Apakah Anda ingin membeli nama domain dari host web Anda?
  • Apakah pencatat nama domain menawarkan dukungan berkualitas tinggi?
  • Apakah registrar menawarkan layanan tambahan seperti pengingat email untuk pembaruan?
  • Apakah registrar domain memberi Anda privasi WHOIS gratis?¬†Biasanya, siapa pun dapat mencari pemilik nama domain, tetapi privasi WHOIS memungkinkan Anda menyembunyikan informasi Anda di balik layanan proxy.

Anda juga harus tahu bahwa ada pengecer nama domain yang membuat akun dengan pencatat terakreditasi. Jika Anda membeli nama domain dari pengecer ini, Anda harus berurusan dengan mereka untuk memperbarui pendaftaran Anda atau untuk masalah manajemen domain lainnya.

Bagaimana memilih nama domain yang bagus

Ini sulit dan membutuhkan kreatifitas Anda. Sulit untuk menemukan nama domain bagus yang belum terdaftar dewasa ini.

Mengingat banyaknya situs web di internet, sebagian besar nama yang Anda inginkan kemungkinan besar sudah digunakan, terutama yang menggunakan ekstensi .com.

Namun demikian, penting untuk mendapatkan nama yang unik dan cocok dengan brand Anda. Yang penting, itu harus mudah diingat.

Anda dapat menggunakan nama Anda sendiri untuk blog atau layanan pribadi. Untuk kasus lain, nama yang menunjukkan tujuan situs web Anda adalah yang terbaik.

Sebelum Anda mencari nama domain, cari kata kunci yang sesuai untuk topik web yang Anda ingin buat. Sangat bagus jika Anda dapat menemukan nama domain yang menyertakan kata kunci ini.

Anda juga dapat melihat banyak alat daring atau pembuat nama blog untuk menghasilkan nama domain atau domain name generator seperti NameCheap.

Setelah Anda memutuskan untuk mendaftarkan nama domain, Anda mungkin berpikir untuk mendaftarkannya di beberapa TLD (Seperti .com, .net, .info dan .org), untuk menghindari masalah hak cipta yang berantakan di masa mendatang.

Contohnya: Anda mendaftkarn nama domain: ptabcd.com, maka daftarkan pula pt.abcd.online, ptabcd.info, ptabcd.net, dan seterusnya.

Kesimpulan

Sekarang setelah Anda tahu apa itu nama domain dan bagaimana cara memilihnya, berhati-hatilah saat memilih yang cocok.

Untuk memulai dengan nama domain pertama Anda, Anda dapat mengikuti panduan langkah demi langkah kami tentang cara mendaftarkan nama domain.

Kemudian, untuk mengubah nama domain Anda menjadi situs web yang berfungsi, lihat panduan kami tentang cara membuat situs web.

Tinggalkan komentar