Apa Itu VPN? (Cara Kerja, Jenis Dan Aturan Main VPN)

Apa itu VPN? VPN mungkin tampak rumit pada awalnya, tetapi sebenarnya mudah  difahami dan digunakan.

Kami akan mengupas tentang VPN di sini, apa yang dapat VPN lakukan untuk Anda, mengapa Anda benar – benar harus menggunakannya, dan bagaimana semua VPN bekerja di belakang layar.

Plus, kami akan memberi Anda beberapa rekomendasi untuk membantu Anda memilih VPN terbaik untuk kebutuhan Anda.

Berikut adalah daftar layanan VPN terbaik rekomendasi kami .

Panduan Pemula untuk Memahami VPN

Apa itu VPN?

Sebuah VPN (Virtual Private Network) adalah layanan yang memungkinkan Anda mengakses web dengan aman dan secara pribadi oleh routing koneksi Anda melalui server dan menyembunyikan tindakan online Anda.

Tapi bagaimana cara kerjanya?

Bagaimana cara kerja VPN?

Inilah cara kerja VPN untuk Anda, para pengguna.

Dimulai dengan menggunakan sebuah klien VPN (perangkat lunak) dari layanan VPN. Perangkat lunak ini kemudian mengenkripsi data Anda, bahkan sebelum Penyedia Layanan Internet (ISP) Anda atau penyedia WiFi dapat melihatnya.

Data anda kemudian dikirim ke VPN, dan dari server VPN ke tujuan online Anda – apa pun dari situs web bank Anda ke situs web berbagi video ke mesin pencari.

Jadi contohnya adalah misalkan anda ingin membuka Youtube, maka Youtube melihat data anda dari yang VPN berikan beserta lokasinya, bukan dari komputer dan bukan pula dari lokasi anda berada.

Saat Anda terhubung ke web tanpa VPN, beginilah tampilan koneksi Anda:

Koneksi Internet Tanpa VPN
Koneksi Internet Tanpa VPN

Meskipun yang di gambar adalah koneksi standar yang biasa anda lakukan, namun koneksi semacam ini memiliki kelemahan keamanan dan privasi, yakni semua data Anda tersedia untuk dilihat, dan pihak yang “berkepentingan” dapat mengintip apa yang Anda kirim.

Internet adalah kumpulan server yang bertanggung jawab untuk menyimpan situs web dan melayani mereka untuk siapa saja yang ingin melihatnya. Server-server itu berinteraksi/berkomunikasi satu sama lain sepanjang waktu, termasuk berbagi data Anda satu sama lain agar Anda dapat menelusuri halaman. Ekosistem ini bagus untuk Anda bisa berselancar, tetapi tidak bagus untuk privasi.

Jika hanya sebuah situs web menyenangkan yang Anda ingin buka—seperti situs ini misalnya—maka tidak perlu khawatir. Tidak masalah jika seseorang melihat data Anda. Tetapi jika itu perbankan online, email bisnis, atau hal lain yang sedikit lebih sensitif—-ini adalah cerita yang berbeda.

Sekarang, inilah tampilan koneksi yang sama dengan VPN yang diaktifkan:

Koneksi Internet Dengan VPN
Koneksi Internet Dengan VPN

Ketika Anda menggunakan layanan VPN , data Anda dienkripsi (karena Anda menggunakan aplikasi mereka), masuk dalam bentuk terenkripsi ke ISP Anda kemudian ke server VPN. Server VPN adalah pihak ketiga yang terhubung ke web atas nama Anda. Ini menjadi solusi untuk masalah privasi dan keamanan bagi kami dalam beberapa cara:

  1. Situs tujuan melihat server VPN sebagai asal lalu lintas, bukan Anda.
  2. Tidak ada yang bisa (dengan mudah) mengidentifikasi Anda atau komputer Anda sebagai sumber data, atau apa yang Anda lakukan (situs web apa yang Anda kunjungi, data apa yang Anda transfer, dll.).
  3. Data Anda dienkripsi, jadi bahkan jika seseorang melihat apa yang Anda kirim, mereka hanya melihat informasi yang dienkripsi dan bukan data mentah.

Jika anda sudah membaca tiga point di atas, maka skenario seperti itu jauh lebih aman daripada menghubungkan ke web dengan cara tradisional. Tapi seberapa aman itu sebenarnya? Mari cari tahu:

Tinggalkan komentar