Apa Itu “wsappx” Dan Cara Mengatasi Penggunaan CPU 100% Di Komputer

Apa itu wsappx dan bagaimana cara memperbaiki masalah penggunaan CPU dan memori yang tinggi pada Windows 10?

Wsappx adalah proses Windows yang sah yang dapat ditemukan dalam sistem Windows 10 atau Windows 8, dan dalam banyak kasus, ini menyebabkan masalah penggunaan CPU yang tinggi atau penggunaan hard disk yang tinggi di komputer.

Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang informasi dasar mengenai wsappx sekaligus memberikan beberapa solusi untuk memperbaiki masalah penggunaan CPU, memori atau disk yang disebabkan oleh proses wsappx di Windows 10.

Jika Anda mencari metode untuk menyelesaikan masalah ini, lanjutkan membaca di bawah.

Apa itu wsappx?

Wsappx adalah sebuah proses yang dapat ditemukan dalam daftar proses Task Manager. Awalnya diperkenalkan di Windows 8 dan juga dapat ditemukan di versi Windows terbaru seperti Windows 10.

Proses wsappx berjalan di latar belakang sistem Windows 10/8 sebagai bagian dari Windows Store dan platform aplikasi Universal Microsoft.

Dan wsappx bertanggung jawab untuk urusan menginstal, mencopot dan memperbarui aplikasi Store serta memastikan aplikasi memiliki lisensi yang valid bukan bajakan.

Dengan demikian, setelah Anda selesai menginstal semua pembaruan, Anda mungkin tidak membutuhkannya lagi.

Jika Anda expand (memperluas) Wsappx di Task Manager, Anda dapat melihat satu atau beberapa sublayanan yang berjalan:

  1. Client License Service (ClipSVC).
  2. Appx Deployment Service (AppXSVC).
  3. Dan Windows Store Service (WSService).

Selanjutnya kita akan melihat lebih dekat tentang wsappx.

wsappx Task Manager
wsappx Task Manager

AppX Deployment Service (AppXSVC): Fungsi AppxSVC menyebarkan (Deploy) aplikasi Store.

Terlihat bahwa aplikasi Universal Windows Platform didistribusikan dalam paket Aplikasi. Yang membuatnya berbeda, proses ini bertugas menginstal, mencopot dan memperbarui aplikasi Store secara otomatis di latar belakang.

Oleh karena itu, Windows dapat secara otomatis memperbarui aplikasi di latar belakang, seperti Paint 3D, Mail, dll.

Anda harus ingat bahwa ketika Anda menginstal, mencopot atau memperbarui aplikasi desktop Windows, maka CPU dan sumber daya disk juga digunakan.

Perbedaan di antara mereka terletak pada AppXSVC mengelola tugas-tugas ini tidak melalui aplikasi installer individual.

Anda mungkin menemukan bahwa prosesnya masih berjalan ketika Anda tidak menginstal apa pun. Itu karena sedang memperbarui aplikasi Store di latar belakang atau background.

Layanan Lisensi Klien (ClipSVC): Pada komputer Windows 10, layanan latar belakang ClipSVC menangani dukungan infrastruktur untuk Store.

Jika Anda menonaktifkan layanan ini, maka kata Microsoft: aplikasi yang dibeli di Store Anda tidak akan berperilaku dengan benar.

Tanggung jawab ClipSVC mencakup mengelola lisensi sehingga Anda dapat menggunakan aplikasi Store yang telah Anda bayar.

Windows Store Service (WSService): Ini adalah layanan latar belakang Windows 8 dan juga menangani dukungan infrastruktur untuk Store.

WSService dianggap memiliki fungsi yang sama dengan ClipSVC, tetapi tidak muncul di Windows 10 karena dia murni untuk Windows 8.

Mengapa wsappx butuh begitu banyak sumber daya CPU dan disk?

Seringkali, proses Wsappx dapat menyebabkan masalah penggunaan disk, CPU, atau memori yang tinggi ketika proses tersebut melakukan tugasnya, hasilnya akan mempengaruhi kinerja keseluruhan komputer Anda.

Anda dapat melihat wsappx aktif ketika Windows Store sedang digunakan, misalnya, proses dapat dimulai ketika Anda membuka atau mencari sesuatu di Windows Store.

Proses ini mungkin menghabiskan banyak CPU dan sumber daya ketika Anda mengunduh, menginstal atau memperbarui aplikasi, yang mirip dengan menginstal perangkat lunak desktop tradisional.

Seperti disebutkan di atas, proses wsappx selalu beraktivitas di latar belakang, dan Anda mungkin melihatnya selalu aktif bahkan ketika Anda tidak menggunakan aplikasi Microsoft Store.

Itu karena mungkin ada pembaruan baru aplikasi yang diinstal seperti Paint, Windows media player, WordPad, dll.

Apakah wsappx adalah virus?

Beberapa pengguna mungkin bingung dengan masalah wsappx ini. Perlu diingat bahwa Wsappx adalah bagian dari sistem Windows dan tidak membawa virus apa pun meskipun memang memberi efek negatif yakni memperlambat performa komputer dalam beberapa kasus.

Tentu saja Wsappx menjengkelkan bagi mereka yang komputernya memiliki sumber daya RAM atau CPU terbatas.

Dan apabila Anda khawatir keberadaan malware di komputer anda, ada baiknya menjalankan scan / pemindaian dengan perangkat lunak antivirus yang terinstall di PC.

Bisakah saya menonaktifkan wsappx?

Jika Anda mencoba menutup proses wsappx di Task Manager, Anda akan mendapati sebuah kotak pesan muncul yang mengatakan bahwa mengakhiri proses ini akan menyebabkan Windows menjadi tidak dapat digunakan atau dimatikan.

Dan akan menyebabkan hilangnya data yang belum disimpan. Dengan demikian, tidak disarankan untuk menonaktifkan proses dan sub-layanan wsappx.

Tetapi kita dapat mencoba untuk mencegahnya agar tidak berjalan secara otomatis di latar belakang, sehingga proses tersebut hanya akan diluncurkan jika diperlukan.

Bagaimana cara melakukannya? Lanjut membaca.

Bagaimana cara menonaktifkan wsappx dan memperbaiki masalah penggunaan CPU 100% pada Windows 10?

Mendapati laporan penggunaan disk atau penggunaan CPU tinggi bukanlah pertanda baik, itu berarti anda hanya memiliki sedikit sumber daya yang tersisa untuk menjalankan aplikasi atau melakukan tindakan lain di komputer anda.

Hasilnya segalanya jadi melambat dan komputer tidak bisa responsif dengan cepat. Jika masalah ini disebabkan oleh proses wsappx, Anda dapat mengikuti solusi di bawah ini untuk memperbaiki masalah tersebut.

Tinggalkan komentar