Apa Itu “wsappx” Dan Cara Mengatasi Penggunaan CPU 100% Di Komputer

Solusi #1: Nonaktifkan Update Aplikasi secara Otomatis

Jika Anda tidak peduli mengenai versi terbaru aplikasi dari Windows Store, Anda dapat memilih untuk menonaktifkan pembaruan otomatisnya.

Ini akan mencegah layanan Wsappx diaktifkan di latar belakang tanpa Anda mengetahuinya. Untuk menonaktifkan pembaruan aplikasi secara otomatis, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Windows Store. Anda dapat menemukannya dengan mengeklik ikon Windows di task dan mengetik Store pada pencarian, selanjutnya klik Open untuk membuka Windows Store.
Buka Aplikasi Store Windows
Buka Aplikasi Store Windows
  1. Klik pada tiga titik horisontal di sebelah ikon pengguna Anda (ditemukan di sudut kanan atas) dan kemudian pilih opsi “Pengaturan”.
Settings Pengaturan Windows Store
Settings Pengaturan Windows Store
  1. Kemudian rubah Aktif menjadi Nonaktif pada opsi Pembaruan Aplikasi > Perbarui Aplikasi Secara Otomatis.
Nonaktifkan Pembaruan Otomatis Microsoft Windows Store
Nonaktifkan Pembaruan Otomatis Microsoft Windows Store

Dengan begitu anda telah menonaktifkan pembaruan secara otomatis untuk Windows Store dengan begitu masalah pemakaian CPU tinggi bisa teratasi.

Solusi #2: Perbarui driver software secara manual

Tampaknya masalah CPU Tinggi yang disebabkan oleh wsappx tidak memiliki hubungan arah dengan driver, namun driver perangkat yang usang atau rusak memang menyebabkan masalah.

Jika komputer Anda terus berusaha memperbarui drive secara otomatis di latar belakang dan proses wsappx dapat berubah menjadi tidak responsif dan terus mengkonsumsi sumber daya CPU.

Dalam hal ini, Anda dapat mencoba memperbarui driver perangkat sendiri atau secara manual. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbarui driver di Windows 10.

  1. Klik kanan pada tombol Start dan pilih opsi Device Manager.
Device Manager
Device Manager
  1. Kemudian jendela Device Manager muncul.
  2. Temukan dan rentangkan Adapter display. Kemudian klik kanan pada opsi yang tercantum untuk memilih Update driver, seperti di bawah ini.
Update Driver Display Adapters
Update Driver Display Adapters
  1. Pada Update Driver Wizard, pilih Cari secara otomatis untuk perangkat lunak driver yang diperbarui dan Windows 10 mulai mencari komputer Anda dan Internet untuk perangkat lunak driver terbaru untuk perangkat Anda.

Jika Windows gagal menemukan pembaruan driver yang diinginkan, Anda dapat mencoba mencari driver di situs resmi pabrikan perangkat dan Anda juga dapat menemukan instruksi yang jelas mengenai cara menginstalnya pada PC Anda.

Solusi #3: Nonaktifkan Windows Store menggunakan Group Policy Editor / Registry Editor

Menonaktifkan Windows Store amat sangat membantu dalam mengurangi masalah penggunaan disk atau CPU dan Anda dapat menonaktifkannya melalui Group Policy Editor atau Registry Editor.

1. Nonaktifkan Windows Store menggunakan Group Policy Editor

  1. Tekan tombol logo Windows dan tombol R secara bersamaan untuk membuka dialog Run. Kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Local Group Policy Editor.
  2. Di halaman Group Policy Editor, perluas jalur: Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Store.
  3. Klik kanan pada Turn off the Store application dan pilih Edit dari menu konteks.
Local Group Policy Editor Turn Off The Store Application
Local Group Policy Editor Turn Off The Store Application
  1. Pilih Enabled dan klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan. Kemudian restart komputer Anda dan periksa apakah masalah penggunaan CPU atau disk tinggi sudah diperbaiki.
Matikan Aplikasi Store Windows
Matikan Aplikasi Store Windows

2. Nonaktifkan Windows Store menggunakan Registry Editor

  1. Di Windows 10, ketik regedit di bilah pencarian dan tekan tombol Enter untuk membuka Registry Editor.
  2. Silahkan meluncur ke lokasi lintasan: HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREPoliciesMicrosoftWindowsStore.
  3. Klik WindowsStore dari panel kiri dan klik kanan area kosong dari panel kanan untuk memilih New> DWORD (32-bit) Value. Kemudian pada Value Name yang baru dibuat ini sebagai RemoveWindowsStore.
Dword 32-bit Value WindowsStore
Dword 32-bit Value WindowsStore
  1. Klik dua kali tombol RemoveWindowsStore dan ketik 1 di bawah Value data. Klik tombol OK dan kemudian restart komputer Anda.
Windowstore RemoveWindowsStore
Windowstore RemoveWindowsStore

3. Lakukan pemeriksaan disk

Pemeriksaan disk harus dipertimbangkan sebagai solusi bagi mereka yang mendapatkan masalah ini, karena bisa jadi disk mengandung kesalahan atau bad sector.

  1. Klik kanan pada menu Start dan pilih Windows PowerShell (Admin). Klik Yes jika Anda menerima konfirmasi dari User Account Control.
Windows PowerShell (Admin) Windows
Windows PowerShell (Admin) Windows
  1. Ketikkan perintah chkdsk.exe /f /r di Windows PowerShell dan tekan Enter.
Cek Disk Dengan Administrator WIndows PowerShell
Cek Disk Dengan Administrator WIndows PowerShell
  1. Ketikkan y dan tekan tombol Enter untuk mengonfirmasi bahwa volume akan diperiksa saat sistem dimulai ulang.

Perlu dicatat bahwa pemeriksaan disk biasanya membutuhkan waktu untuk tuntas, Anda mungkin tidak dapat menggunakan PC untuk sementara waktu jika Anda me-restart dan menjalankannya.

Anda dapat melewatkannya untuk saat ini dan menjadwal ulangnya saat Anda nyaman. Selain menggunakan perintah sistem untuk memeriksa masalah disk, Anda dapat menggunakan DiskGenius untuk menguji hard disk.

Jika komputer atau hard drive Anda mulai merespons dengan lambat, Anda harus memindai disk untuk bad sector. Berikut ini cara memeriksa dan memperbaiki bad sector menggunakan DiskGenius.

  1. Doanload dan lalu Instal dan luncurkan DiskGenius dari komputer Anda, pilih disk yang ingin Anda periksa bad sector dari panel kiri dan klik Tools > Verify Or Repair Bad Sector.
Verify Or Repair Bad Sector
Verify Or Repair Bad Sector
  1. Klik tombol Start Verify dari jendela verifikasi Bad track dan DiskGenius mulai memindai disk dan memeriksa apakah ada bad sector.
Verify Bad Sector Dengan DiskGenius
Verify Bad Sector Dengan DiskGenius

Anda dapat mengklik tombol Repair jika DiskGenius menemukan bad sector setelah pemindaian.

Catatan: pengecekan bad sector adalah proses hanya baca dan tidak merusak data, tetapi perbaikan bad sector akan merusak data yang disimpan di atau dekat bad sector. Dengan demikian, Anda harus membuat cadangan file sebelum mencoba memperbaiki bad sector.

Jika anda ingin mendapatkan solusi tambahan seputar penggunaan CPU tinggi maka silahkan meluncur ke cara memperbaiki masalah disk usage 100% di Windows 10.

Solusi #4: Hentikan Aplikasi dari berjalan di latar belakang

Metode terakhir adalah menonaktifkan aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang. Seperti metode sebelumnya, buka Settings lalu Privacy.

Izinkan Aplikasi Berjalan Di Background Windows 10
Izinkan Aplikasi Berjalan Di Background Windows 10
  1. Dari menu sebelah kiri, pilih Background Apps.
  2. Anda dapat menonaktifkan semua aplikasi sekaligus dari opsi atas. Atau pilih masing-masing aplikasi yang diizinkan berjalan di latar belakang dan yang tidak.
  3. Rubah On menjadi Off pada Opsi Background Apps seperti pada gambar.
  4. Berhati-hatilah saat melakukan metode ini, karena aplikasi tidak akan dapat bertindak ketika Anda tidak menggunakannya seperti memeriksa notifikasi.

Kesimpulan

Wsappx adalah proses penting dari sistem operasi Windows 10 dan 8, dan itu membantu untuk menginstal dan memperbarui aplikasi di Windows Store.

Meskipun, ini dapat menyebabkan penggunaan CPU, disk, atau memori yang tinggi, Anda dapat mencoba solusi di atas untuk memperbaiki masalah dengan mudah.

Kami berharap solusi ini berfungsi di komputer Anda dan membantu Anda meningkatkan kinerja komputer Windows anda.

Jika Anda memiliki solusi atau saran lain, silakan bagikan kepada kami lewat area komentar.