Apa Itu API Dan Cara Kerjanya? (Dibahas Dengan Mudah)



Internet penuh dengan akronim yang membingungkan dan tidak dikenal, karenanya kita mudah untuk menjadi bingung. Satu akronim web yang mungkin pernah Anda dengar tetapi tidak pernah merasa terinspirasi untuk mencari tahu adalah “API”.

Apa itu API? API adalah akronim untuk application programming interface (bahasa Indonesianya adalah antarmuka pemrograman aplikasi), dan merupakan nama untuk serangkaian rutinitas dan protokol yang membuat proses pembuatan aplikasi perangkat lunak jauh lebih mudah.

Cara sederhana untuk melihat API adalah sebagai peta jalan yang memberi tahu komponen perangkat lunak (software) cara berinteraksi. Tanpa menggunakan API, kode sumber (source code) bisa terlihat berantakan, membingungkan.

Namun, API itu rumit dan membutuhkan lebih dari ringkasan singkat. Dalam artikel ini, mari kita bahas bagaimana API bekerja dan situs dan layanan apa yang menggunakannya.

Apa itu API dan Bagaimana Cara Kerjanya?

API adalah akronim untuk Application Programming Interface yang digunakan perangkat lunak untuk mengakses data, perangkat lunak server atau aplikasi lain dan telah ada selama beberapa waktu.

Dalam istilah awam, API adalah perantara perangkat lunak yang memungkinkan dua aplikasi untuk berbicara satu sama lain. Pikirkan sebuah API sebagai penerjemah antara dua orang yang tidak berbicara bahasa yang sama tetapi dapat berkomunikasi menggunakan perantara.

API sangat fleksibel dan dapat digunakan pada sistem berbasis web, sistem operasi, sistem basis data, dan perangkat keras komputer.

Pengembang menggunakan API untuk membuat pekerjaan mereka lebih efisien dengan menggunakan kembali kode dari sebelumnya dan hanya mengubah bagian yang relevan dengan proses yang ingin mereka perbaiki.

API yang baik memudahkan untuk membuat program karena blok bangunan sudah ada. API menggunakan protokol yang ditentukan untuk memungkinkan pengembang membangun, menghubungkan, dan mengintegrasikan aplikasi dengan cepat dan dalam skala besar.

Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa itu API, mari kita lihat cara kerjanya.

Bagaimana cara kerja API?

Aplikasi Mobile API Server
Aplikasi Mobile API Server

API berkomunikasi melalui serangkaian aturan yang menentukan bagaimana komputer, aplikasi atau mesin dapat berbicara satu sama lain. API bertindak sebagai perantara antara dua mesin yang ingin terhubung satu sama lain untuk tugas tertentu.

Contoh yang disederhanakan adalah ketika Anda masuk ke Facebook dari ponsel, Anda memberi tahu aplikasi Facebook bahwa Anda ingin mengakses akun Anda.


Bagikan
Rekomendasi Untuk Anda

Nagib adalah penulis teknologi lepas di blog Dubidam.id yang aktif membagikan tutorial seputar perangkat pintar berbasis komputer, seperti PC, smartphone dan juga perangkat keras dan lunak untuk membantu pengguna produk teknologi itu memecahkan masalah yang mereka hadapi. Untuk lebih lengkapnya bisa membaca halaman Tentang Blog. Silahkan juga bergabung di kanal Youtube dan halaman Facebook dari Dubidam.ID.

Tinggalkan komentar