Apa Itu Broadband? Jenis Dan Kelebihannya

Apa itu Broadband?

Broadband menghubungkan orang ke Internet. Broadband adalah teknologi transmisi internet berkecepatan tinggi yang bisa di nikmati di rumah, perusahaan atau sekolah untuk terhubung ke World-Wide Web (WWW) dan sumber daya digital lainnya.

Broadband menggantikan koneksi “dial-up” tradisional atau sambungan telepon pita sempit, Broadband menjadi pilihan standar masa kini karena selalu aktif dan memungkinkan Anda untuk menggunakan beberapa layanan sekaligus. Misalnya, Anda tidak perlu memutuskan koneksi dari Internet untuk melakukan panggilan telepon.

Broadband tersedia untuk berbagai teknologi (laptop, ponsel, tablet) dan kini ditawarkan oleh berbagai Penyedia Layanan Internet (Internet Service Provider /  ISP).

Dengan peralatan yang kompatibel, koneksi broadband memungkinkan pengguna untuk menggunakan berbagai perangkat sekaligus. Anda dapat mengakses Internet (yaitu, menjelajahi web di seluruh dunia, mendengarkan musik, memeriksa email Anda, mengunjungi situs media sosial, dll.), Menonton TV, dan menggunakan telepon Anda.

Seringkali layanan ini (Internet, telepon, dan TV) dikemas bersama atau dibundel sehingga satu penyedia layanan internet menawarkan semua opsi ini untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga atau bisnis kecil Anda dalam satu tagihan.

Penyedia layanan broadband dapat berupa perusahaan telepon atau kabel, penyedia jaringan nirkabel (perusahaan telepon seluler) atau layanan satelit.

Jenis Broadband

Layanan Internet Broadband telah menjadi teknologi akses Internet yang paling banyak digunakan dewasa ini, karena kecepatan aksesnya yang tinggi; broadband ditawarkan dalam empat opsi berbeda, DSL (atau Digital Subscriber Line), juga fiber optic (serat optik), kabel, dan satelit.

Koneksi dial-up lama adalah satu-satunya layanan internet non-broadband yang tersedia, meskipun lebih murah, namun sebagian besar pengguna Internet telah meninggalkannya dan beralih ke koneksi internet broadband yang lebih cepat.

DSL

Layanan internet DSL (atau Digital Subscriber Line) terhubung dengan menggunakan kabel telepon yang tidak digunakan sehingga tidak mengganggu layanan telepon Anda.

Kecepatan koneksi DSL bervariasi tergantung jarak Anda dari stasiun switching. Jika anda jauh dari switching station maka koneksi internet melambat dan semakin cepat jika dekat ke switching station. Oleh karenanya sebaiknya anda mempertimbangkan faktor ini jika dihadapkan pilihan antara jalur DSL dan koneksi kabel.

Kabel

Koneksi kabel broadband disediakan oleh penyedia TV kabel lokal. Di sini kecepatan koneksi internet kabel bervariasi dengan jumlah pengguna pada layanan pada titik waktu tertentu.

Dengan wilayah geografis tertentu, pengguna layanan kabel broadband berbagi bandwidth koneksi yang memperlambat kecepatan jika terdapat banyak pengguna dalam satu sistem.

Kondisi ini akan terjadi pada waktu-waktu puncak pemakaian internet misalnya di malam hari setelah hari kerja selesai, dimana banyak orang akan mengakses Internet.

Fiber Optic (Serat optik)

Layanan broadband terbaru adalah serat optik, yang merupakan koneksi internet tercepat sejauh ini. Namun, jenis layanan Internet ini masih dalam masa pertumbuhan, oleh karena itu area layanannya masih terbatas dan karena pemasangan kabel fiber optic memerlukan waktu lebih. Harga internet fiber optic juga bersaing dengan DSL dan kabel, namun fiber optic menyediakan koneksi yang jauh lebih cepat daripada kedua layanan tersebut.

Satelit

Layanan broadband terakhir dan paling lambat yaitu yang disediakan oleh satelit. Namun ia merupakan alternatif pengganti yang baik untuk dial-up bagi orang-orang yang tinggal di daerah pedesaan terpencil yang belum terjangkau serat optic dan DSL.

Yang menjadi masalah adalah biaya pemasangannya cukup tinggi, akan tetapi  biaya tagihan bulanannya bersaing untuk kabel dan DSL.

Ada banyak keuntungan pada layanan DSL dan kabel broadband. Mereka memberikan bandwidth yang lebih besar daripada bentuk akses Internet lainnya, dan itu membuatnya lebih mudah bagi pengguna komputer untuk melakukan banyak tugas dengan beberapa aplikasi yang tampil di latar belakang (background) saat Anda menjelajahi web. Sehingga memungkinkan Anda untuk menjelajahi web sambil mendengarkan audio.

Jaringan komputer di rumah menjadi lebih mudah dengan koneksi broadband, dengan menggunakan modem nirkabel atau kabel.

Biaya layanan broadband lebih tinggi setiap tahun daripada versi dial-up yang lebih murah, tetapi mengingat kelebihan dan kemudahan koneksi broadband, hal itu sepadan dengan biayanya.

Kelebihan koneksi broadband

Koneksi broadband memungkinkan Anda memainkan banyak game komputer populer yang mengandalkan koneksi Internet cepat.

Koneksi broadband, tidak seperti koneksi internet dial-up lama, tidak akan menggunakan saluran telepon Anda saat digunakan. Bahkan, memiliki koneksi broadband memungkinkan Anda untuk mendapatkan layanan telepon Internet sehingga Anda tidak lagi memerlukan saluran telepon tradisional sama sekali.

Manfaat besar lain dari koneksi broadband adalah Anda selalu terhubung ke Internet. Anda dengan cepat dapat terhubung dengan intranet dan email pekerjaan Anda dalam hitungan detik.

Memilih layanan ISP yang menawarkan koneksi broadband

Banyak orang mempertimbangkan antara opsi layanan Internet broadband, dan biasanya mereka pencarian ke layanan paling populer yaitu DSL dan kabel.

Namun pendekatan yang baik ketika mencari opsi terbaik adalah dengan menanyakan bagaimana kecepatannya di area anda, dan layanan apa saja yang mereka tawarkan dan bagaimana cara kerjanya.

Meskipun layanan Internet broadband kabel menawarkan koneksi internet cepat, kecepatan cepat ini tidak akan terwujud jika koneksi yang ditawarkan ISP tidak dapat diandalkan. Misalnya, koneksi kabel yang Anda terima tergantung pada besaran bandwidth atau fair usage (pemakaian wajar), berapa jumlah pengguna pada sistem dan kapan saja waktu ramai, dan latensi pada jaringan.

Bandwidth hanyalah salah satu faktor yang menentukan kecepatan koneksi Internet. Ini adalah ukuran kuantitas data yang memasuki jaringan selama periode waktu tertentu, dan diukur dalam bps, atau bit per detik.

Semakin besar aliran data, semakin baik koneksi jaringan internet. Dalam koneksi broadband, kecepatan data yang didukung umumnya 300 Kbps dan lebih tinggi, berbeda dengan dial-up yang maksimum hanya 53Kbps.

Latensi adalah faktor lain yang memengaruhi kecepatan koneksi kabel Internet. Latensi mengacu pada keterlambatan yang terjadi dalam pemrosesan data jaringan. Jaringan digambarkan sebagai latensi rendah jika hanya mengalami waktu tunda yang kecil, dan latensi tinggi jika mengalami penundaan lama.

Ketika latensi menjadi berlebihan, transmisi data menyebabkan kemacetan yang mencegah tambahan data masuk dan ini secara efektif mengurangi bandwidth koneksi internet kabel. Jadi meskipun bandwidth kabel koneksi Internet Anda diatur, efektivitasnya dapat dikurangi dengan kemacetan data dan sejumlah besar pengguna pada sistem.

Sekali lagi, dengan koneksi DSL broadband, kecepatan koneksi Internet dapat sangat dikurangi dengan jarak yang ditempuh pelanggan dari stasiun switching. Semakin jauh pelanggan dari stasiun switching, semakin lambat koneksi Internet.

Setelah diinstal, koneksi broadband selalu menyala. Koneksi dipertahankan dengan menggunakan kabel atau modem DSL. Ini menghubungkan komputer ke outlet kabel di dinding, dalam hal koneksi internet kabel; atau modem DSL ke saluran telepon. Hanya ketika koneksi ini dicabut, maka  koneksi Internet akan terputus.

Berbeda dengan layanan dial-up lama, Anda tidak akan memutar nomor telepon tertentu untuk mendapatkan akses ke Internet. Dengan layanan broadband, akses ke Internet diberikan hanya dengan mengklik dua kali ikon browser Internet pilihan Anda (ini biasanya di desktop Anda – Google Chrome, Internet Explorer, Firefox, Netscape dll.); halaman web default Anda akan terbuka dan Anda dapat segera mulai menjelajahi web. Seluruh proses seharusnya tidak lebih dari sekitar 10 hingga 15 detik, tergantung pada kecepatan komputer itu sendiri dan memunculkan masalah kelambatan.


Tinggalkan komentar