Cara Agar Tidak Diundang Grup Telegram Yang Tidak Kita Kehendaki



Sebagai pengguna Telegram, kita terbiasa dengan undangan grup, seperti halnya di aplikasi WhatsApp, ketika diundang oleh admin grup tau-tau kita sudah ada di dalam grup tersebut.

Di Telegram tidak ada pemberitahuan konfirmasi yes or no, apakah kita mau menjadi anggota grup atau tidak, tiba-tiba kita sudah didalam grup.

Bahkan si admin yang mengundang kita bukan teman, atau paling tidak orang kita kenal, karena entah bagaimana nama kita ada di kontak mereka.

Dan tidak selalu grup-grup itu kita sukai, atau paling tidak memang grup yang cocok untuk kita, hasilnya kita mendapat pemberitahuan / notifikasi rutin dari grup-grup yang seringkali mengganggu terlebih lagi jika kita tidak cocok dengan grup itu.

Nah di posting ini saya ingin membagikan tutorial agar kita dapat menghindari undangan otomatis dari grup-grup di Telegram.

Tentang Undangan grup Telegram

Demi grup milik mereka ramai, maka para admin grup Telegram seringkali menggunakan cara tambah anggota grup secara otomatis melalui kontak yang ada smartphone atau tablet mereka, padahal admin tersebut bukan keluarga atau teman.

Untungnya kita dapat mengantisipasi kondisi undangan otomatis dari admin grup yang tidak kita kenal dengan memblokir mereka agar tidak dapat mengundang kita dengan fitur Tambahkan Pengecualian atau Add Exception yang disediakan oleh Telegram.

Baca juga Cara Agar Tidak Masuk Grup WhatsApp Otomatis.

Cara mencegah agar tidak diundang grup Telegram

Nah disinilah seluruh langkah-langkah yang perlu Anda lakukan agar tidak mendapatkan undangan grup Telegram yang tidak Anda kehendaki.

Yang pertama Anda perlu lakukan agar tidak diundang oleh grup di Telegram adalah dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Buka settings / pengaturan Telegram.

  • Buka aplikasi Telegram di HP kamu.
  • Selanjutnya, klik ikon tiga garis yang ada di pojok kanan atas aplikasi.

Baca juga Cara Voice Call Dan Video Call WhatsApp Di Komputer Windows & Mac OS.

Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Piliha Pengaturan (Settings).
  2. Dan lalu pilih Privasi dan Keamanan (Privacy and Security).

Cara Agar Kontak Tidak Dapat Mengundang Grup Telegram
Baca juga
Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Kehilangan Data Dan Akun.

Pilih pada Groups, kemudian lakukan perubahan pada Kontak Saya.

  1. Pilih pada menu Grup (Groups).
  2. Dan di box Siapa Yang Dapat Menambahkan Anda ke Grup (Who can add me to group chats?) Anda pilih Kontak Saya (My Contacts).
  3. Dengan memilih Kontak Saya, maka Anda dapat memilih orang-orang agar tidak dapat mengundang Anda ke grup mereka dengan opsi Tambahkan Pengecualian atau Add Exception dari daftar kontak Anda.

Cara Agar Tidak Diundang Otomatis Grup Telegram
Pilih nama-nama di kontak agar tidak dapat mengundang Anda.

  1. Kini Anda akan dapati nama-nama kontak di HP Anda.
  2. Pilih nama-nama di kontak agar tidak dapat mengundang Anda.
  3. Setelah itu klik tanda Centrang untuk menyimpan perubahan.

Agar Tidak Dapat Diundang Di Grup Telegram

Kelemahan cara diatas adalah: Anda harus memillih kontak-kontak satu-satu karena belum ada opsi Pilih Semua atau Select All. Ini memang butuh pekerjaan banyak, namun sejauh inilah satu-satunya cara agar tidak diundang grup dari orang yang tidak dikenal atau siapa saja.

Mantab kawan, sekarang Anda akan aman dari undangan-undangan masif berbagai grup dari orang-orang di kontak Anda. Undangan akan diterima dari mereka yang Anda kehendaki.

Baca juga Cara Membuat Grup Telegram Di Android Dan PC.

Kesimpulan

Cara ini hanya berlaku jikalau Anda menampilkan nomor HP di Telegram, namun apabila selama ini Anda menyembunyikan nomor HP di Telegram atau menggunakan Telegram tanpa nomor HP Anda maka akan aman dari undangan Admin grup.

Semoga posting ini bermanfaat, dan jika ada pertanyaan silahkan layangkan di area komentar akan saya jawab semampu saya bisa kawan.

Tinggalkan komentar