Cara Aktifkan USB Debugging Mode Android (Semua Versi)

Cara aktifkan USB Debugging Mode Android (semua versi) — Jika Anda tidak mengaktifkan debugging USB pada perangkat Anda sebelum menghubungkan ke komputer Windows milik anda, maka anda akan diminta untuk mengaktifkan mode USB debugging untuk melanjutkan.

Android USB Debugging Mode, juga disebut Mode Pengembang di beberapa versi Android, adalah untuk memfasilitasi koneksi antara perangkat Android dan komputer dengan Android SDK (Software Development Kit).

Ketika Anda mengaktifkan debugging USB pada perangkat Android, Anda akan memiliki akses tingkat yang lebih tinggi ke ponsel atau tablet Android Anda.

Misalnya, Anda dapat menyalin aplikasi yang baru diprogram ke ponsel Android melalui USB untuk pengujian, Anda dapat mengakses ponsel Android Anda dengan menjalankan perintah terminal melalui komputer, mengambil log ponsel Anda, dll.

Untuk pengguna Android tingkat lanjut, mereka harus mengaktifkan USB debugging pada ponsel mereka dari waktu ke waktu untuk berbagai keperluan.

Ingin tahu bagaimana Anda dapat mengaktifkan debugging USB di ponsel Android? Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengaktifkan debugging USB pada berbagai versi Android, termasuk Android 4.2 dan yang lebih baru, Android 4.1 dan 4.0, Android 2.3 atau yang lebih lama.

Petunjuk di bawah ini berlaku untuk berbagai ponsel dan tablet yang diberdayakan Android, seperti smartphone Samsung Galaxy, smartphone Sony, ponsel LG, Nexus, Motorola, smartphone HTC dan banyak lagi.

Cara Aktifkan USB Debugging Mode Di Android 6.0 atau yang lebih baru

Masuk ke Pengaturan , ini dapat ditemukan di App Drawer Anda, atau dengan menekan tombol menu di bagian luar perangkat Anda.

Tekan About Phone > tap Build number beberapa kali hingga muncul pemberitahuan: “You are under developer mode”, selanjutnya kembali ke Settings > klik pada Developer options > tik pada USB debugging.

Aktifkan USB Debugging Mode Android 6, 7, 8
Aktifkan USB Debugging Mode Android 6, 7, 8

Video tutorial:


Cara aktifkan USB Debugging Mode untuk Android 4.2 ke Android 5.0 dan

Android 4.4 – 4.4.4 juga dikenal sebagai KitKat, dan Android 5.0 terbaru juga disebut sebagai Lollipop. Untuk mengaktifkan USB debugging pada Android 4.2 dan versi yang lebih baru (Android KitKat dan Jelly Bean), Anda dapat mengikuti ilustrasi di bawah ini.

Masuk ke Settings -> About Phone -> Tap 7 kali pada Build Number -> Lalu kembali ke Settings dan tap pada Developer Options -> Lalu tik pada kotak USB Debugging.

Cara Aktifkan USB Debugging Mode Pada Android 4.2 Dan Android 5
Cara Aktifkan USB Debugging Mode Pada Android 4.2 Dan Android 5

Cara aktifkan USB Debugging Mode untuk Android 3.0 hingga 4.1

Android 4.0 – 4.0.4 juga dikenal sebagai Ice Cream Sandwich, Android 4.1– 4.3.1 juga bernama Jelly Bean. Untuk mengaktifkan USB debugging pada Android 4.0 dan 4.1, Anda dapat membuka Settings di ponsel Anda, lalu gulir sendiri layar ke bagian bawah ponsel Anda, Anda akan melihat Developer Options di sana.

Ketuk opsi ini, Anda akan segera melihat opsi debugging USB. Ketuk untuk mengaktifkan debugging USB untuk Android 4.0 atau 4.1 di ponsel Anda, Anda akan melihat prompt sebagai berikut:

Masuk ke Settings > Klik Developer Options >Centang USB debugging.

Aktifkan USB Debugging Android 3.0-4.1
Aktifkan USB Debugging Android 3.0-4.1

Cara aktifkan USB Debugging Mode untuk Android 2.3 atau versi lebih baru

Android 2.3 juga dikenal sebagai Gingerbread. Sejak 2009, versi Android telah dikembangkan di bawah nama kode bertema permen. Android 2.3 – 2.3.7 juga dikenal Gingerbread, Android 3.0 – 3.2.6 juga disebut Honeycomb.

Caranya:
Buka Settings > Tekan Applications > Developments >  Selanjutnya tik pada USB debugging.

Aktifkan USB Debugging Mode Android 2
Aktifkan USB Debugging Mode Android 2

Setelah mode debugging USB diaktifkan, anda bisa menghubungkan HP Android ke komputer. untuk transfer data atau bahkan melakukan root Android dengan PC.

Pemberitahuan penting: Tolong jangan lupa untuk melakukan anthorisasi komputer ini di layar ponsel android Anda seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Authorized PC Di HP Android USB Debugging Mode
Authorized PC Di HP Android USB Debugging Mode

Aktifkan & Nonaktifkan debugging USB di Android Tips Tambahan

Anda harus mengaktifkan USB debugging kapan pun Anda membutuhkannya. Jika anda tidak memerlukannya, maka Anda harus menutup atau mematikan debugging USB di ponsel atau tablet Android demi alasan keamanan.

Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkannya di tempat yang sama di pengaturan (Settings) ponsel atau tablet Android Anda.

Silahkan tonton video tutorial untuk menghilangkan Developer Options di Android jikalau anda sudah tidak memerlukannya dengan alasan keamanan.



Anda bisa mengaktifkannya kembali dengan mengikuti langkah-langkah dari posting ini di masa depan jikalau anda memerlukan bantuan dari Developer Options lagi.

Tinggalkan komentar