Cara Aktivasi Office 365 Di Windows 10, 7, 8/8.1

0
2
Cara Aktivasi Office 365 Di Windows 10, 7, 8, 8.1

Pada artikel sebelumnya saya telah informasikan tentang download Office 365 dan cara menginstalnya menggunakan file IMG yang bisa di download langsung dari database Microsoft. Namun Office 365 yang telah didownload dan diinstall itu belum aktivasi, sehingga kebanyakan fiturnya tidak bisa digunakan, tepatnya hanya untuk dilihat saja, jika anda punya uang maka bisa membeli product key. Namun jika anda sedang mengalami masalah keuangan, maka membeli product key bukan keputusan baik, apalagi harganya tidak murah.

Oleh karenanya saya merekomendasikan untuk menggunakan KMS License Key untuk aktivasi untuk Office 365 yang telah telah terinstall di komputer. Bagi anda yang kebetulan belum tahu, KMS License sebenarnya identik dengan free trial. Dan gratis, juga legal dan valid digunakan hanya selama 180 hari saja. Namun jangan khawatir karena periode trial 180 hari itu bisa diperbaharui dengan amat sangat mudah sekali kawan.

Cukup dengan urusan pengenalan apa itu KMS License, maka kita langsung saja ke pokok utamanya.

Namun sebelumnya direkomendasikan melakukan persiapan berikut ini agar hasilnya sempurna dan tentunya berhasil aktivasi Office 365 Professional Pro di komputer Windows 10, 7, 8/8.1 anda

Cara aktivasi Office 365 Professional Pro di Windows 10, 7, 8/8.1

Okelah langsung saja, di pelajari dulu kawan.

Matikan Windows Defender

Ini langkah yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivasi pada Office 365 milik anda. Untuk langkah-langkahnya silahkan ke halaman ini.

Hapus trial license yang ada di komputer anda

Langkah ini adalah opsional artinya tidak wajib dikerjakan, khusus bagi yang memakai trial license dan sudah habis masanya. Namun begitu, jika masih valid, maka anda harus menghapusnya. Karena pada banyak kondisi, setelah kamu aktivasi Office anda menggunakan KMS License, maka fitur-fitur penting akan terus aktif namun pemberitahuan license sudah berakhir (expired) akan tetap ada, oleh karenanya jika anda menggunakan free license trial Office 365 maka sebaiknya dihapus terlebih dahulu.

Kini persiapan untuk komputer anda

Anda harus mengecek koneksi internet anda dan pastikan Windows Update Service dalam keadaan On atau menyala. KMS License harus diverifikasi dengan membuka KMS server. Maka caranya anda cukup membuka URL KMS server saja yakni //kms8.msguides.com, jika terbuka dan anda bisa melihat isinya maka internet anda tidak memblokirnya.

Cara aktivasi Office 365 dengan KMS License Key

Ini adalah aktivasi Office 365 menggunakan KMS Client Key secara manual.

  1. Buka Command Prompt sebagai Administrator.
    Pertama-tama, anda harus buka Command Prompt dengan hak Admin, kemudian ikuti seluruh instruksi langkah demi langkah. Silahkan copy lalu paste perintah-perintah dan jangan lupa untuk klik Enter setelahnya untuk mengeksekusi perintahnya.

Buka Command Prompt Pilih Run As Administrator

  1. Menuju ke folder Office.
    Jikalau anda install Office di folder Program Files, maka jalurnya menjadi: “%ProgramFiles%\Microsoft Office\Office16” atau “%ProgramFiles(x86)%\Microsoft Office\Office16”. Ini tergantung dari arsitektur sistem operasi Windows yang anda gunakan. Jikalau anda tidak tahu, maka jangan khawatir, anda bisa menjalankan kedua perintah berikut. Salah satunya pasti benar, dan yang salah tidak akan berjalan.
cd /d %ProgramFiles%\Microsoft Office\Office16
cd /d %ProgramFiles(x86)%\Microsoft Office\Office16

Path Folder Microsoft Office 365 Windows

  1. Konversi Lisensi Office ke Volume.
    Karena Office 365 anda di download dan Microsoft, kemungkinan berlisensi Retail, jika begitu agar dapat diaktivasi maka harus terlebih dahulu di konversi ke Volume, namun langkah ini hanya opsional, bisa dilewati jikalau mau, akan tetapi saya rekomendasikan. Untuk konversi ke Volume, maka eksekusi perintah berikut ini.

for /f %x in ('dir /b ..\root\Licenses16\proplusvl_kms*.xrm-ms') do cscript ospp.vbs /inslic:"..\root\Licenses16\%x"
Konversi Lisensi Office 365 Dari Retail Ke Volume Office 365

  1. Kini aktivasi Office 365 anda dengan KMS License.
    Pastikan komputer anda terhubung dengan internet, kemudian masukan perintah berikut ke Command Prompt.
cscript ospp.vbs /inpkey:XQNVK-8JYDB-WJ9W3-YJ8YR-WFG99
cscript ospp.vbs /unpkey:BTDRB >nul
cscript ospp.vbs /unpkey:KHGM9 >nul
cscript ospp.vbs /unpkey:CPQVG >nul
cscript ospp.vbs /sethst:kms8.msguides.com
cscript ospp.vbs /setprt:1688
cscript ospp.vbs /act

Berhasil Aktivasi Office 365 Di Windows

Video cara aktivasi Office 365 dengan KMS License

Saya juga menyediakan video tutorial jikalau anda merasa lebih cocok mengikutinya secara visual. Okelah silahkan disaksikan kawan. Jangan lupa subscribe dan di like ya, juga tombol lonceng.

Itulah cara aktivasi Office 365 Professional Pro di komputer Windows 10, 7, Windows 8/8.1 paling akurat untuk anda.

FAQ

  • Pertanyaan: Kok setelah aktivasi yang muncul di status Account saya adalah Office 2016?
    • Jawab: Dikarenakan lisensi Volume itu tidak tersedia untuk Office 365, maka aktivasi menggunakan Office 2016.
  • Pertanyaan: Saya mendapatkan pesan error ini: No Office KMS licenses were found on the system.
    • Jawab: Bisa jadi karena anda menggunakan Office 365 Home Premium atau Business. Cara ini hanya bisa diterapkan untuk melakukan aktivasi pada Office 365 Professional Pro. Paling tidak itu yang sudah saya coba, sedangkan edisi Office 365 Home Premium dan Business belum pernah saya coba.
  • Pertanyaan: Saya mendapatkan pemberitahuan: hak lebih tinggi untuk menjalankan perintah di Command Prompt.
    • Jawab: Berarti anda tidak membuka Command Prompt menggunakan peran Administrator. Anda harus membuka Command Prompt sebagai Administrator.
  • Pertanyaan: Saya mendapatkan pemberitahuan ini: KMS sever is failed and your version is not supported .now.
    • Jawab: Itu artinya anda harus ganti ke Office 365 edisi Professional Pro.

Semoga semua yang tertulis di FAQ dapat menjawab dan membantu anda keluar dari masalah yang anda tengah hadapi dalam proses melakukan aktivasi Office 365 Professional Pro di Windows 10, 7, 8/8.1. Dan jika anda memiliki pertanyaan lain silahkan tuliskan di area komentar di posting ini dan jangan lupa beritahukan kepada keluarga, saudara, teman dan kerabat mengenai artikel ini siapa tahu mereka membutuhkannya dan sampai jumpa lagi di posting-posting teknologi dari Dubidam.Id berikutnya di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here