Cara Mengatasi Booting Lama Di Windows 10

Sama seperti Windows 8, Windows 10 dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja perangkat keras dan mempercepat komputer Anda, dan sebagian besar pengguna puas dengan kinerja dari Windows 10.

Sayangnya, tidak semua pengguna memiliki pengalaman serupa, dan beberapa dari mereka mengklaim bahwa rutinitas booting memakan waktu lama di Windows 10.

Boot lambat bisa menjadi masalah besar, dan dalam artikel ini kita akan membahas masalah-masalah berikut:

  • SSD boot lambat, hard drive – Menurut pengguna, baik pemilik SSD maupun hard drive mengalami masalah boot lambat. Namun, Anda harus dapat memperbaiki masalah ini dengan menggunakan salah satu solusi kami.
  • Layar hitam boot lambat 10 Windows – Pengguna melaporkan bahwa mereka terjebak di layar hitam selama boot. Ini adalah masalah yang mengganggu dan biasanya disebabkan oleh driver kartu grafis Anda.
  • Windows 10 boot lambat setelah Pembaruan Creator – Banyak pengguna melaporkan masalah ini setelah Pembaruan Kreator. Ini adalah masalah besar, dan kemungkinan besar disebabkan oleh driver atau perangkat lunak yang tidak kompatibel.
  • Boot lambat AMD 10 Nvidia, Windows – Kartu grafis Anda dapat menjadi penyebab boot lambat, dan baik pemilik AMD maupun Nvidia melaporkan masalah ini. Untuk memperbaiki masalah, Anda hanya perlu menginstal ulang atau memperbarui driver Anda.
  • Boot lambat bahkan dalam Safe Mode / Mode Aman – Jika Anda memiliki masalah dengan boot lambat dalam Mode Aman, masalahnya mungkin konfigurasi perangkat keras atau BIOS Anda.
  • Waktu startup lama pada Windows 10 – Ini adalah variasi dari masalah ini, dan jika Anda memiliki masalah dengan waktu startup lambat, Anda mungkin dapat memperbaikinya menggunakan salah satu solusi kami.

Waktu boot yang lama pada sistem operasi Windows biasanya disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga yang Anda instal, dan karena kebanyakan dari mereka meluncur secara otomatis dengan Windows 10 saat terjadi booting, mereka cenderung membuat rutinitas boot Anda lambat.

Solusi 1 – Gunakan Startup Manager Windows 10

  1. Buka Task Manager dengan mengklik kanan Taskbar dan pilih Task Manager dari menu. Selain itu, Anda dapat juga menggunakan Ctrl + Shift + Escape untuk membuka Task Manager secara langsung atau Ctrl + Alt + Delete dan pilih Task Manager dari daftar.
    Task Manager
  2. Klik tombol More details dan kemudian pergi ke tab Startup.Startup

Pada tab Startup Anda akan melihat dampak Startup dari setiap program yang dimulai oleh Windows 10. Setiap aplikasi dapat memiliki dampak Rendah, Sedang, atau Tinggi pada waktu startup Anda, dan untuk menonaktifkan aplikasi apapun dengan cukup klik kanan dan klik Disable.
DIsable
Kuncinya adalah memilih aplikasi yang tepat untuk dinonaktifkan, misalnya Anda ingin tetap menjalankan Antivirus, tetapi Anda mungkin ingin menonaktifkan Skype atau perangkat lunak pembaruan driver agar tidak dimulai dengan Windows 10 Anda.

Tentu saja, Anda dapat secara manual mengaktifkan layanan ini kapan saja jika Anda membutuhkannya.

Solusi 2 – Pertimbangkan untuk mendapatkan SSD, atur pengaturan BIOS

Solid State Drive / ssd sangat bagus untuk meningkatkan kecepatan PC Anda, dan jika Anda mampu membelinya, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk  membelinya sekarang atau nanti.

Jika Anda tidak mampu membelinya, Anda maka anda dapat mengubah beberapa pengaturan BIOS untuk meningkatkan rutinitas boot Anda. Misalnya, Anda dapat menonaktifkan BIOS memeriksa drive DVD Anda atau lokasi jaringan setiap kali Anda boot demi mengurangi waktu boot.

Beberapa pengguna melaporkan bahwa masalah ini terjadi karena Fungsi Penyimpanan USB di BIOS. Fitur ini digunakan untuk mem-boot PC Anda dari flash drive, dan jika Anda tidak ingin melakukannya, Anda bisa menonaktifkannya.

Untuk melihat cara menemukan dan menonaktifkan fitur ini di BIOS, kami sarankan Anda untuk memeriksa manual motherboard Anda.

Solusi 3 – Jalankan Troubleshoot Pembaruan (Update) Windows

Banyak pengguna melaporkan masalah boot lambat di Windows 10, dan menurut pengguna, masalah ini disebabkan oleh file Pembaruan Windows yang rusak. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda hanya perlu mengunduh Troubleshooter Pembaruan Windows.

Ini adalah alat resmi dari Microsoft, jadi pastikan untuk mengunduhnya.

Setelah Anda memulai alat, ia akan secara otomatis memperbaiki masalah dan file yang rusak. Setelah pemecah masalah selesai, anda bisa langsung dapat memeriksa apakah masalah telah teratasi.

Solusi 4 – Perbarui BIOS Anda

Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka memperbaiki masalah boot lambat pada Windows 10 hanya dengan memperbarui BIOS mereka. Pembaruan BIOS adalah prosedur tingkat lanjut dan berpotensi berbahaya, jadi lakukan dengan risiko tanggung sendiri.

Setelah memperbarui BIOS Anda, periksa apakah masalah telah teratasi. Jika Anda sudah memiliki versi terbaru dari BIOS, Anda mungkin ingin flash ulang dan menginstal versi yang sama lagi.


Tinggalkan komentar