Cara Berbagi Internet Dari Android Ke PC Melalui USB

Berbagi koneksi data internet yang tersedia di ponsel cerdas Anda dengan PC Windows melalui kabel USB disebut USB tethering atau penambatan USB dalam bahasa Indonesia. Dengan kata lain, jika Anda bertanya-tanya “apa itu USB tethering?”, jawabannya cukup sederhana: USB tethering adalah cara menggunakan ponsel cerdas Android Anda sebagai modem atau router untuk mendapatkan internet seluler melalui USB di PC mana pun.

Katakanlah Anda memiliki akses ke jaringan Wi-Fi di rumah Anda tetapi PC desktop Anda tidak memiliki kartu nirkabel di dalamnya. Anda mungkin ingin menggunakan fitur USB tethering Android Anda untuk membuat koneksi di antara keduanya.

Atau, bagaimana jika Anda berada dalam situasi di mana Anda tidak memiliki akses internet kecuali paket data seluler yang murah hati di ponsel Android Anda. Anda mungkin ingin memberikan sebagian data itu ke komputer dan perangkat Windows Anda, bukan begitu?

Berikut cara berbagi internet dari ponsel Android ke PC mana pun melalui USB:

CATATAN: Dalam menyusun panduan ini, kami menggunakan ponsel cerdas Huawei P20 yang menjalankan Android 10. Meskipun beberapa screenshot atau tangkapan layar mungkin sedikit berbeda pada ponsel cerdas yang menggunakan tema atau versi Android lain, sebagian besar pengaturan tetap berfungsi sama.

Langkah 1. Aktifkan internet di smartphone Android Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan smartphone Android Anda memiliki konektivitas internet. Cara termudah untuk melakukannya adalah dari panel Pengaturan cepat.

Untuk membukanya, gesek dengan jari Anda dari atas layar – jika Anda tidak melihatnya, gesek dua kali. Kemudian, pada panel tindakan, cari tombol Wi-Fi atau Data seluler dan ketuk koneksi internet yang ingin Anda aktifkan dan gunakan sebagai sumber internet untuk USB tethering atau penambatan USB.

Pengaturan Cepat Dan Mengaktifkan Wifi Mobile Data Di Android
Pengaturan Cepat Dan Mengaktifkan Wifi Mobile Data Di Android

Aplikasi Pengaturan atau Setting juga menawarkan Anda metode alternatif untuk mengaktifkan koneksi internet di Android Anda. Geser jari Anda dari atas layar dan ketuk tombol Pengaturan. Itu yang terlihat seperti roda gigi kecil. Untuk lebih banyak cara membuka Setting atau Pengaturan.

Cara Membuka Pengaturan Settings Di Android
Cara Membuka Pengaturan Settings Di Android

Kemudian, jika Anda ingin menggunakan jaringan nirkabel untuk terhubung ke internet di Android Anda, buka Wi-Fi, hidupkan, pilih dan sambungkan ke jaringan Wi-Fi.

Mengaktifkan Wi-Fi dan menghubungkan ke jaringan nirkabel di Android
Mengaktifkan Wi-Fi dan menghubungkan ke jaringan nirkabel di Android

Jika Anda tidak memiliki akses Wi-Fi atau jika Anda lebih suka menggunakan paket data seluler sebagai sumber internet untuk penambatan USB, pada layar Pengaturan, buka Mobile Network atau Jaringan seluler. cari entri yang disebut Data seluler dan pastikan sakelar dihidupkan.

Mengaktifkan konektivitas internet data seluler pada smartphone Android
Mengaktifkan konektivitas internet data seluler pada smartphone Android

Langkah 2. Hubungkan ponsel Android Anda ke PC Windows menggunakan kabel USB

Gunakan kabel USB untuk menghubungkan ponsel pintar Android Anda ke PC Windows Anda. Jika Anda masih memilikinya, sebaiknya Anda menggunakan kabel USB asli yang Anda terima dengan smartphone Android Anda. Jika Anda menggunakan PC desktop, disarankan juga untuk menggunakan salah satu port USB belakang untuk menyambungkan kabel USB. Karena biasanya lebih cepat dan lebih dapat diandalkan daripada yang ada di depan.

Langkah 3. Aktifkan fitur tethering USB di smartphone Android Anda (bagikan internet dari Android ke PC)

Setelah Anda menghubungkan ponsel Android Anda ke PC Windows, kembali ke ponsel cerdas Anda dan buka Pengaturannya lagi. Lalu, buka Mobile Network atau Jaringan Seluler dan ketuk untuk membuka panel pengaturan Tethering & Portable Hotspot atau Penambatan & hotspot portabel. Di sana, hidupkan sakelar tethering USB.

Mengaktifkan penambatan USB, atau cara berbagi internet dari Android ke PC
Mengaktifkan penambatan USB, atau cara berbagi internet dari Android ke PC

Langkah 4. Tunggu beberapa saat sampai PC Windows Anda menginstal driver yang diperlukan

Pada PC Windows Anda, Anda mungkin melihat sistem operasi menginstal serangkaian driver yang diperlukan agar USB tethering atau penambatan USB berfungsi. Itu karena smartphone Android Anda berfungsi sebagai modem USB dan PC Windows Anda membutuhkan driver yang sesuai untuk itu. Proses ini biasanya dilakukan dalam sekejap, dan ini terjadi hanya saat pertama kali Anda menggunakan ponsel cerdas Android Anda untuk terhubung ke internet di PC melalui kabel USB.

Jika sudah! Sekarang Anda harus memiliki konektivitas internet di PC Windows Anda, melalui kabel USB yang terhubung ke smartphone atau tablet Android Anda. Buka browser web favorit Anda dan mulailah menjelajahi web.

Ditambah dengan satu atau dua peringatan

Meskipun menghubungkan ke internet melalui koneksi USB ponsel pintar Android Anda mudah, perhatikan poin-poin berikut:

  • Jika Anda menggunakan paket data seluler, itu dapat menimbulkan biaya tinggi jika Anda melampaui batas paket Anda, tergantung pada kontrak Anda dengan operator seluler.
  • Saat menggunakan koneksi internet ponsel cerdas Anda melalui USB, ponsel cerdas mungkin mengisi daya lebih lambat dari biasanya. Meskipun itu bisa menjadi hal yang baik karena tidak membiarkan baterai smartphone Anda mati, itu juga bisa menjadi masalah jika perangkat Windows Anda berupa laptop atau tablet yang tidak terhubung ke colokan listrik. Kecuali perangkat Windows Anda tersambung ke soket daya, baterainya akan habis lebih cepat dari biasanya, karena perangkat ini juga mengisi daya perangkat Android Anda.

Apakah Anda berbagi internet seluler melalui USB ke laptop atau PC Anda?

Sekarang Anda tahu betapa mudahnya menggunakan smartphone atau tablet Android Anda untuk mendapatkan akses internet di PC Windows mana pun, baik itu komputer desktop, laptop, 2-in-1, atau tablet. 

Apakah menurut Anda fitur USB tethering berguna? Apakah Anda sering menggunakannya? Beri tahu kami di komentar di bawah artikel ini.

Tinggalkan komentar