Cara Berbagi Lokasi Di WhatsApp

Yusuf  
Sep 30, 2019 · 2 minutes read

WhatsApp telah mendukung sharing lokasi secara instan dan kini fitur ini semakin pintar dan akurat ditambah lagi banyak fitur bermanfaat yang telah ditambahkan oleh WhatsApp menjadikannya lebih cerdas lagi.

Setelah melalui beberapa kali fase versi beta selama beberapa waktu kini sharing lokasi, tepatnya pada sharing live lokasi sudah pada fase versi stabil baik itu untuk sistem operasi Android dan iPhone.

Silahkan terus baca untuk mengetahui bagaimana berbagi lokasi agar tempat anda atau kontak anda berada untuk anda lacak.

Ada sejumlah cara untuk share lokasi kepada kontak anda di WhatsApp.

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan buka jendela chat dengan kontak anda yang ingin anda beritahu dimana lokasi anda.
  2. Selanjutnya klik pada tombol attach / klep, di bagian text.
  3. Kini klik pada ikon “Location” atau “Lokasi“.
  4. Kini anda di beri dua opsi yakni berbagai Live Location atau Current Location.
    • Live Location yaitu lokasi dimana anda berada secara langsung dengan durasi 15 menit, 1 jam dan 8 jam.
    • Sedangkan Current Location yakni tempat dimana anda berada, misalkan di rumah, di kantor dan sifatnya statis jika anda berpindah tempat, tetap saja anda dianggap berada disitu. Opsi ini bagus jikalau anda ingin memberitahu alamat rumah, toko, kantor atau hotel tempat anda menginap.
  5. Jika anda pilih Live Location, dimana anda sadar bahwa hanya akan berada disana sementara, misalkan hanya hitungan menit maka pilih 15 menit (Minutes), atau 1 jam (Hours) atau juga 8 jam (Hours). Maka pilih durasi waktu sesuai kebutuhan anda.
  6. Jika anda memiliki current location, maka pilihlah opsi ini. Maka pilih Select Your Current Location / Lokasi Anda Saat Ini.
  7. Anda juga bisa menambahkan teks pada lokasi anda sebagai keterangan tambahan.

Satu hal yang anda perlu ketahui bahwa WhatsApp akan berhenti membagikan lokasi ini anda jikalau durasi waktu yang anda tetapkan sudah berakhir.

Dan jikalau anda ingin mengakhirinya lebih cepat sebelum masa berakhirnya maka silahkan klik Stop. Maka langkah ini akan menghentikan streaming lokasi anda secara langsung.

Masih bingung? Silahkan saksikan videonya berikut ini.

Tinggalkan komentar