Cara Cek FUP Internet Indihome Telkom

Setiap ISP / Internet Service Provider / Penyedia Layanan Internet memiliki kebijakan FU atau Fair Usage jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti Pemakaian Wajar.

Yang dimaksud dalam Pemakaian Wajar disini adalah pemakaian optimal internet berdasarkan kuota yang disediakan oleh penyedia layanan.

Dan Indihome sebagai salah satu penyedia layanan internet juga memiliki kebijakan pemakaian wajar atau FUP / Fair Usage Policy.

Nah disinilah yang penting, itu artinya setiap paket Indihome yang mereka tawarkan dibarengi dengan besaran bandwidth untuk kecepatan lalu-lintas data.

Indihome yang merupakan anak perusahaan Telkom menerapkan FUP ini sejak 4 tahun lalu, tepatnya 1, Februari, 2016. Di mana mereka melakukan ini guna menjaga kualitas penggunaan data dan menjual kembali (Reselling) akan layanan mereka berikan.

Itu artinya, jika sudah melewati pemakaian wajar dan anda ingin kembali menikmati kecepatan seperti sebelumnya maka anda harus membeli tambahan kuota fair usage.

Maka jika anda seorang pengguna Indihome, tentunya wajar jika ingin mengetahui berapa besaran FUP yang ditetapkan oleh Telkom Indihome untuk paket yang kini anda gunakan.

Apa itu FUP?

FUP sepenuhnya berhubungan dengan kecepatan dan performa koneksi dari internet. ISP Indihome dan lainnya mentautkan besaran FUP di setiap paket mereka tawarkan.

Contoh cepat, apabila anda pengguna paket Indihome 10 Mbps, maka FUP yang diberikan kepada anda adalah 300GB. Nah jikalau FUP anda melampaui 300GB maka akan diturunkan kecepatannya.

Maka FUP ini berkaitan hanya pada kecepatan saja, bukan pemberhentian pemakaian internet. Jika FUP diturunkan, anda tetap dapat internetan namun hanya kecepatannya berbeda dibanding sebelumnya.

>>> Baca juga cara ganti password Wifi Indihome berbagai jenis modem.

Perlukah saya mengetahui kuota FUP?

Apakah perlu saya mengetahui berapa FUP untuk paket Indihome saya kini gunakan? Karena selama ini saya merasa baik-baik saja tanpa tahu itu.

Benar sekali begitupun saya nyaris tidak pernah peduli akan FUP dari paket Indihome saya, itu dikarenakan dirumah pemakaian internet tidak intens. Sehingga hingga akhir bulan pun kecepatan tetap.

Karena FUP adalah soal kecepatan saja, jadi jikalau anda pengguna yang butuh itu, tentulah mengetahui FUP merupakan hal penting.

Maka jikalau di tempat anda intensitas pemakaian internet amatlah tinggi, dan merasa kini kecepatan internet anda turun drastis. Maka anda seharusnya memonitor FUP anda.

Di artikel ini akan saya jelaskan 4 cara untuk mengetahui FUP Indihome, namun sebelumnya adalah tepat jika terlebih dahulu saya informasikan berapa kuota FUP per-paket agar anda ketahui kuota di paket anda. Silahkan ditengok tabel berikut.

PaketFUP
10MbpsMelewati 300GB turun 25% menjadi 7.5 Mbps.
20MbpsMelewati 500GB turun 25% menjadi 15 Mbps.
Melewati 800GB turun 60% menjadi 8 Mbps.
30MbpsMelewati 700GB turun 25% menjadi 22.5 Mbps.
Melewati 1.200GB turun 60% menjadi 12 Mbps.
40MbpsMelewati 700GB turun 25% menjadi 30 Mbps.
Melewati 1.200GB turun 60% menjadi 16 Mbps.
50MbpsMelewati 700GB turun 25% menjadi 37.5 Mbps.
Melewati 1.200GB turun 60% menjadi 20 Mbps.
100MbpsMelewati 2000GB turun 50% menjadi 50 Mbps.
  1. Keterangan 1: Penurunan dalam persentase berkenaan dengan besaran paket misalkan paket anda 10mbps diturunkan 25% setelah melampaui 300GB, menjadi 7.5Mbps.
  2. Keterangan 2: Tabel di atas sifatnya dinamis itu artinya, Telkom bisa merubah FUP sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan internal mereka.

Kita sudah faham sepenuhnya besaran kuota pemakaian wajar dari kebijakan yang ditetapkan pihak Indihome, jika anda pengguna salah satu paket di atas kini anda tahu bahwa jika melewati FUP yang ditetapkan penurunan kecepatan otomatis diterapkan berdasarkan besaran presentasi.

Apabila anda merasa mengalami perbedaan kecepatan yang signifikan atas Indihome anda, kini saatnya mengetahui apakah saya sudah melewati batas FUP atau belum, dan jika sudah maka berapa besaram yang sudah digunakan. Untuk mengetahui hal itu, langsung saja meluncur ke bagian cara mengecek FUP berikut ini.

6 Cara lengkap cek FUP Internet Indihome

Saya rekomendasikan 6 cara untuk dipilih sesuai kebutuhan dan kesukaan, adapun seluruh cara mengecek FUP Indihome secara berurut adalah sebagai berikut:

Cara ke-1: Cek FUP internet Indihome via call center

Cek FUP Indihome Via Call Center
Cek FUP Indihome Via Call Center

Ini adalah cara pertama, bagi saya pribadi bukan cara favorit saya. Siapa sih yang mau telpon-telpon CS? Haha. Namun demi berbagi informasi saya sebutkan juga.

Silahkan telepon 147 baik via telepon rumah (apabila Indihome anda juga disertakan sambungan telepon) atau via HP.

Setelah tersambung maka pastikan anda menuju customer service / orang.

Kekurangan cara ini:

  • Memakan pulsa Rp 1.000/menit.
  • Jika menghubungi via HP maka¬† harus tahu kode wilayah, misalkan anda tinggal di Bandung maka harus tambahkan kode wilayah 022, jadinya 022147.

Cara ke-2: Cek FUP internet Indihome via Plasa Telkom

Lokasi Plasa Telkom
Lokasi Plasa Telkom

Cara kedua ini, lebih lagi usahanya karena anda harus keluar rumah guna menuju Plasa Telkom demi mengetahui berapa FUP yang tersisa.

Apa saja yang perlu di bawa?

  • KTP.
  • ID Pelanggan.
  • Nomor telepon Indihome apabila paket anda menggunakan pula sambungan telepon.

Kelebihan cara ini:

  • Anda bisa bertanya banyak kepada pihak CS. Oleh karenanya pastikan anda tidak hanya ingin bertanya FUP tapi hal lainnya, karena terasa buang-buang waktu saja jika ke Plasa hanya untuk bertanya FUP.

Kekurangan cara ini:

  • Menempuh jarak, apalagi jika tempat tinggal anda berjarak jauh dengan Plasa Telkom.

>>> Anda bisa ikuti cara mengganti password Wifi Huawei dan ZTE.

Tinggalkan komentar