Cara Defrag Hard Drive Windows 11 Untuk Meningkatkan Performa



Bagaimana cara mendefrag hard drive Windows 11 untuk meningkatkan kinerja komputer Anda? Postingan yang ditawarkan oleh MiniTool ini menunjukkan kepada Anda tiga cara sederhana untuk mendefrag PC Anda agar bekerja lebih lancar.

Jika ternyata komputer berjalan lambat, coba salah satu cara sekarang untuk mengoptimalkan harddisk dengan melakukan defragging.

Perlu Defrag Windows 11

Terkadang Anda mendapati PC Anda terasa lambat saat menjalankan Windows 11 dan salah satu alasannya adalah karena file hard drive terfragmentasi.

Seiring waktu, file disimpan, disimpan kembali, atau dihapus, dan paket informasi kecil disimpan di lokasi acak pada hard drive.

Karena semakin banyak data yang ditulis dan dihapus, semakin banyak fragmen yang dibuat. Pada HDD, file-file ini membutuhkan waktu lebih lama untuk ditemukan karena read head (kepala baca) harus pindah ke berbagai lokasi untuk mengakses file-file ini.

Salah satu solusi yang dapat diandalkan adalah defragmentasi. Ini dapat menghilangkan celah antar file untuk menghindari pergerakan untuk menawarkan kecepatan membaca dan menulis yang cepat pada PC Anda.

Tidak hanya HDD tetapi juga SSD (hanya tidak sesering HDD) perlu defragmentasi.

Nah, bagaimana cara melakukan defrag pada PC Windows 11 untuk mendapatkan performa PC yang lebih baik? 3 cara diperkenalkan di bawah ini.

3 Cara Defrag Hard Drive di Windows 11

Defrag Windows 11 dengan Pengoptimalan Drive

Windows 11 hadir dengan alat defrag untuk mendefrag hard drive Anda. Dengannya, Anda dapat menyesuaikan sesuatu untuk menjalankan defragmentasi secara otomatis untuk mengoptimalkan hard drive PC Anda.

Berikut ini adalah cara defrag PC Windows 11.

1. Buka aplikasi Settings / Pengaturan Windows melalui kombinasi pintasan Win + I.

2. Di bawah tab System, klik Storage dari bagian kanan.

3. Gulir ke bawah dan klik Advanced storage settings.


Bagikan
Rekomendasi Untuk Anda

Nagib adalah penulis teknologi lepas di blog Dubidam.id yang aktif membagikan tutorial seputar perangkat pintar berbasis komputer, seperti PC, smartphone dan juga perangkat keras dan lunak untuk membantu pengguna produk teknologi itu memecahkan masalah yang mereka hadapi. Untuk lebih lengkapnya bisa membaca halaman Tentang Blog. Silahkan juga bergabung di kanal Youtube dan halaman Facebook dari Dubidam.ID.

Tinggalkan komentar