Cara Defrag Hard Drive Windows 11 Untuk Meningkatkan Performa

ADVERTISEMENT

Bagaimana cara mendefrag hard drive Windows 11 untuk meningkatkan kinerja komputer Anda? Postingan yang ditawarkan oleh MiniTool ini menunjukkan kepada Anda tiga cara sederhana untuk mendefrag PC Anda agar bekerja lebih lancar.

Jika ternyata komputer berjalan lambat, coba salah satu cara sekarang untuk mengoptimalkan harddisk dengan melakukan defragging.

Perlu Defrag Windows 11

Terkadang Anda mendapati PC Anda terasa lambat saat menjalankan Windows 11 dan salah satu alasannya adalah karena file hard drive terfragmentasi.

Seiring waktu, file disimpan, disimpan kembali, atau dihapus, dan paket informasi kecil disimpan di lokasi acak pada hard drive.

Karena semakin banyak data yang ditulis dan dihapus, semakin banyak fragmen yang dibuat. Pada HDD, file-file ini membutuhkan waktu lebih lama untuk ditemukan karena read head (kepala baca) harus pindah ke berbagai lokasi untuk mengakses file-file ini.

Salah satu solusi yang dapat diandalkan adalah defragmentasi. Ini dapat menghilangkan celah antar file untuk menghindari pergerakan untuk menawarkan kecepatan membaca dan menulis yang cepat pada PC Anda.

ADVERTISEMENT

Tidak hanya HDD tetapi juga SSD (hanya tidak sesering HDD) perlu defragmentasi.

Nah, bagaimana cara melakukan defrag pada PC Windows 11 untuk mendapatkan performa PC yang lebih baik? 3 cara diperkenalkan di bawah ini.

3 Cara Defrag Hard Drive di Windows 11

Defrag Windows 11 dengan Pengoptimalan Drive

Windows 11 hadir dengan alat defrag untuk mendefrag hard drive Anda. Dengannya, Anda dapat menyesuaikan sesuatu untuk menjalankan defragmentasi secara otomatis untuk mengoptimalkan hard drive PC Anda.

Berikut ini adalah cara defrag PC Windows 11.

1. Buka aplikasi Settings / Pengaturan Windows melalui kombinasi pintasan Win + I.

2. Di bawah tab System, klik Storage dari bagian kanan.

3. Gulir ke bawah dan klik Advanced storage settings.

4. Pilih Drive optimization dan jendela Optimize Drives akan terbuka.

Optimasi Drive Windows 11
5. Pilih drive yang ingin Anda defrag dan klik Optimize untuk memulai defragmentasi.

Jika mau, Anda dapat membiarkan Windows secara otomatis mendefrag hard drive pada PC Windows 11 Anda untuk mempertahankan kinerja PC.

Berikut adalah cara melakukan tugas ini:

1. Di antarmuka Optimize Drives, klik Turn on dari Scheduled optimization.

2. Centang kotak Run on a schedule, dan pilih frekuensi jadwal – Daily, Weekly, or Monthly.

3. Pastikan opsi Increase task priority, if three consecutive scheduled runs are missed dicentang.

4. Klik tombol Choose lalu pilih drive yang ingin Anda optimalkan pada jadwal reguler. Pastikan Anda memilih Automatically optimize new drives dan kemudian klik OK.

Secara Otomatis Mendefrag Hard Drive Windows 11
Hard drive akan secara otomatis dan berkala didefrag untuk meningkatkan kinerja PC.

Defrag Windows 11 melalui Command Prompt

Ada cara lain untuk mendefrag hard disk Anda dan itu menggunakan Command Prompt.

1. Luncurkan Command Prompt (CMD) di Windows 11.

2. Di jendela CMD, ketik defrag /? dan tekan Enter  Ini dapat mencantumkan semua opsi yang didukung oleh defrag. Untuk menggunakan defrag, masukkan perintah –  defrag [drive letter] [parameter] [extra parameters]..

Defrag Windows 11 Menggunakan Command Prompt
Misalnya, jika Anda hanya ingin mendefrag drive C, gunakan perintah defrag C:. Untuk menganalisis drive C Anda apakah perlu defrag atau tidak, ketik defrag C: /A.

Untuk mendefrag semua drive Anda sekaligus, ketik defrag /C dan tekan Enter. Cukup gunakan baris perintah yang benar berdasarkan parameter yang diberikan pada jendela CMD.

Defrag Hard Drive Menggunakan file Batch di Windows 11

Selain itu, Anda dapat mendefrag hard disk Windows 11 menggunakan file batch, dan berikut adalah cara melakukan tugas tersebut.

1. Tekan Win + R, ketik notepad, dan klik OK.

2. Buka File Explorer untuk melihat drive mana yang dimiliki PC Anda (PC saya memiliki drive C, D, E). Kemudian, ketikkan kata-kata berikut ke editor teks:

@echo off

defrag.exe c: -f

defrag.exe d: -f

defrag.exe e: -f

Defrag Hard Drive Melalui file Batch
3. Simpan file sebagai file .bat.

4. Jalankan file ini dengan hak istimewa admin untuk mendefrag hard drive.

Itu saja informasi tentang cara defrag harddisk Windows 11. Pilih saja satu untuk defragmentasi untuk meningkatkan kinerja komputer Anda.

Leave a Comment