Cara Download dan Menginstal Kompilator C++ di Windows 11

Jika Anda mempelajari pemrograman di CPP, Anda pasti akan tahu pentingnya memiliki kompiler yang baik untuk sistem operasi Anda.

Memiliki kompiler C++ yang bagus dan lancar yang mendukung layar penuh di Windows dapat membantu Anda membuat kode tanpa kerumitan. Sama seperti bahasa pemrograman lainnya, kompiler C Plus Plus akan mengonversi file program Anda ke dalam bahasa mesin untuk melakukan tugas yang dimaksudkan.

Jika Anda seorang pemula dalam pemrograman, atau hanya bahasa C++ dan tidak terlalu memahami kompiler, maka artikel ini akan membantu Anda dengan hal itu.

Anda harus menginstal dan menyiapkan kompiler bersama dengan editor kode untuk menulis dan menjalankan program dalam C atau C++. Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat cara mengunduh dan menginstal compiler C++ di Windows 11.

Cara Menginstal Kompilator C++ di Windows 11

  1. Pada awalnya, Anda perlu mengunduh kompiler C/C++ untuk mesin Windows 11 Anda. Untuk melakukannya, kita akan mengunduh kompiler MinGW. Klik tautan ini untuk mengunduhnya dari Sourceforge.
  2. Setelah diunduh, klik dua kali pada file untuk memulai proses instalasi.
  3. Ketika manajer instalasi terbuka, klik tombol Install untuk melanjutkan instalasi kompiler.

Instal C++ Compiler Di Windows 11

  1. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih direktori instalasi. Secara default, itu akan menjadi folder C:\MinGW dan Anda dapat mengubahnya jika diinginkan. Klik Continue untuk melanjutkannya.
  2. Tunggu hingga instalasi selesai, dan setelah selesai klik Continue.
  3. Anda sekarang akan disajikan dengan jendela manajer instalasi MinGW dan di panel kanan, Anda dapat melihat daftar paket untuk instalasi. Centang semua kotak yang sesuai dengan paket instalasi dan kemudian klik Mark For Installation.

MinGW Installation Manager C++

  1. Sekarang klik pada opsi instalasi di menu. Klik Apply Changes pada windows yang kemudian muncul. Instalasi akan dimulai sekarang dan setelah selesai, tutup manajer instalasi.

MinGW Installation Manager C++ 2

  1. Selanjutnya, Anda perlu mengatur kompiler. Untuk ini buka File Explorer dengan menggunakan tombol Windows + E shortcut.
  2. Sekarang, navigasikan ke folder bin di direktori instalasi MinGW Anda dan salin jalur dari bilah alamat File Explorer.

MinGW

  1. Setelah itu, klik tombol Search di bilah tugas dan ketik “View advanced system settings” dan klik pada hasil pertama.

View advanced system settings

  1. Di jendela System Properties yang terbuka, buka tab Advanced. Klik tombol Environment Variables di bagian bawah.

Environment Variables

  1. Pada jendela berikutnya, di bawah variabel pengguna, klik Path dan kemudian klik Edit.

Environment Variables Windows 11

  1. Sekarang klik New dan rekatkan jalur yang telah Anda salin dari File Explorer. Klik Ok.

Environment Variables MinGW Komputer

  1. Sekali lagi klik OK di jendela System properties untuk menutupnya.
  2. Klik Apply dan kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan dan menutup.
  3. Terakhir, Anda perlu memeriksa versi G++ yang diinstal. Untuk jendela Command Prompt yang terbuka ini, ketik g++ –-versiondan tekan enter.g++ –-version

Jika itu mengembalikan pesan yang mirip dengan yang ada di tangkapan layar di atas, Anda telah melakukannya. Anda telah berhasil menginstal kompiler MinGW di komputer Windows 11 Anda.

Langkah selanjutnya setelah menyiapkan compiler adalah memilih dan menginstal editor teks. Berikut adalah cara melakukannya.

Baca juga:

Memilih dan Memasang Editor Teks

Windows sudah dilengkapi dengan editor teks default – Notepad yang merupakan utilitas sederhana dan dasar untuk mengedit teks biasa. Anda dapat menggunakan Notepad untuk membuat file program C++ dan menjalankannya menggunakan compiler. Tetapi kami menyarankan Anda untuk menggunakan editor teks yang lebih baik di mana penyorotan sintaks dimungkinkan. Ini akan membantu Anda membuat kode lebih baik dan membuat semuanya jelas. Editor penyorotan sintaks juga akan berguna saat men-debug program yang panjang.

Salah satu editor teks yang paling banyak digunakan dan keren adalah Notepad++. Tetapi Anda juga dapat memilih editor teks lain seperti Sublime Text atau lainnya yang berfungsi selama Anda menyimpan file output program sebagai teks biasa. Berikut adalah contoh tangkapan layar Notepad++.

Notepad++

Jika Anda menggunakan Notepad ++ seperti yang saya lakukan, Anda dapat menuju ke notepad-plus-plus.org dan mengunduhnya untuk digunakan di sistem Anda.

Pilihan lain untuk Anda adalah mengunduh Integrated Development Environment (IDE) untuk pemrograman dalam C++. Muncul dengan semua yang dibundel dan Anda tidak perlu menggunakan editor teks secara terpisah dan menjalankan program melalui command prompt.

Beberapa alat yang paling umum digunakan adalah Turbo C++, Dev C++, dll.

Sekarang Kode Tanpa Kerepotan!

Sekarang setelah Anda menginstal dan menyiapkan kompiler MinGW C++ dengan benar di PC Windows 11 Anda. Jadi apa selanjutnya? Buka kode proyek impian Anda dan tunjukkan keahlian Anda kepada dunia. MinGW adalah port Windows terbaik dari kumpulan kompiler GNU, dengan file header dan pustaka yang dapat didistribusikan secara bebas untuk membangun aplikasi Windows asli. Ini juga mencakup ekstensi ke runtime MVSC untuk mendukung fungsionalitas C99.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, bagikan dengan teman Anda dan biarkan mereka memulai perjalanan coding mereka dengan C++. Juga, jangan lupa untuk menyebutkan di komentar bagaimana cara kerjanya untuk Anda.

Kredit gambar unggulan: www.interestingengineering.com

Terkait

Trending di Windows

Tinggalkan komentar