Cara Download dan Menginstal Kompilator C++ di Windows 11



Jika Anda mempelajari pemrograman di CPP, Anda pasti akan tahu pentingnya memiliki kompiler yang baik untuk sistem operasi Anda.

Memiliki kompiler C++ yang bagus dan lancar yang mendukung layar penuh di Windows dapat membantu Anda membuat kode tanpa kerumitan. Sama seperti bahasa pemrograman lainnya, kompiler C Plus Plus akan mengonversi file program Anda ke dalam bahasa mesin untuk melakukan tugas yang dimaksudkan.

Jika Anda seorang pemula dalam pemrograman, atau hanya bahasa C++ dan tidak terlalu memahami kompiler, maka artikel ini akan membantu Anda dengan hal itu.

Anda harus menginstal dan menyiapkan kompiler bersama dengan editor kode untuk menulis dan menjalankan program dalam C atau C++. Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat cara mengunduh dan menginstal compiler C++ di Windows 11.

Cara Menginstal Kompilator C++ di Windows 11

  1. Pada awalnya, Anda perlu mengunduh kompiler C/C++ untuk mesin Windows 11 Anda. Untuk melakukannya, kita akan mengunduh kompiler MinGW. Klik tautan ini untuk mengunduhnya dari Sourceforge.
  2. Setelah diunduh, klik dua kali pada file untuk memulai proses instalasi.
  3. Ketika manajer instalasi terbuka, klik tombol Install untuk melanjutkan instalasi kompiler.

Instal C++ Compiler Di Windows 11

  1. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih direktori instalasi. Secara default, itu akan menjadi folder C:\MinGW dan Anda dapat mengubahnya jika diinginkan. Klik Continue untuk melanjutkannya.
  2. Tunggu hingga instalasi selesai, dan setelah selesai klik Continue.
  3. Anda sekarang akan disajikan dengan jendela manajer instalasi MinGW dan di panel kanan, Anda dapat melihat daftar paket untuk instalasi. Centang semua kotak yang sesuai dengan paket instalasi dan kemudian klik Mark For Installation.

MinGW Installation Manager C++

  1. Sekarang klik pada opsi instalasi di menu. Klik Apply Changes pada windows yang kemudian muncul. Instalasi akan dimulai sekarang dan setelah selesai, tutup manajer instalasi.

MinGW Installation Manager C++ 2

  1. Selanjutnya, Anda perlu mengatur kompiler. Untuk ini buka File Explorer dengan menggunakan tombol Windows + E shortcut.
  2. Sekarang, navigasikan ke folder bin di direktori instalasi MinGW Anda dan salin jalur dari bilah alamat File Explorer.

MinGW

  1. Setelah itu, klik tombol Search di bilah tugas dan ketik “View advanced system settings” dan klik pada hasil pertama.

View advanced system settings

  1. Di jendela System Properties yang terbuka, buka tab Advanced. Klik tombol Environment Variables di bagian bawah.

Environment Variables

  1. Pada jendela berikutnya, di bawah variabel pengguna, klik Path dan kemudian klik Edit.

Environment Variables Windows 11

  1. Sekarang klik New dan rekatkan jalur yang telah Anda salin dari File Explorer. Klik Ok.

Environment Variables MinGW Komputer

  1. Sekali lagi klik OK di jendela System properties untuk menutupnya.
  2. Klik Apply dan kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan dan menutup.
  3. Terakhir, Anda perlu memeriksa versi G++ yang diinstal. Untuk jendela Command Prompt yang terbuka ini, ketik g++ –-versiondan tekan enter.g++ –-version

Jika itu mengembalikan pesan yang mirip dengan yang ada di tangkapan layar di atas, Anda telah melakukannya. Anda telah berhasil menginstal kompiler MinGW di komputer Windows 11 Anda.


Bagikan
Rekomendasi Untuk Anda

Nagib adalah penulis teknologi lepas di blog Dubidam.id yang aktif membagikan tutorial seputar perangkat pintar berbasis komputer, seperti PC, smartphone dan juga perangkat keras dan lunak untuk membantu pengguna produk teknologi itu memecahkan masalah yang mereka hadapi. Untuk lebih lengkapnya bisa membaca halaman Tentang Blog. Silahkan juga bergabung di kanal Youtube dan halaman Facebook dari Dubidam.ID.

Tinggalkan komentar