Cara Mudah Format SD Card Di Windows & Mac

ADVERTISEMENT

Memformat kartu SD Anda merupakan aktivitas yang terkadang harus kita lakukan, dikarenakan SD Card kita terisi penuh, ada kerusakan sehingga perlu diformat ulang agar dapat dipergunakan kembali.

Dalam posting ini, Anda akan mempelajari cara memformat kartu SD dan menghindari kartu yang rusak dan setengah penuh sebelum Anda gunakan.

Di sini saya akan membagikan cara memfortmat SD Card di Windows 10, Android dan juga di komputer Mac, dan menggunakan CMD.

5 Cara Memformat Kartu SD

Berikut adalah langkah-langkah khusus untuk memformat kartu SD Anda dalam metode yang berbeda.

Dua dari metode berikut mengharuskan Anda untuk terhubung langsung ke komputer Anda.

Bisakah Anda menghapus file saja daripada memformat ulang kartu? Ya. Tapi saya tidak merekomendasikannya. Lihat lebih lanjut tentang debat hapus vs format ulang di akhir posting.

ADVERTISEMENT

Langkah Pertama: Backup File Anda

Anda tidak akan ingin melupakan langkah ini. Jika Anda hanya melompat ke panduan untuk format SD Card dan melupakan langkah ini, Anda akan kehilangan semua foto dan video Anda.

Harap diingat, setelah Anda memformat ulang kartu SD, semua media Anda akan hilang secara permanen.

Maka jangan lupa untuk melakukan backup file Anda di SD Card sebelum melakukan format.

1. Cara Memformat Kartu SD di Windows 10

Berikut cara memformat kartu SD Anda di komputer yang menjalankan Windows 10. Ini adalah proses yang sederhana.

Pertama, inilah yang Anda perlukan:

  • Sediakan sebuah komputer yang menjalankan Windows 10
  • Adaptor kartu Micro SD / card reader (pembaca kartu) micro SD USB (Jika menggunakan kartu micro SD) : Agar komputer dapat membaca kartu memori, Anda memerlukan adaptor (yang memungkinkan Anda memasukkan port kartu SD di komputer) atau card reader / pembaca kartu microSD (yang dapat dimasukkan ke port USB di komputer Anda).
  • Port kartu SD (bawaan) atau pembaca kartu SD: Jika menggunakan kartu SD ukuran standar, Anda memerlukan port di komputer, atau pembaca kartu USB.

Langkah-langkah

  1. Masukkan kartu SD Anda ke komputer, baik menggunakan slot kartu SD atau port USB (dengan card reader). Jika kartu tidak dikenali secara otomatis, tekan Window Key + E. Tindakan ini akan membuka File Explorer.
  2. Arahkan ke “This PC” di bilah sisi kiri. Kartu SD Anda akan terlihat di bawah header ini.
  3. Klik kanan pada kartu SD Anda dan pilih “Format”.
  4. Di sini Anda dapat menambahkan “Volume Label” dan memberi nama pada kartu SD Anda.
  5. Anda akan melihat pesan peringatan (Memformat akan menghapus SEMUA data). Klik OK (jika Anda sudah mencadangkan foto dan video Anda). Setelah selesai memformat, Anda akan melihat jendela “Format Complete”. Klik OK untuk menutup jendela.

Tangkapan layar dari langkah 3: Klik kanan dan klik Format.

Tangkapan layar dari langkah 4: Sesuaikan pengaturan dan tambahkan Volume Label

Format USB Drive Windows

Ini adalah pesan sukses yang akan Anda lihat setelah kartu berhasil diformat.

Format SD Card Complete

Anda sekarang telah berhasil memformat kartu SD Anda menggunakan komputer Windows 10 Anda. Dan Anda siap untuk memulai petualangan berikutnya dengan kartu memori baru.

Anda juga dapat memilih “Restore Device Defaults” (di langkah 4) untuk mengatur ulang pabrik kartu ke pengaturan aslinya.

2. Cara Memformat Kartu SD di Mac

Berikut cara memformat kartu SD di komputer Mac Anda. Ini juga merupakan proses yang sangat sederhana.

Inilah yang Anda perlukan:

  • Sebuah komputer berbasis Mac
  • Pembaca kartu SD / card reader: Jika menggunakan kartu SD ukuran standar, Anda memerlukan pembaca kartu SD USB. Jika menggunakan kartu microSD, Anda memerlukan adaptor kartu microSD atau pembaca kartu microSD USB.

Langkah-langkah

  1. Masukkan kartu SD Anda ke komputer menggunakan pembaca kartu eksternal.
  2. Buka Disk Utility. Arahkan ke kartu SD Anda. Jika ini adalah kartu baru, mungkin akan diberi nama “untitled” atau “no name”.
  3. Klik tab “Erase”. Kemudian pilih “Format”. Pilih MS-DOS (FAT32) jika kartu Anda berukuran 32GB atau lebih kecil. Pilih exFat jika kartu Anda berukuran 64GB atau lebih besar.
  4. Anda akan melihat pesan konfirmasi: “Are you sure you want to erase the partition “[your card name]?” Klik “Erase”.

Anda sekarang telah berhasil memformat kartu SD Anda di Mac Anda. Lihat lebih lanjut tentang pengaturan FAT32 / exFAT di akhir posting.

3. Cara Memformat kartu SD Menggunakan CMD (Windows 10)

Metode ini di luar tingkat keahlian saya. Saya belum pernah melakukan ini, tetapi saya tahu banyak orang menyukai opsi ini.

Berikut adalah tujuh langkah untuk memformat kartu SD menggunakan CMD di Windows 10/8/7.

  1. Ketik cmd  di kotak pencarian di Windows 10, dan Anda akan mendapatkan Command Prompt yang paling cocok. Klik kanan padanya dan pilih “Run as administrator”.
  2. Di prompt perintah, ketik diskpart  dan tekan “Enter”.
  3. Ketik list disk untuk mendaftar semua drive yang tersedia dan tekan “Enter”.
  4. Ketik select disk + disk number  (misalnya, pilih disk 2) untuk memilih kartu SD yang ingin Anda format dan tekan “Enter”.
  5. Ketik list volume dan tekan “Enter”.
  6. Ketik select volume volume number (atau contoh, pilih volume 10) dan tekan “Enter”.
  7. Ketik format fs=ntfs  (atau format fs=exfat) dan tekan “Enter” untuk memformat drive dengan NTFS atau exFAT.

Menghapus vs Memformat: 3 Faktor

Mungkin tergoda untuk menghapus beberapa file dan kemudian mengembalikannya ke perangkat Anda. Tapi sebaiknya fikir dua kali.

Inilah alasannya:

  1. Menghapus file individual lambat dan tidak efisien. Dan itu tidak membebaskan banyak ruang.
  2. Peningkatan kemungkinan data rusak. Peningkatan pergerakan dan operasi file akan meningkatkan kemungkinan data Anda rusak (dan hilang).
  3. Menghapus file tidak membuat ulang struktur file DCIM dengan benar. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya data.

Daripada menghapus file satu per satu, lebih baik mengunggah foto dan video yang ingin Anda simpan. Dan kemudian format seluruh kartu.

Aturan praktis: Jangan pernah menggunakan kartu SD yang belum diformat di kamera Anda.

4 Alasan Memformat Kartu SD Anda

Berikut adalah empat alasan Anda mungkin ingin memformat kartu SD Anda.

  1. Kartu baru: Anda harus selalu memformat kartu Anda saat pertama kali menggunakannya.
  2. Hindari kartu yang rusak – dan rekaman yang hilang. Jika Anda tidak tahu kapan terakhir kali diformat, cukup format lagi. Kartu yang rusak dapat menyebabkan perangkat seperti kamera nge-freeze.
  3. Lebih banyak ruang: Daripada hanya menghapus beberapa foto dan file video sekaligus, cukup unggah data dan format ulang. Tindakan ini selalu lebih baik untuk memulai pemotretan dengan kartu kosong.
  4. Siapkan kartu Anda untuk kamera lain. Bagi fotografer: Struktur dan jenis file bervariasi dari satu kamera ke kamera berikutnya. Hindari gangguan yang tidak perlu saat mengganti kamera dengan memformat ulang.

Sistem File mana yang terbaik untuk kartu memori berkapasitas tinggi?

  • FAT32: Ini adalah sistem file yang direkomendasikan untuk kartu memori SD dan SDHC. Ini terbatas pada ukuran 4GB untuk file individual.
  • exFAT: Sistem file ini menggantikan FAT32 dan merupakan singkatan dari Extended File Allocation Table. Sistem ini memungkinkan untuk file individual yang lebih besar dari 4GB. Dan untuk kartu SD yang lebih besar, ini adalah sistem file default. Ini adalah sistem file yang direkomendasikan untuk kartu memori SDXC.

Giliranmu

Ada pertanyaan tentang salah satu metode ini untuk memformat kartu SD? Atau punya tip untuk membuatnya lebih baik? Atau mungkin metode lain? Bergabunglah dengan menulis komentar di bawah ini!

Leave a Comment