Cara Install Android APK Di Windows 11 OS

Ketika Microsoft meluncurkan Windows 11, satu hal yang mengejutkan pengguna adalah dukungan untuk aplikasi Android. Karena selama ini, satu-satunya cara bagi pengguna untuk menjalankan aplikasi Android di Windows, adalah dengan menggunakan solusi pihak ketiga seperti emulator Bluestacks.

Tentu saja, banyak pengguna yang sangat menantikan fitur menggunakan aplikasi Android di Windows 11 untuk tiba ketika sistem operasi baru ini diluncurkan.

Tetapi itu tidak terjadi. Ada penundaan dalam siklus pengembangan, dan dukungan untuk aplikasi Android ditarik dulu, untuk fokus pada menstabilkan fungsi inti OS.

Beberapa hari yang lalu, Microsoft mengumumkan build Windows 11 baru untuk peserta di Insider Preview Program’s Beta Channel. Meskipun itu adalah kabar baik, ada beberapa peringatan di sini. Sebagai permulaan, fitur ini hanya tersedia di wilayah AS. Persyaratan kedua adalah akun Amazon harus berbasis di AS, karena itulah yang digunakan Windows 11 untuk mengunduh dan menginstal aplikasi Android.

Jika Anda berada di AS, Anda cukup kunjungi Microsoft Store untuk mengunduh aplikasi Amazon AppStore. Bagi mereka yang tidak berada di AS, Anda mungkin akan mendapatkan pesan kesalahan yang mengatakan “This app will not work on your device..”

Satu-satunya solusi adalah dengan melakukan sideload aplikasi di komputer Anda. Sebelum kita melakukannya, kita perlu menginstal Windows Subsystem for Android, atau disingkat WSA.

Ini akan menjadi panduan yang panjang, mulailah langkah demi langkah, dan akan mudah diikuti.

Cara menginstal WSA di Windows 11

1. Buka pengunduh aplikasi Toko Adguard.net.

Cara menginstal WSA di Windows 11

2. Tempel tautan untuk aplikasi WSA di kotak URL.

https://www.microsoft.com/store/productId/9P3395VX91NR

3. Klik menu tarik-turun di sebelah kanan (tertulis RP), dan atur ke Slow Channel.

4. Tekan tombol centang, dan halaman akan memuat daftar opsi.

Cara Instal Android APP Windows 11

5. Scroll sampai bawah, dan kamu akan menemukan WSA MSIX Bundle, ukurannya 1,21GB. Nama akan muncul seperti ini:

MicrosoftCorporationII.WindowsSubsystemForAndroid_1.7.32815.0_neutral_~_8wekyb3d8bbwe.msixbundle

6. Gunakan download manager Anda untuk mengambil URL, atau klik kanan pada URL dan “Save link as” untuk mengambil file atau download file dari server Microsoft.

7. Secara opsional, ganti nama paket menjadi sesuatu yang sederhana. Misalnya WSA.Msixbundle

8. Buka jendela PowerShell sebagai Administrator, dan gunakan perintah berikut.

Add-AppxPackage -Path C:\Enter_the_path\WSA.Msixbundle

Ganti Enter_the_path dengan lokasi file yang sebenarnya. Misalnya Add-AppxPackage -Path C:\Users\Ashwin\Downloads\WSA.Msixbundle

PowerShell sebagai Administrator

9. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Setelah selesai, klik Start Menu dan Anda akan melihat Windows Subsystem for Android terdaftar di sana, klik untuk meluncurkan aplikasi itu.

Windows Subsystem for Android

10. Klik tombol panah di sebelah kanan opsi Files. Ini akan membuka layar berikut.

Windows Subsystem for Android (WSA)

Unable to start Windows Subsystem for Android

Jika Anda mendapatkan pesan error berbunyi: “Unable to start Windows Subsystem for Android”, Anda harus mengaktifkan opsi “Virtual Machine Platform”, dari Settings > Apps > Optional Features > More Fitur Windows. Nyalakan ulang atau restart komputer dan coba jalankan aplikasi lagi.

Windows 11 Android Apps Optional Features

Ini akan menampilkan pop-up dengan pesan yang berbunyi, “Starting Windows Subsystem for Android”. Beberapa detik kemudian, aplikasi akan terbuka seperti ini.

Memulai Windows Subsystem for Android

kredit: u/Coxxs

Tindakan ini juga akan menginstal aplikasi Amazon Appstore di komputer Anda. Jika Anda memiliki akun yang berbasis di AS, Anda dapat masuk ke akun tersebut dan langsung mulai menggunakan aplikasi.

Amazon Appstore

Namun bagi yang ingin mengunduh dan menginstal APK, Anda tidak bisa hanya menginstal APK dengan mengklik dua kali seperti EXE biasa. Jadi, kita perlu juga menginstal ADB untuk melakukan sideload aplikasi.

Download dan Install Android APK Windows 11

Menginstal ADB di Komputer Anda

1. Buka situs web Google Android Developers, dan unduh Android SDK Platform-Tools untuk Windows.

2. Maka akan menghasilkan arsip 12MB. Ekstrak ke folder yang mudah diakses, seperti C:\ADB

Catatan: Saya sudah menginstal ADB di komputer saya, untuk menginstal ROM kustom. Ini adalah alat BAT yang saya gunakan, metode ini akan menginstal ADB tanpa kerumitan.

3. Buka aplikasi WSA, dan aktifkan Developer Mode. Seharusnya terbaca “ADB can be connected on 127.0.0.1:58526”. Itu menunjukkan ADB bekerja dengan benar.

ADB can be connected on 127.0.0.158526

Cara menginstal aplikasi Android di Windows 11

1. Buka jendela command prompt dan ketik:

adb connect 127.0.0.1:58526

Sekarang jendela harus mengatakan bahwa itu sudah terhubung ke IP Lokal.

Catatan: Jika memberikan kesalahan yang menyatakan adb adalah perintah yang tidak dikenal, Anda harus menyertakan jalur adb.exe. Misal C:\ADB\adb.exe connect 127.0.0.1:58526. Inilah mengapa saya lebih suka menginstal ADB, lebih sederhana.

2. Gunakan perintah berikut untuk menginstal APK di Windows 11.

adb install APP_PATH_AND_NAME.APK

Ganti APP_PATH_AND_NAME dengan jalur lokasi dan jalur aplikasi. Misalnya adb menginstal C:\Users\Ashwin\Downloads\F-Droid.apk

APP_PATH_AND_NAME

3. Tekan enter, dan aplikasi akan terinstal. Ini akan muncul di Start Menu, klik di atasnya dan aplikasi Android Anda akan terbuka.

F-Droid

Berikut screenshot dari aplikasi F-droid yang berjalan di komputer saya.

FFUpdater

Pintasan untuk menginstal aplikasi Android di Windows 11

Ini sepenuhnya opsional, tetapi dapat menghemat upaya manual dengan cukup mengetik nama aplikasi, path, dll.

1. Buka Notepad dan paste kode berikut di dalamnya.

echo off
adb connect 127.0.0.1:58526
adb install %1

2. Simpan dokumen sebagai file .BAT.

3. Lalu download APK aplikasi Android di PC Anda, dan seret ke file BAT yang Anda buat. Anda akan melihat command prompt terbuka, instal aplikasi dan tutup.

Apakah saya harus berada di Program Pratinjau Orang Dalam Windows 11 untuk menginstal aplikasi Android?

Tidak, ini juga berfungsi di saluran rilis stabil.

Bisakah saya menginstal Google Play Store di Windows?

Tidak, tetapi Anda dapat menggunakan Aurora Store open-source yang tersedia di F-droid. Ini akan mengunduh aplikasi dari Play Store dan menginstalnya untuk Anda.

Aurora Store

Harap berhati-hati tentang dari mana Anda mendapatkan APK, aplikasi Android dari toko pihak ketiga bisa berbahaya. Kami bahkan telah melihat malware pada aplikasi di Play Store, jadi berhati-hatilah.

Terkait