Cara Melaporkan Pencurian Konten Di Instagram

Cara melaporkan pencurian konten hak cipta di Instagram. Apakah seseorang memposting foto atau video Anda tanpa izin Anda dan tanpa memberikan kredit ke akun Anda? Apakah mereka mengabaikan permintaan Anda untuk memberi kredit kepada Anda? Atau apakah Anda hanya ingin posting anda dihapus? Anda dapat meminta Instagram menghapus konten ini untuk Anda, dengan sangat mudah.

Anda memiliki hak cipta atas foto atau video apa pun yang Anda ambil dan posting di Instagram. Tidak seorang pun diizinkan untuk memposting ulang konten ini tanpa izin Anda.

Menggunakan #hashtag khusus agar foto Anda diunggulkan, sering dianggap setara dengan memberikan persetujuan. Kebanyakan orang tidak keberatan jika konten mereka di-posting ulang tanpa izin, selama kredit yang tepat diberikan.

Jangan lupa untuk membaca cara membuat blog di Instagram (IG).

Tapi jika tidak ada kredit yang diberikan, dan Anda keberatan, maka Anda dapat dengan mudah meminta Instagram untuk menghapus foto atau video yang diambil dengan mengajukan laporan DMCA.

Dan jangan khawatir apabila Instagram meminta informasi pribadi – Anda tidak harus melengkapi semua bidang yang mereka minta. Jumlah minimum informasi yang diperlukan agar laporan valid, adalah nama dan alamat email Anda. Itu sudah cukup kok. Anda tidak perlu memberikan informasi lebih dari ini.

Anda tidak perlu memberi mereka alamat rumah atau nomor telepon Anda. Namun jika Anda memberikan ini, Instagram tidak akan membagikan alamat rumah atau nomor telepon Anda dengan orang yang Anda laporkan.

Perhatikan juga bahwa Anda hanya dapat melaporkan konten yang melanggar hak cipta Anda sendiri.

Cara melaporkan pencurian konten hak cipta di Instagram

Panduan langkah demi langkah untuk melaporkan konten yang dicuri ke Instagram adalah sebagai berikut:

  1. Klik tautan DMCA .
  2. Klik opsi yang mengatakan: Saya menemukan konten yang saya yakini melanggar hak cipta saya Kirim.
  3. Klik pop up berikutnya untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin melanjutkan laporan hak cipta Anda.
  4. Klik untuk menambahkan informasi kontak Anda. Seperti disebutkan di atas, Anda hanya perlu memberikan nama dan alamat email apa pun. Gunakan nama asli Anda – bukan nama akun Instagram Anda. Anda dapat menggunakan alamat email akun kucing Anda.
  5. Konfirmasikan alamat email Anda.
  6. Pilih diluar Amerika Serikat, pada mana landasan pemilik hak?.
  7. Klik pada konten yang ingin Anda laporkan dan tentukan jenis kontennya.
  8. Tambahkan tautan langsung ke konten yang Anda laporkan. Jika akun tersebut telah memblokir Anda, coba dapatkan tautan tersebut melalui akun Instagram lain yang belum mereka blokir atau minta orang lain untuk memberikan tautan tersebut kepada Anda.
  9. Pilih mengapa Anda melaporkan konten ini.
  10. Klik untuk memberikan karya asli Anda dan pilih jenis konten ini.
  11. Tambahkan tautan langsung ke kiriman di akun instagram Anda sendiri.
  12. Opsional: Anda dapat menambahkan lampiran yang membuktikan bahwa Anda memiliki hak cipta atas konten ini.
  13. Konfirmasikan bahwa Anda memiliki hak cipta atas konten ini.
  14. Konfirmasikan bahwa Anda setuju.
  15. Tambahkan tanda tangan elektronik Anda (cukup ketik nama Anda).
  16. Kirimkan. Dan Anda Selesai!
  17. Instagram akan mengirimi Anda email yang mengonfirmasi laporan Anda.
  18. Instagram akan mengirimi Anda email setelah mereka menghapus atau menonaktifkan akses ke konten. Ini biasanya dalam waktu 48 jam.
Cara Melaporkan Pencurian Konten Hak Cipta Di Instagram
Cara Melaporkan Pencurian Konten Hak Cipta Di Instagram

Baca juga: anda juga dapat melaporkan akun Instagram spam, palsu dan penipuan.

Tip Umum

  • Formulir DMCA Instagram ini tidak hanya berlaku untuk pelaporan konten berhak cipta yang dicuri di Instagram. Anda bisa melaporkan berbagai kasus lainnya seperti:
    • Jika akun diretas.
    • Jika dirundung atau dilecehkan.
    • Jika menemukan konten yang tidak pantas atau mengganggu.
    • Nama saya (atau nama organisasi saya) digunakan tanpa izin saya.
    • Seseorang memposting informasi pribadi saya.
    • Saya (atau seseorang yang menjadi tanggung jawab saya secara hukum) muncul di konten yang tidak saya inginkan untuk ditampilkan di Instagram.
    • Saya menemukan konten yang saya yakini melanggar merek dagang saya.
  • Formulir ini sangat membantu jika Anda memberi tanda air atau watermark pada foto Anda. Anda dapat melakukannya dengan cara yang tidak mengganggu secara visual. Manfaatnya adalah orang dapat dengan mudah mengidentifikasi Anda sebagai pemilik foto yang artinya:
    1. Meskipun tidak diberi kredit, keberadaan watermark tetap dapat menjelaskan bahwa Anda pemilik konten.
    2. Orang dapat memberi tahu Anda jika mereka melihat konten Anda dicuri.
      Bagi saya, 100% laporan hak cipta yang saya ajukan didasarkan pada seseorang yang memberi tahu saya tentang pencurian tersebut. Seringkali ini datang dari orang yang tidak saya kenal, dan saya sangat berterima kasih kepada mereka.
    3. Instagram dapat dengan mudah menentukan bahwa itu adalah konten Anda dan jika Anda mengajukan laporan, konten yang dicuri akan dihapus dengan sangat cepat.
  • Jika Anda telah mengajukan banyak laporan hak cipta yang harus ditangani, Anda dapat membuatnya lebih mudah dikelola dengan membuat koleksi yang disebut ‘laporan’ di koleksi Instagram Anda. Cukup simpan semua konten yang dicuri ke koleksi ini saat Anda melihatnya, dan laporkan saat Anda punya waktu.

Tinggalkan komentar