Cara Mencari, Menghapus Dan Melihat Backup Chat WhatsApp Di Google Drive

WhatsApp telah menjadi salah satu alat komunikasi penting saat ini, terutama untuk urusan bisnis dan bergaul.

Untuk melindungi data WhatsApp Anda, penting untuk membuat backup dari pesan chat dan dokumen WhatsApp Anda.

Untuk urusan backup WhatsApp, Google Drive menawarkan solusi yang tepat untuk mencadangkan data WhatsApp. Tetapi masalahnya adalah agak sulit bagi Anda untuk membaca file WhatsApp langsung dari Google Drive.

Jika Anda ingin melihat beberapa lampiran WhatsApp penting yang pernah Anda cadangkan melalui Google Drive, Anda mungkin kesulitan menemukan solusi online yang tepat.

Inilah sebabnya kami menulis artikel ini dan berharap dapat memberikan kepada Anda beberapa solusi yang andal dan efisien tentang cara membaca pesan, foto, video, dan lainnya dari WhatsApp dari Google Drive.

Cara ini terdiri dari tiga bagian dimana bagian 1 merupakan cara melihat dan membaca backup WhatsApp berisi dua tutorial langkah untuk mengembalikan backup chat WhatsApp ke komputer lalu di langkah 2 berisi tentang cara mengirim data tersebut ke komputer menggunakan software gratis dr.Fone.

Selanjutnya di bagian 2 berisi cara melihat backup WhatsApp di Google Drive dan bagian 3 merupakan cara tambahan yakni cara menghapus backup chat WhatsApp.

Bagian 1: Cara Melihat Dan Membaca Backup WhatsApp dari Google Drive

Tidak mungkin membaca file backup WhatsApp dari Google Drive secara langsung karena percakapan di WhatsApp adalah mode terenkripsi end-to-end saat mereka dicadangkan di Google Drive.

Langkah penting yang diperlukan di sini adalah menemukan cadangan dari Google drive dan kemudian membacanya setelah mengembalikannya ke perangkat lain atau komputer.

Berikut adalah dua langkah untuk mengatasi masalah ini:

Langkah 1: Kembalikan WhatsApp dari Google Drive ke Android

  1. Jika Anda sudah memiliki file backup untuk WhatsApp di Google Drive, hapus instalan dan instal ulang WhatsApp di ponsel Android Anda.
  2. Masuk ke WhatsApp Anda menggunakan account yang sama (no HP) dengan yang Anda gunakan untuk membuat cadangan WhatsApp di Google Drive.
  3. Ketika backup dari Google Drive terdeteksi, Anda akan diminta untuk memulihkan file media dan pesan untuk WhatsApp, ketuk ‘Restore’ untuk mengonfirmasi.

    Restore Backup WhatsApp
    Restore Backup WhatsApp
  4. Setelah memulihkan obrolan dan media WhatsApp selesai, klik ‘Next’ dan kemudian ‘Continue’.

Langkah 2: Gunakan dr.fone – Data Recovery (Android) untuk mengekspor file cadangan ke komputer

Sekarang file backup WhatsApp telah dikembalikan ke perangkat Android Anda, Anda tidak perlu khawatir tentang cara membaca pesan cadangan WhatsApp dari Google Drive.

Setelah anda rampung menyelesaikan langkah-langkah di atas, maka kami sarankan dr.fone untuk mengekspor file backup dari ponsel Android Anda ke komputer Anda dan memungkinkan Anda untuk membaca WhatsApp di PC nanti.

Download dr.fone untuk Windows disini.

Langkah 1. Kini ambil kabel USB data dan sambungkan HP Android ke PC dengan kabel USB. Kemudian download dan jalankan dr.fone di komputer Anda dan izinkan Android USB debugging untuk perangkat Android Anda. Setelah itu, ketuk “Recover” di kotak alat seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Tampilan Dr Fone Melihat Backup WhatsApp Google Drive
Tampilan Dr Fone Melihat Backup WhatsApp Google Drive

Langkah 2. Setelah ‘USB debugging’ diizinkan, Anda harus memilih “Recover Phone Data” dan kemudian klik ‘WhatsApp messages & attachments’. Tindakan ini tidak hanya akan membantu Anda mengekspor data WhatsApp yang ada di Android Anda, tetapi juga memulihkan WhatsApp yang dihapus juga. Kemudian  klik “Next” untuk berlanjut ke langkah selanjutnya.

Backup Chat WhatsApp Google Drive DR Fone
Backup Chat WhatsApp Google Drive DR Fone

Langkah 3. Anda harus memilih opsi ‘Scan For All Files’ di bawah ‘Standard Mode’, dan klik ‘Next’.

Melihat Backup WhatsApp Dr Fone
Melihat Backup WhatsApp Dr Fone

Langkah 4. Segera setelah proses scanning selesai, Anda akan melihat lampiran WhatsApp dan WhatsApp di panel kiri. Pilih kedua kotak centang dan ketuk ‘Recover’. Sekarang Anda dapat membaca cadangan WhatsApp dari Google drive, karena data WhatsApp telah diekstraksi ke komputer Anda.

Bagian 2. Cara Menemukan Backup Chat WhatsApp di Google Drive

Jika Anda tidak tahu cara menemukan backup chat WhatsApp di Google drive, kami akan menjelaskan metode langkah demi langkah untuk menemukan cadangan obrolan WhatsApp di Google Drive tanpa kerumitan.

Langkah 1. Pertama-tama, buka Google Drive dengan mengunjungi http://drive.google.com/ dan masuk menggunakan akun Google Anda. Jika Anda mengakses Google Drive dari ponsel Android, ketuk pada mode desktop dengan mengetuk tombol ‘Menu’ dan klik ‘Desktop Verion’.

Langkah 2. Setelah proses login, ketuk ikon roda gigi di sudut atas layar Anda dan ketuk ‘Settings’ dari daftar drop-down.

Backup Chat WhatsApp Google Drive
Backup Chat WhatsApp Google Drive

Langkah 3. Pada layar ‘Settings’, klik ‘Managing Apps’ di panel samping untuk menemukan folder WhatsApp.

Managing Apps Google Drive
Managing Apps Google Drive

Langkah 4. Di sini Anda akan melihat seluruh daftar data yang telah Anda backup Anda dapat menemukan backup chat WhatsApp dengan mudah, dengan mengikuti urutan abjad dari data cadangan di bawah segmen ini.

Backup WhatsApp Google Drive
Backup WhatsApp Google Drive

Bagian 3: Cara Menghapus Backup WhatsApp dari Google Drive

Hanya dengan beberapa klik, Anda akan dapat menghapus Backup WhatsApp dari Google Drive.

Kami akan memandu Anda melalui proses itu dan membantu Anda menghapus file backup WhatsApp dengan sukses.

Langkah 1. Kunjungi www.drive.google.com dan masuk ke akun Google Anda dengan kredensial yang tepat. Pastikan untuk menggunakan akun yang sama dengan akun WhatsApp Anda.

Langkah 2. Pilih ‘Desktop Version’ dengan menggesekkan layar dari kiri ke kanan atau dengan mengetuk tiga garis dari sudut atas.

Versi Desktop Google Drive
Versi Desktop Google Drive

Langkah 3. Setelah Anda beralih ke ‘Versi Desktop’, Anda akan menemukan ikon roda gigi di sudut atas. Klik dan ketuk ‘Settings’. Anda akan melihat ‘Manage Apps’ di panel sebelah kiri.

Settings Pengaturan Google Drive
Settings Pengaturan Google Drive

Langkah 4. Klik tab ‘Manage Apps’ dan gulir ke bawah untuk menemukan WhatsApp di bagian bawah aplikasi daftar panjang (karena aplikasi diurutkan berdasarkan abjad). Sekarang klik tab ‘Option’ di sebelah WhatsApp dan ketuk ‘Delete Hidden App Data’ dari daftar drop-down.

Kelola Aplikasi Googel Drive
Kelola Aplikasi Googel Drive

Langkah 5. Saat diminta, konfirmasikan pilihan Anda dan ketuk ‘Delete’ untuk menyelesaikan penghapusan backup WhatsApp dari Google Drive.

Menghapus Backup WhatsApp Di Google Drive
Menghapus Backup WhatsApp Di Google Drive

Tinggalkan komentar