Cara Mematikan Last Seen WhatsApp iPhone Dan Android

Jika Anda tidak ingin WhatsApp tidak ingin menampilkan Last Seen / Terakhir Terlihat, maka Anda harus melakukan penyesuaian pada pengaturan Terakhir Terlihat di dalam WhatsApp.

Sangat mudah untuk mengaktifkan dan menonaktifkan pengaturan ini. Begini caranya.

Bagaimana Pengaturan WhatsApp ‘Last Seen’ Bekerja?

Secara default, WhatsApp menampilkan waktu terakhir Anda menggunakan aplikasi ini di jendela Obrolan / Chat, misalnya, terakhir terlihat hari ini pukul 12:40  atau Last Seen Today.

Jadi, jika seseorang membuka obrolan dengan Anda, mereka dapat melihat kapan terakhir kali aplikasi dibuka oleh anda (jika saat ini Anda tidak online, artinya status Anda akan mengatakan secara online ).

Maka jika Anda tidak ingin waktu yang terlihat terakhir terlihat oleh kontak Anda, Anda dapat memilih untuk menonaktifkan pengaturan ini, baik sementara atau permanen. Berikut cara mengubah pengaturan ini di iPhone dan Android.

Berikut adalah cara mematikan Last Seen WhatsApp di iPhone dan Android. Silahkan diikuti sesuai handset milik anda.

Perlu di ingat bahwa cara ini tidak bisa menyembunyikan status Anda jika Anda sedang online atau mengetik, bahkan jika Anda mematikan pengaturan yang terakhir terlihat.

Cara Mematikan / Menghidupkan Last Seen di iPhone

Mematikan opsi last seen /  terakhir terlihat mudah dilakukan di iPhone. Berikut cara mematikan last seen WhatsApp di iPhone.

Jika Anda mematikan opsi Last Seen, maka Anda juga tidak akan dapat melihat waktu terakhir orang lain juga.

  1. Buka WhatsApp di iPhone Anda dan ketuk ikon Settings / Pengaturan di bagian bawah layar.
WhatsApp Settings Account Privacy
WhatsApp Settings Account Privacy
  1. Dari Settings /  Pengaturan, ketuk Account / Akun > Privacy / Privasi.
  2. Di pengaturan Privacy / Privasi, ketuk Last Seen, lalu pilih Nobody for Last Seen Anda untuk mematikan Last Seen. Ini berarti tidak ada yang dapat melihat waktu terakhir Anda begitupun juga anda tidak akan dapat melihat last seen kontak WhatsApp.

Jika Anda ingin mengizinkan orang lain melihat saat Anda online terakhir, Anda dapat memilih Everyone atau My Contacts untuk mengaktifkan opsi tersebut.

Mematikan Last Seen WhatsApp Di iPhone
Mematikan Last Seen WhatsApp Di iPhone

Cara Mematikan / Menghidupkan Last Seen WhatsApp di Android

Juga mudah untuk mematikan pengaturan yang terakhir terlihat di Android. Berikut cara mematikan dan mematikan opsi ini dengan cepat.

Jika Anda mematikan tampilan terakhir, Anda tidak akan dapat melihat last seen / waktu terakhir dilihat orang lain juga.

Buka WhatsApp di Android Anda dan ketuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas layar untuk mengakses menu -> settings.

  1. Dari menu, ketuk Settings / Pengaturan, lalu ketuk Account / Akun.
  2. Dari layar Account / Akun.
Cara Mematikan Last Seen WhatsApp Android
Cara Mematikan Last Seen WhatsApp Android
  1. Lalu ketuk Privacy / Privasi.
  2. Lalu ketuk Last Seen / Terakhir Terlihat. Selanjutnya, pilih Nobody untuk Settings Last Seen Anda. Ini berarti tidak ada yang dapat melihat waktu terakhir Anda.

Cara Menonaktifkan Last Seen Terakhir Dilihat WhatsApp Android

Atau, jika di HP Anda kini Last Seen diatur ke Nobody, tetapi Anda ingin orang lain melihat status Anda, maka Anda dapat memilih Everyone atau Kontak Saya untuk mengaktifkan fitur.

Keterangan:

  • Nobody / tidak semua: Artinya semua orang dikontak WhatsApp dan siapapun tidak akan dapat melihat status anda. Begitupun anda tidak akan dapat melihat status siapapun di WhatsApp.
  • My Contacts / kontak saya: Artinya Last Seen anda hanya akan terlihat oleh seluruh kontak di HP anda.
  • Everyone / semua orang: Artinya semua orang baik itu orang di kontak anda dan diluar kontak dapat melihat status Last Seen anda.

Jika anda ingin menhidupkan kembali maka ganti statusnya dari Nobody ke Everone atau hanya ke kontak anda yakni dengan memilih My Contacts. Mudah sekali bukan ya?

Baiklah kawan semua itulah keseluruhan langkah mudah dan cepat mematikan Last Seen WhatsApp di iPhone dan Android. Jika rekan ada pertanyaan maka silahkan tulis di area komentar.


Tinggalkan komentar