Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10



Cara membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10. Saat Anda harus menginstal salinan bersih Windows 10, Anda biasanya menggunakan media USB untuk mem-boot perangkat ke “Windows Settings Wizard” untuk melanjutkan penginstalan.

Namun, jika Anda memiliki komputer yang dilengkapi dengan Unified Extensible Firmware Interface (UEFI), alih-alih Basic Input / Output System (BIOS) yang lama, penting untuk menggunakan media yang sesuai untuk jenis firmware motherboard.

Di Windows 10, Anda dapat menggunakan setidaknya dua metode untuk membuat media yang dapat di-boot untuk menginstal OS dari USB di komputer berbasis UEFI.

Anda dapat menggunakan Microsoft Media Creation Tool untuk mengunduh file ke dalam penyimpanan yang dapat dilepas dengan dukungan untuk kedua jenis firmware (UEFI dan BIOS lama). Anda juga dapat menggunakan alat pihak ketiga, seperti Rufus, yang memudahkan pembuatan USB untuk menginstal Windows dengan dukungan untuk UEFI.

Nah disini kita akan menggunakan Microsoft Media Creation Tool.

Microsoft membuatnya sangat mudah untuk membuat Bootable Windows 10 USB Drive menggunakan Media Creation Tool yang tersedia di situs unduhannya.

Silahkan di baca juga fitur keren Windows 10.

Cara membuat bootable USB flashdisk di Windows 10

Semua yang diperlukan untuk membuat bootbale USB Flashdisk Windows 10 adalah mengunduh Alat Pembuatan Media yang tersedia di situs unduhan Microsoft dan menjalankan alat tersebut di komputer Anda.

Selain itu, Anda memerlukan USB Flash drive yang benar-benar kosong agar tidak bentrok dengan apa pun.

Flash Drive USB harus berkapasitas minimal 4 GB untuk unduhan versi 32-bit dan kapasitas 8 GB untuk unduhan versi 64-bit.

Alat unduh Microsoft akan secara otomatis mendeteksi versi yang benar ( 32-bit atau 64-bit ) yang diperlukan untuk komputer Anda (Anda juga dapat memilih versi yang diperlukan secara manual).

Jika Anda tidak yakin, Anda dapat memeriksa versi bit komputer Anda: Bagaimana cara memeriksa apakah komputer Anda 32 0r 64-bit, maka silahkan cek spesifikasi laptop.

Langkah-langkah untuk Membuat USB flashdisk Windows 10 yang Dapat Di-boot

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk Membuat drive USB yang Dapat Di-boot untuk komputer Anda.

1. Buka Chrome atau browser web lainnya di komputer Anda dan kunjungi situs pengunduhan Windows 10 ISO Microsoft.

2. Setelah Anda berada di situs unduhan, gulir ke bawah dan klik tombol Download tool now di bawah bagian Create Windows 10 installation media.

Buat Windows 10 Installation Media

3. Pada layar berikutnya, klik Save untuk mendownload alat Media Creation di komputer Anda.

Media Creation Tool Windows

4. Klik dua kali pada File MediaCreationTool.exe yang diunduh untuk menjalankan Media Creation Tool di komputer Anda.

Ikon Media Creation Tool

5. Pada layar berikutnya, klik Accept untuk Menyetujui Syarat dan Ketentuan Microsoft.

6. Pilih Create installation media for another PC dan klik Next.

Membuat Media Instalasi file USB Flash Disk, DVD atau ISO ke Komputer Windows lain

7. Pada layar berikutnya, Windows akan secara otomatis memilih Language, Edition dan Architecture yang berlaku untuk komputer Anda. Klik Next untuk pindah ke layar berikutnya.

Pilih Bahasa Windows 10

Catatan: Jika Anda ingin membuat pilihan sendiri, hapus centang Use the recommended options for this PC dan Anda akan dapat memilih versi 32-bit, versi 64-bit atau kedua versi.

8. Pilih opsi USB Flash drive dan klik Next.

Pilih USB Flash Drive

Catatan: Opsi File ISO memungkinkan Anda untuk mengunduh File ISO Windows di komputer Anda, yang dapat Anda bakar ke DVD nanti.

9. Pada layar berikutnya, pilih USB Drive Anda dan klik tombol Next.

Pilih USB FlashDisk Windows

Catatan: Klik tautan Refresh Drive List, jika USB Flash drive tidak muncul di layar ini.

10. Dengan sabar tunggu Windows Media Creation tool untuk menginstal file Windows yang diperlukan ke USB Flash Drive.

Setelah Windows 10 Media Creation Tool selesai melakukan tugasnya, Anda akan memiliki flash drive USB Bootable Windows 10 yang siap untuk Anda gunakan.

Nah sekarang Anda bisa boot Windows 10 via USB flashdisk.

Dan tidak hanya itu Anda juga bisa aktivasi Windows 10 dengan sangat mudah.

Jika Anda memiliki pertanyaan apapun silahkan Anda utarakan di area komentar. Akan saya jawab sebisa mungkin dan sampai jumpa lagi di posting-posting tentang teknologi berikutnya dari Dubidam.ID di masa datang.

Tinggalkan komentar