Cara Membuat Grup Telegram Di Android Dan PC

Cara Membuat Grup Telegram Di Android Dan PC. Obrolan grup adalah fitur perpesanan berguna yang dapat membantu Anda terhubung dengan banyak orang secara bersamaan.

Obrolan grup ini memungkinkan Anda dan teman, keluarga, atau rekan kerja Anda untuk mengirim pesan dan media lain dalam satu utas obrolan. Dan seperti layanan perpesanan paling populer, Telegram juga memiliki fitur ini.

Jika Anda baru mengenal platform ini, kami memiliki panduan cepat yang dapat membantu Anda membuat grup baru.

Jika Anda ingin mengobrol dengan banyak orang di Telegram secara bersamaan, Anda dapat memilih apakah akan membuat saluran atau grup. Untuk percakapan pribadi, yang terakhir adalah pilihan terbaik karena orang hanya dapat bergabung dengan satu group hanya jika mereka diundang secara langsung atau dengan tautan undangan.

Karena itu, banyak orang dan organisasi menggunakan obrolan grup untuk percakapan pribadi dan terkait pekerjaan. Dengan cara ini, individu dapat mengobrol dengan banyak orang secara bersamaan.

Bagi orang-orang yang menggunakan aplikasi perpesanan selama bertahun-tahun, membuat obrolan grup di Telegram cukup sederhana.

Namun, tidak demikian halnya untuk pengguna baru. Jadi, jika Anda baru mengenal platform dan tidak terbiasa dengan fiturnya, ikuti tutorial singkat kami di bawah ini untuk mempelajari cara memulai grup baru di Telegram.

Cara memulai grup baru di Telegram Android

Sebelum kita mulai, perhatikan bahwa setiap grup dapat menampung hingga dua puluh ribu anggota. Itu lebih dari cukup untuk teman, keluarga, atau rekan kerja Anda dengan lebih banyak ruang kosong jika Anda ingin menambahkan lebih banyak orang.

Sekarang tanpa basa-basi lagi, berikut cara membuat grup Telegram di Android:

  1. Luncurkan Telegram dari layar beranda atau laci aplikasi di HP Android Anda.
  2. Ketuk tiga garis horizontal di sisi kiri atas layar Anda untuk mengakses menu.

Membuka Setting Aplikasi Telegram

  1. Ketuk New Group atau Grup Baru di menu.

Buat Group Baru Telegram

  1. Tambahkan orang dari kontak Anda ke grup . Jika Anda kesulitan menemukan orang di kontak Anda, Anda dapat menggunakan fitur pencarian.

Tambahkan Orang Ke Grup Telegram

  1. Setelah Anda selesai memilih anggota, ketuk panah putih di sudut kanan bawah layar Anda untuk melanjutkan.
  2. Masukkan nama untuk grup Anda di bidang kosong. Anda juga dapat menambahkan foto grup opsional dari galeri atau kamera ponsel Anda.

Beri Nama Grup Telegram

  1. Ketuk ikon tanda centang untuk menyelesaikan pembuatan grup.

Centrang Grup Baru TeleGram
Cara membuat grup Telegram di komputer desktop Anda

Tentu Anda sudah harus download Telegram dan menginstallnya di perangkat Anda.

  1. Luncurkan aplikasi Telegram.
  2. Klik ikon tiga garis horizontal di sudut kiri atas layar Anda untuk membuka menu dan klik “New Group” atau “Grup Baru”.

Membuat Grup Baru Telegram Di Komputer

  1. Beri nama obrolan grup Anda dan tambahkan foto grup opsional dari PC Anda. Setelah Anda menyelesaikan semuanya, klik Next.

Memberi Nama Grup Telegram

  1. Tambahkan beberapa anggota dari kontak Anda dan klik ” BUAT ” untuk menyelesaikan pembuatan grup Anda.

Membuat Grup Baru Telegram Di PC
Setelah membuat grup baru, Anda dapat langsung mengirim pesan dan mengobrol dengan semua anggotanya. Ingatlah bahwa saat memulai obrolan grup baru itu cukup mudah, menjaganya tetap aktif dan menyenangkan adalah hal lain.

Bagaimana cara menambahkan anggota baru ke grup?

Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak anggota ke grup, Anda dapat mengundang mereka langsung dari kontak Anda atau dengan membagikan tautan undangan. Anda dapat menemukan opsi undangan ini dengan menavigasi ke Group info > Add Member (Info grup > Tambah Anggota).

Berikut cara mengundang lebih banyak anggota grup di Android:

  1. Di daftar obrolan Anda, buka obrolan grup.
  2. Ketuk nama atau ikon Anda di header untuk membuka group information / informasi grup .
  3. Ketuk “Add Member” atai “Tambahkan Anggota “
  4. Pilih apakah akan invite from your contacts directly or via a sharable link (mengundang dari kontak Anda secara langsung atau melalui tautan yang dapat dibagikan).

Jika Anda memilih opsi tautan, Anda dapat menyalin tautan untuk mengirimkannya ke teman Anda atau membagikannya menggunakan aplikasi yang berbeda di perangkat Anda.

Setelah semua orang yang Anda undang bergabung dengan grup, Anda juga dapat mencabut link untuk menghindari orang yang tidak berhak mengakses grup tanpa izin Anda.

Dapatkah saya membatasi apa yang dapat dilakukan anggota dalam grup?

Jika Anda adalah admin, Anda memiliki opsi untuk mengubah apa yang dapat dilakukan anggota di grup Anda. Anda dapat mengubah pengaturan izin dengan menavigasi ke Group information > Edit >Permissions (Informasi grup > Edit > Izin).

Anda dapat menyesuaikan apakah anggota dapat mengirim pesan, media, stiker, dan opsi lain, seperti menambahkan pengguna baru ke grup Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan anggota mana yang akan dibebaskan dari aturan ini.

Untuk meringkas semuanya

Sekarang Anda tahu cara membuat grup di Telegram, sekarang Anda dapat memulai yang baru untuk teman, keluarga, dan rekan kerja Anda secara terpisah. Dengan cara ini, Anda dapat berbicara dengan semua orang di grup Anda pada saat yang sama, dan dalam percakapan pribadi.

Kami berharap panduan kami membantu Anda mempelajari cara memulai grup baru di Telegram. Untuk lebih banyak tip, trik, dan tutorial dari kami, jangan lupa untuk menandai halaman beranda dan kunjungi situs kami secara teratur untuk pembaruan harian.

Terkait

Tinggalkan komentar