Cara Membuat Kolom Di Dokumen Microsoft Word (2, 3, 4 Kolom)

ADVERTISEMENT

Apakah kini Anda tengah menulis dokumen di Microsoft Word dan ingin membagi semua tulisan atau hanya sebagian teks saja menjadi sejumlah kolom terpisah?

Pertanyaan sekarang adalah, apakah Anda sudah tahu cara menulis teks menjadi dua kolom di Microsoft Word? Atau mungkin Anda ingin membagi dua, tiga atau lebih kolom di dokumen Word yang tengah Anda tulis?

Dan kemudian, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana memilih di bagian mana kolom dimulai dan dibagian artikel mana kolom berakhir sehingga teks tidak mengalir begitu saja dari satu kolom ke kolom lainnya? Jika ini adalah pertanyaan Anda, maka baca tutorial di artikel ini. Karena artikel ini memiliki semua jawaban Anda.

CATATAN: Kami menyusun tutorial ini menggunakan versi Word dari Microsoft Office 2019. Namun, petunjuknya juga berlaku untuk Word dari semua versi Microsoft Office Professional dan Home , seperti Microsoft Office 2016 dan versi lebih lama.

Bagaimana cara menulis dua kolom sekaligus di Word?

Untuk membagi konten teks Anda menjadi dua kolom, Anda harus terlebih dahulu membuka sebuah dokumen Word Anda atau Anda bisa membuat sebuah dokumen baru dan menambahkan beberapa teks ke dalamnya.

Hanya dengan begitu Anda dapat membuat kolom. Bagaimana kamu melakukannya? Ini lebih sederhana dari yang Anda kira: pilih teks yang telah Anda ketik di dokumen Word Anda.

ADVERTISEMENT

Cara Membuat 2 Kolom Dokumen Microsoft Word

TIPS: Jika Anda membuat kolom pada semua artikel yang ada, maka Anda dapat menyorot seluruh artikel dengan menggunakan tombol Ctrl + A pada keyboard Anda, lihat gambar di atas.

Setelah Anda memilih teks yang ingin Anda bagi menjadi kolom, klik atau ketuk opsi tab Layout dari antarmuka tab di Microsoft Word.

Cara Membuat 2 Kolom Dokumen Microsoft Word Layout
Tab Layout dari Microsoft Word

Kemudian klik atau ketuk tombol Columns dari bagian Page Setup / Pengaturan Halaman pada tab Layout. Lihat gambar berikut.

Cara Membuat 2 Kolom Dokumen Microsoft Word Layout Columns
Tombol Columns dari bagian Page Setup pada tab Layout

Ini akan membuka daftar opsi yang dapat Anda pilih menjadi berapa banyak kolom yang ingin Anda pisahkan teksnya. Klik atau ketuk Two.

Cara Membuat 2 Kolom Dokumen Microsoft Word Layout Columns PC

Microsoft Word akan segera membuat dua kolom menurut pilihan Anda dan membuat teks Anda mengalir dari satu kolom ke kolom yang lain, seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah.

Cara Membuat 2 Kolom Dokumen Microsoft Word Hasil
Teks dibagi menjadi dua kolom, di Word

Selanjutnya, Anda dapat menulis teks baru di mana saja di kolom dokumen: teks akan bersambung dari satu kolom ke kolom lainnya.

Namun, Anda mungkin tidak menyukai sambungan kolom ini, karena kolom yang terbuat menurut aturan Microsoft Word. Jika Anda ingin menentukan dengan tepat kapan kolom baru dimulai, periksa bagian terakhir dari tutorial ini, di mana kami akan memaparkan cara menambahkan jeda kolom.

Baca juga:

Bagaimana Anda membuat 3 kolom (atau lebih) di Microsoft Word?

Jika dua kolom tidak cukup, Anda juga dapat membuat tiga atau lebih kolom di dokumen Word Anda. Tulis teks Anda, pilih, dan buka tab Layout. Klik Columns, dan pilih Three atau klik atau ketuk More Columns jika Anda membutuhkan lebih banyak kolom lagi.

Menjadikan 3 Kolom Atau Lebih Microsoft Word
Membuat tiga kolom, atau lebih, dalam dokumen Word

Jika Anda memilih Three, teks yang telah Anda pilih segera dibagi menjadi tiga kolom.

Jika Anda membutuhkan lebih banyak kolom dan Anda memilih untuk mengklik atau mengetuk opsi More Columns, maka Word akan membuka jendela baru dengan pengaturan tambahan, yang disebut Columns. Di dalamnya, cari pengaturan yang disebut “Number of Columns.” Ketik jumlah kolom yang Anda inginkan, dan tekan OK. Lihat gambar berikut ini.

Membuat Banyak Kolom Dokumen Microsoft Word
Memilih Jumlah kolom yang akan dibuat di Word

Word segera membagi teks yang dipilih menjadi kolom sebanyak yang Anda tentukan. Misalnya, inilah yang kami dapatkan ketika kami memilih untuk membagi teks menjadi empat kolom:

4 Kolom Microsoft Word
Teks dari dokumen Word, dibagi menjadi empat kolom

Baca juga:

Bagaimana Anda memilih di mana kolom dimulai?

Jika Anda ingin mengontrol dengan tepat di mana kolom dimulai dan kolom lainnya berakhir, Anda bisa melakukan itu. karena Microsoft Word memiliki sesuatu yang disebut column break atau jeda kolom, yang dapat melakukan hal itu.

Untuk menambahkan pemisah kolom, pertama, klik atau ketuk di awal teks yang ingin Anda mulai di kolom berikutnya.

Memilih di mana kolom baru dimulai di Word
Memilih di mana kolom baru dimulai di Word

Kemudian, klik atau ketuk tab Layout dari antarmuka pita di Microsoft Word.

Layout Dokumen Microsoft Word
Layout Dokumen Microsoft Word

Di bagian Page Setup dari tab Layout, klik atau ketuk Breaks. Tindakan ini akan menampilkan daftar opsi layout untuk Page Breaks (Hentian Halaman) dan Option Breaks (Hentian Bagian). Di dalamnya, klik atau ketuk Column.

Layout Breaks Column Dokumen Microsoft Word
Layout Breaks Column Dokumen Microsoft Word

Seperti yang Anda lihat dalam contoh kami, setelah Anda melakukan hal di atas, Word segera membuat kolom berikutnya dimulai di tempat yang Anda pilih.

Hasil Mulai Kolom Dokumen Microsoft Word
Saat menambahkan jeda kolom, kolom berikutnya dimulai dari tempat yang Anda inginkan

Anda dapat mengulangi proses ini sebanyak yang Anda inginkan, untuk memilih di mana setiap kolom yang ada dimulai.

Video tutorial membuat kolom Microsoft Word

Apakah Anda merasa mudah untuk membuat kolom di dokumen Word Anda?

Sekarang Anda sudah tahu cara mengenai bagaimana membagi dokumen Word Anda menjadi beberapa kolom, seperti dua, tiga atau lebih kolom.

Anda juga tahu bagaimana memulai kolom dengan tepat sesuai dengan tempat yang Anda inginkan.

Apakah Anda merasa mudah untuk melakukan pembagian kolom dokumen di Microsoft Word dengan cara di artikel ini, atau apakah Anda mengalami masalah?

Anda dapat meminta bantuan atau meninggalkan balasan kepada kami, menggunakan bagian komentar di bawah.

Sampai jumpa lagi di posting-posting seputar tips dan trik Microsoft Word dari Dubidam.id di masa datang.

Leave a Comment