Cara Membuat Restore Point Di Windows 10



Cara membuat Restore Point di Windows 10. Pada Windows 10, System Recovery adalah fitur yang dirancang untuk membuat ringkasan komputer Anda dan menyimpan hasil kerjanya sebagai “restore point atau titik pemulihan” ketika perubahan sistem terdeteksi.

Manfaat restore point

Restore Point sangat berguna disaat terjadi masalah kritis, yakni setelah menginstal pembaruan, driver, atau aplikasi, atau setelah memodifikasi pengaturan sistem dengan tidak benar menggunakan Registry atau alat lain, Anda dapat menggunakan restore point untuk mengembalikan pengaturan perangkat Anda ke titik sebelumnya untuk memperbaiki masalah tanpa kehilangan file Anda.

>>> Baca juga Download Windows 10 ISO.

Tapi….

Meskipun System Recovery adalah alat yang berguna, namun ia tidak aktif secara default. Maka untuk beberapa alasan aneh, System Recovery dinonaktifkan secara default, yang berarti bahwa Anda harus mengaktifkannya sebelum Anda atau Windows 10 dapat membuat restore point.

Dalam panduan Windows 10 ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah dibutuhkan untuk mengatur System Recovery serta langkah-langkah untuk memulihkan perangkat Anda dari masalah yang mungkin memengaruhi operasi normal.

Cara mengaktifkan System Recovery di Windows 10

Seperti saya sebut sebelumnya bahwa System Recovery tidak diaktifkan secara default, tetapi Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Di bagian Search maka ketik Create A Restore Point, dan klik Open dari hasil teratas untuk membuka jendela System Properties.
Create A Restore Point
Create A Restore Point
  1. Di bawah bagian “System Protection”, pilih drive “System” utama, dan klik tombol Configuration.
System Protection
System Protection

Kiat cepat: Windows 10 dapat mengelola ruang secara otomatis, tetapi di bawah bagian “Disk Space Usage”, Anda juga dapat menggunakan bilah geser untuk menentukan jumlah penyimpanan maksimum yang anda inginkan untuk System Recovery.


Bagikan
Rekomendasi Untuk Anda

Nagib adalah penulis teknologi lepas di blog Dubidam.id yang aktif membagikan tutorial seputar perangkat pintar berbasis komputer, seperti PC, smartphone dan juga perangkat keras dan lunak untuk membantu pengguna produk teknologi itu memecahkan masalah yang mereka hadapi. Untuk lebih lengkapnya bisa membaca halaman Tentang Blog. Silahkan juga bergabung di kanal Youtube dan halaman Facebook dari Dubidam.ID.

Tinggalkan komentar