Cara Membuat System Image Untuk Full Backup Windows 10

Pernahkah Anda mendengar tentang system image di Windows 10 dan ingin mencoba fitur ini di perangkat Anda? Nah, Anda telah datang ke tempat yang tepat karena tutorial ini akan membantu Anda membuat cadangan lengkap seluruh PC Anda. Kami sering menyebut “System image” sebagai “full backup” karena berisi hampir semua file yang terkait dengan Instalasi Windows 10, pengaturan aplikasi, dan data penting lainnya.

Pastikan untuk membuat cadangan lengkap pada hard drive eksternal karena Anda dapat dengan mudah mencabut perangkat dan meletakkannya di tempat yang aman.

Jika terjadi bencana seperti kegagalan perangkat keras yang kritis atau masalah perangkat lunak, data Anda tetap aman di hard disk Anda.

Tip: Cara membuat image sistem ini pertama kali dikembangkan untuk Windows 7 PC. Meskipun Anda masih dapat menggunakan fitur ini, fitur ini tidak lagi dikelola oleh otoritas terkait, yaitu Microsoft. Namun di Windows 10 Microsoft tetap memberi opsi bagi Anda untuk menggunakannya. Saat ini, alih-alih menghasilkan citra sistem dengan cara ini, orang harus belajar cara membuat titik pemulihan sistem / restore point.

Cara membuat System Image di Windows 10

Untuk membuat cadangan penuh semua file dan folder di PC Windows 10, gunakan langkah-langkah ini –

  • Buka Settings dengan klik kanan pada Start lalu pilih Settings, atau tekan tombol Windows dan i.
  • Pada halaman Settings, pilih Update & Security.
  • Klik opsi backup di panel kiri.
  • Di panel kanan, klik tautan “Go to Backup and Restore (Windows 7)“. Anda dapat menemukan tautan ini di dalam bagian – “Looking for an older backup”.

Backup Windows 10 System Image Windows 7 Laptop

  • Melakukannya akan membuka Control Panel. Di dalam ini, cari dan klik opsi – “Create a system image”. Anda mungkin menemukan opsi ini tersedia di kolom kiri.

Create A System Image

  • Sebuah jendela akan muncul berikutnya menanyakan di mana Anda ingin menyimpan cadangan / where do you want to save the backup.
  • Meskipun Anda dapat memilih untuk membuat system image pada disk fisik yang sama, ada kemungkinan kehilangan data jika drive disk gagal. Jadi, kami sarankan untuk memasang hard drive eksternal dan mencadangkan barang-barang penting Anda di dalamnya. Setelah memilih drive disk tertentu, klik Next.

Backup System Image Windows 10 PC

  • Sistem kemudian akan menanyakan apakah Anda ingin menyertakan drive lain juga. Karena ini adalah hal opsional, Anda dapat melewatinya atau mencentang kotak centang di sebelah kiri drive tertentu.

Membuat Dan Backup System Image Windows 10 Laptop

  • Tekan tombol Next diikuti oleh Start backup.

Memastikan Backup Setting Windows 10 PC

  • Windows mulai membuat dan menyimpan cadangan segera sesudahnya.

Windows Menyimpan System Image

  • Setelah ini selesai, klik tombol Close.

Itu saja, Anda baru saja membuat system image dari seluruh PC Windows 10 Anda. Hal yang sama mencakup semua file dan folder penting yang terkait dengan OS Windows 10 bersama dengan data drive disk yang dipilih.

Windows 10 menggunakan fitur “Shadow Copy” untuk mencadangkan file dan folder, jadi Anda dapat memilih untuk meminimalkan halaman saat ini dan melanjutkan dengan beberapa pekerjaan lain.

Bahkan jika Anda menggunakan beberapa aplikasi saat pencadangan berlangsung di latar belakang, hal yang sama tidak terpengaruh oleh program yang sedang berjalan.

Pada akhirnya, setelah berhasil backup seluruh file dalam system image di eksternal disk, maka Anda bisa melepaskan hard disk eksternal dari PC dan kemudian menyimpannya dengan aman. Saya harap Anda sekarang tahu cara membuat cadangan system image lengkap pada PC Windows 10.

Terkait

Trending di Windows

Tinggalkan komentar