Cara Memindahkan WhatsApp Ke SD Card (Eksternal)

Sejauh ini WhatsApp belum memberi kemampuan memindahkan atau transfer file WhatsApp ke kartu SD / SD Card, namun untungnya folder WhatsApp (seperti Media dan backup) bisa ditransfer ke SD Card eksternal untuk mengosongkan penyimpanan internal ponsel kita.

Anda dapat melakukan ini dengan masuk ke folder WhatsApp Anda, pilih folder yang ingin Anda transfer lalu pindahkan ke SD card ponsel Anda.

Jika Anda seperti saya, Anda pasti menggunakan WhatsApp setiap hari. Anda berbagi meme, gambar lucu, video lucu, dan terkadang catatan suara yang panjang dan semua itu adalah menyenangkan. Semua ini bagus sampai Anda mendapatkan pemberitahuan “penyimpanan penuh”.

Hal itu membuat Anda bertanya-tanya “bagaimana cara mengosongkan ruang?” Solusinya cukup sederhana – pindahkan WhatsApp ke kartu SD.

Berikut cara melakukannya dan membebaskan beberapa ruang yang sangat dibutuhkan di perangkat Android Anda.

Cara Memindahkan WhatsApp Ke SD Card

Menggunakan File Explorer Ponsel Android

Salah satu cara terbaik untuk memindahkan semua media WhatsApp ke SD Card Anda adalah dengan menggunakan file manager ponsel Anda. Ini berarti Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan atau menghubungkan ponsel Anda ke komputer.

  1. Temukan dan buka aplikasi file explorer di ponsel Android Anda. Bergantung pada ponsel Anda, aplikasi akan disebut My Files, File Manager atau juga File Explorer.
    My Files Samung Galaxy
  2. Saat Anda membuka file explorer, akan ada dua opsi penyimpanan, Penyimpanan Internal (terkadang disebut Penyimpanan Perangkat / Device Storage) dan Penyimpanan Eksternal (juga dikenal sebagai SD Card). Kita akan mengakses penyimpanan internal / device storage karena di sanalah data WhatsApp disimpan.
    Device Storage
  3. Setelah Anda mengakses penyimpanan internal perangkat Anda, gulir hingga Anda menemukan folder Whatsapp kemudian Anda tap untuk membukanya.
    WhatsApp Folder Di Android
  4. Setelah Anda membuka folder WhatsApp, gulir hingga Anda melihat folder “Media” dan pilih. Folder Media akan berisi semua file media yang Anda kirim dan terima di WhatsApp, termasuk Pembaruan Status (meskipun file ini akan dihapus setelah 24 jam).
    Folder Media WhatsApp Android
  5. Pilih opsi “More” di pojok kanan atas ponsel Anda. Ini mungkin menampilkan dirinya sebagai tiga titik vertikal, tergantung pada perangkat dan OS Android Anda.
    Opsi More Di Android
  6. Setelah Anda tap opsi “More”, menu pop-up akan muncul. Pilih opsi “Move” pada menu ini.
    Move WhatsApp SD Card
  7. Memilih “Move” akan memunculkan opsi di mana Anda dapat mentransfer folder Media. Pilih SD Card / kartu SD untuk mentransfer folder Media ke kartu SD.
    Memindahkan Media WhatsApp Ke SD Card
  8. Setelah langkah ini, klik “Done / Selesai”. Ini akan mulai mentransfer semua file media Anda dari Penyimpanan Internal ke SD Card / kartu SD Anda .
    Selesai Transfer WhatsApp Ke SD Card

Menggunakan komputer

Cara hebat lainnya untuk mentransfer Whatsapp ke kartu SD adalah dengan menggunakan komputer Anda. Panduan ini akan menjelaskan cara melakukan ini menggunakan PC Windows , tetapi Anda juga dapat menggunakan Mac atau Chromebook untuk melakukan transfer.

  1. Hubungkan ponsel / tablet Anda ke komputer menggunakan kabel USB Anda.
  2. Klik pada PC ini untuk menemukan Telepon Anda. Dalam hal ini, saya menggunakan Galaxy Tab A, jadi saya mengklik perangkat itu.
    Transfer WhatsApp Ke Sd Card Pake PC Windows
  3. Mengklik perangkat Anda akan membukanya dan menampilkan opsi Penyimpanan Internal / Internal  Storage / Device Storage dan SD Card. Klik Penyimpanan Internal untuk membukanya.
    Penyimpanan Internal Smartphone Android
  4. Gulir hingga Anda menemukan folder Whatsapp. Setelah Anda menemukannya, klik untuk membukanya.
    Folder WhatsApp
  5. Setelah Anda menemukan folder media, klik kanan padanya dan pilih “cut” dari menu pop-up.
    Cut Media WhatsApp Android
  6. Kembali ke SD Card / Kartu SD ponsel Anda lalu klik kanan dan pilih paste untuk mentransfer folder media dari penyimpanan internal ponsel Anda ke kartu SD. Anda juga dapat menggunakan pintasan “Ctrl + V” untuk mem-paste juga.
  7. Setelah folder Anda selesai dipaste. Anda telah berhasil mentransfer media Whatsapp Anda ke kartu SD ponsel Anda .

Penting untuk dicatat bahwa metode ini tidak secara permanen mengubah penyimpanan default WhatsApp dari penyimpanan internal ke SD Card / Kartu SD. Namun, transfer tersebut membebaskan ruang penyimpanan internal yang berharga dan memungkinkan Anda untuk menyimpan file WhatsApp di kartu SD Anda tanpa me-rooting ponsel Anda.

FAQ

Bagaimana cara memindahkan media WhatsApp ke kartu SD?

Cara untuk memindahkan media WhatsApp ke kartu SD adalah dengan masuk ke penyimpanan internal ponsel Anda dan memindahkan folder media yang terdapat di folder WhatsApp dari memori internal ponsel Anda ke kartu SD Anda.

Bisakah saya memindahkan WhatsApp ke kartu SD?

Anda dapat memindahkan folder WhatsApp ke kartu SD Anda. Ini termasuk folder dan cadangan media WhatsApp. Memindahkan ini ke kartu SD membebaskan penyimpanan internal ponsel yang penting, namun, kartu SD tidak dapat menjadi penyimpanan default WhatsApp, jadi file baru akan terus disimpan di penyimpanan internal ponsel Anda.

Cara Memindahkan WhatsApp Ke Kartu SD Di Android – Membungkus

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang bagus, tetapi membutuhkan banyak penyimpanan internal. Saya menulis artikel ini tentang cara memindahkan WhatsApp ke kartu SD karena saya tahu betapa frustrasinya melihat pemberitahuan “low storage” yang tiba-tiba bisa muncul kapan saja, tidak peduli berapa banyak aplikasi dan file yang Anda hapus dari ponsel Anda.

Oleh karenanya memang melakukan transfer atau memindahkan WhatsApp ke SD Card merupakan langkah tepat.

Saya harap panduan ini membantu meringankan masalah itu, dan jika WhatsApp bukan penyebab utama masalah penyimpanan Anda, berikut adalah cara lain untuk mengosongkan ruang di ponsel Anda.

Pastikan untuk memberikan komentar dan beri tahu saya pendapat Anda tentang panduan ini dan jangan lupa untuk membagikannya dengan keluarga dan teman Anda!

Tinggalkan komentar