Cara Memperbaikai “There Isn’t Enough Memory to Create a Ramdisk Device (0xc0000017)”

Update atau upgrade Windows atau pembaruan perangkat lunak yang gagal, maka Anda bisa menemukan pesan kesalahan bahwa “There isn’t enough memory available to create a ramdisk device”.

Kesalahan pemulihan ini menunjukkan kepada Anda bahwa PC/Perangkat Anda perlu diperbaiki.

Kode kesalahan masalah RAM ini adalah 0xc00000017, dan sekarang Anda mungkin menemui Blue Screen Of Death (BSOD).

Hal ini karena memori yang tersedia tidak mencukupi untuk membuat perangkat ramdisk untuk menyelesaikan pembaruan atau peningkatan.

Apa itu Kode Kesalahan 0xc00000017?

Ketika kesalahan BSOD ini muncul, itu berarti mungkin ada bagian memori buruk yang dilabeli oleh Data Konfigurasi Boot bawaan Windows.

Sehingga perangkat Anda diblokir dari mengakses RAM (random access memory / memori akses acak) untuk menyimpan sementara data yang diperlukan oleh proses update atau upgrade.

Disk RAM, atau drive RAM, mengacu pada blok memori akses acak untuk menyimpan sistem komputer dan perangkat lunak.

Seperti yang ditunjukkan pesan kesalahan, there isn’t enough memory available to create a ramdisk device (tidak ada cukup memori untuk membuat perangkat ramdisk), sehingga update (pembaruan) atau upgrade (pemutakhiran / peningkatan) sistem Anda terganggu dan Anda bahkan mungkin gagal masuk seperti biasa karena layar biru.

Bagaimana Memperbaiki “There isn’t enough memory available to create a ramdisk device”?

Memori yang tidak mencukupi pada perangkat Anda mungkin terletak pada konflik perangkat eksternal.

Atau penyimpanan RAM Anda tidak cukup, sehingga Anda perlu memperluas ruang memori.

Meskipun di perangkat Anda terdapat memori yang cukup, maka ini mengingatkan Anda bahwa memori yang tersedia tidak mencukupi.

Ini berarti bahwa beberapa program telah salah dikonfigurasi pada sistem Anda dan menempati atau berpura-pura menempati sebagian besar sumber daya memori Anda di Windows 7, 8, dan 10.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengambil beberapa solusi untuk menghilangkan kesalahan 0xc0000017.

Solusi: 1: Putuskan sambungan semua Perangkat Eksternal

Setelah Anda menemukan masalah “insufficient or bad memory” ini, Anda harus memutuskan semua perangkat eksternal seperti keyboard eksternal, mouse, disk USB, dan printer.

Hal ini biasanya diperlukan untuk menghindari ancaman eksternal yang dapat mengakibatkan layar blue screen of death ini. Anda kemudian dapat me-restart PC Anda untuk melihat apakah kesalahan “creating ramdisk device failed” tetap ada atau mungkin sudah diperbaiki.

Solusi 2: Perbaiki Entri Memori Buruk menggunakan Perintah BCD

Pada sistem Windows, BCD adalah kependekan dari Boot Configuration Data dan menunjukkan informasi utama bootloader Windows termasuk RAM.

Terutama, beberapa perintah yang terkait dengan BCD juga dapat memperbaiki entri memori yang buruk. Oleh karena itu, ini adalah pilihan yang baik bagi Anda untuk menjalankan perintah BCD untuk memperbaiki entri RAM yang buruk.

1. Cari command prompt di kotak pencarian dan kemudian klik kanan lalu pilih Run as administrator.

Buka Command Prompt CMD

2. Di Command Prompt, masukkan perintah berikut lalu tekan Enter untuk mengetahui semua entri memori yang buruk.

bcdedit /enum {badmemory}

Memperbaikai There Isnt Enough Memory to Create a Ramdisk Device (0xc0000017) Dengan CMD

3. Jalankan perintah di bawah ini untuk memperbaiki entri memori yang buruk.

bcdedit /deletevalue {badmemory} badmemorylist

4. Nyalakan ulang atau restart komputer Anda.

Anda kemudian dapat mencoba meng-update atau meng-upgrade memutakhirkan sistem Windows untuk memeriksa apakah “There isn’t enough memory available to create a ramdisk device” masih muncul kembali dan menghentikan pembaruan, atau tidak?

Solusi 3: Copot Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Perangkat lunak pihak ketiga juga merupakan penyebab kode kesalahan 0xc0000017 pada Windows 7, 8, dan 10. Anda juga dapat menghapus program yang tidak dikenal jika program tersebut menyebabkan virus atau ancaman pada disk RAM. Itu juga dapat melindungi perangkat Anda dari masalah lain.

Untuk sebagian besar pengguna, Anda mungkin perlu memperbaiki atau menghapus instalan program antivirus pihak ketiga untuk memungkinkan pembaruan sistem atau perangkat lunak berjalan tanpa diblokir oleh aplikasi antivirus.

1. Buka Control Panel.

2. View By Category, lalu cari Programs > Uninstall a program .

3. Di jendela berikut, cari perangkat lunak pihak ketiga yang Anda curigai bermasalah lalu klik kanan padanya kemudian Anda pilih Uninstall.

Dengan cara ini, tanpa program yang bermasalah, Anda dapat mencoba memperbarui sistem tanpa menemui kesalahan “There isn’t enough memory available to create a ramdisk device” pada Windows 7, 8, dan 10.

Solusi 4: Nonaktifkan Kartu Grafis Terintegrasi

Kartu grafis hybrid dapat mengganggu pembaruan atau peningkatan sistem dan menyebabkan kesalahan ramdisk.

Seperti yang dilaporkan beberapa pengguna, setelah menonaktifkan kartu grafis hybrid atau terintegrasi seperti kartu tampilan AMD atau NVIDIA, kode kesalahan 0xc0000017 telah dihapus.

1. Tekan tombol Shut down dan Shift secara bersamaan untuk masuk ke pengaturan BIOS.

2. Tekan tombol F2 untuk masuk ke pengaturan SETUP.

Pada perangkat yang berbeda, kunci untuk masuk ke pengaturan penyiapan berbeda-beda. Tetapi Anda dapat memeriksanya di pengaturan startup.

3. Dalam pengaturan BIOS, buka Advanced > Device Configuration > Graphics Device .

4. Ubah menggunakan Discrete Graphics.

Discrete Graphics

Grafis Hibrida akan dinonaktifkan setelah Anda memilih Discrete Graphics, kartu grafis yang disertakan dengan perangkat Anda.

5. Simpan perubahan dan keluar dari pengaturan BIOS.

Setelah Anda boot lagi, Anda dapat mencoba memeriksa pembaruan Windows. Kali ini, kode kesalahan 0xc00000017 “There isn’t enough memory available to create a ramdisk device” tidak akan muncul dan menghentikan pembaruan atau upgrade.

Solusi 5: Perbarui Driver Motherboard

Driver motherboard dikatakan sebagai penyebab masalah memori buruk ketika driver motherboard tidak kompatibel dengan sistem Windows. Pembaruan baru tidak diinstal karena driver motherboard tidak berfungsi dengan baik pada perangkat Anda untuk mendukung update atau upgrade.

Untuk menghemat waktu dan energi Anda, Driver Booster, alat driver teratas, direkomendasikan kepada Anda untuk memperbarui semua driver perangkat, sehingga memperbaiki kesalahan kesalahan memori 0xc000017.

1. Unduh, instal, dan jalankan Driver Booster.

2. Klik Scan.
Perbarui Driver Motherboard Windows

3. Di hasil, cari tahu driver motherboard dan Update secara otomatis.

Dengan driver motherboard yang diperbarui, Anda dapat melihat bahwa layar blue screen of death pada Windows 7, 8, dan 10 diperbaiki saat berikutnya Anda mencoba memperbarui sistem atau perangkat lunak di dalamnya.

Ringkasan:

Anda dapat belajar untuk menyelesaikan “There isn’t enough memory available to create a ramdisk device” secara efisien dengan berfokus pada menghapus entri memori yang buruk, perangkat lunak pihak ketiga yang bermasalah, dan beralih ke kartu grafis inbuilt alih-alih yang terintegrasi.

Terkait

Trending di Windows

Tinggalkan komentar