Cara Memperbaiki Blue Screen Of Death (BSOD) Windows 10

Ini adalah saat yang menakutkan bagi semua pengguna Windows 10 ketika Anda sedang mengirim email, menjelajahi web, bermain game, atau Anda sedang mengobrol video dengan orang yang dicintai dan tiba-tiba komputer Anda terkunci, membuat suara gagap dan layar Anda menunjukkan ini:

Pesan kesalahan layar Blue Screen Of Death (BSOD)

Bagaimana cara memperbaikinya?! Jangan khawatir, kami di sini untuk membantu Anda.

Anda baru saja menemukan apa yang oleh banyak orang disebut sebagai “Blue Screen of Death” atau “BSOD”.  Ada banyak kesalahan BSOD yang dapat Anda terima saat menggunakan Windows 10.

Jika Anda menerima kesalahan Blue Screen of Death seperti yang digambarkan di atas, kami mungkin dapat membantu Anda memperbaikinya dan membuat komputer Windows 10 Anda aktif dan berjalan kembali dalam waktu singkat!

Pada artikel ini, kami akan menguraikan beberapa metode (tercantum di bawah) yang harus memperbaiki “Your PC ran into a problem and needs to restart” kesalahan BSOD.

Pertama, kami sarankan untuk mencoba mengidentifikasi apa yang menyebabkan kesalahan di tempat pertama (yaitu pembaruan Windows 10 baru, pembaruan driver, atau perangkat keras yang baru diinstal), yang akan memudahkan untuk memilih solusi apa yang terbaik untuk Anda.

Apa itu Blue Screen Of Death?

Blue Screen Of Death (BSoD) menandakan Windows 10 telah mendeteksi kesalahan sistem yang fatal dan harus segera dimatikan untuk menghindari kerusakan sistem operasi.

Proses ini meninggalkan Anda dengan layar biru yang menampilkan emoji sedih dan pesan samar yang berbunyi, “PC Anda mengalami masalah dan perlu dimulai ulang. Kami hanya mengumpulkan beberapa info kesalahan, dan kemudian kami akan memulai ulang untuk Anda.”

Selain pesan ini, Windows 10 menampilkan kode kesalahan umum. Meskipun tidak informatif tentang penyebab dan kemungkinan perbaikan, kode ini membantu Anda mendapatkan pemahaman tingkat permukaan tentang masalah tersebut.

Sampai saat ini, Microsoft telah mengakui dan mendaftarkan ratusan kode galat stop , mulai dari VIDEO_TDR_TIMEOUT_DETECTED yang tidak berbahaya hingga CRITICAL_PROCESS_DIED yang mengerikan.

Pesan kesalahan layar Blue Screen Of Death (BSOD)

Berikut adalah beberapa kode kesalahan berhenti yang sering terjadi:

  • SYSTEM_THREAD_EXCEPTION_NOT_HANDLED
  • IRQL_NOT_LESS_OR_EQUALv
  • HALAMAN_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
  • SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION
  • BAD_SYSTEM_CONFIG_INFO

Selain kode generik, pengguna juga dapat menemukan format heksadesimal dari kesalahan berhenti. Untuk mata yang terlatih, parameter kode dapat mengungkapkan detail tambahan tentang masalah, yang dapat mereka gunakan untuk meneliti perbaikan.

Namun, bagi profesional non-TI dan pengguna dasar, kode heksadesimal mungkin sulit dipahami dan tidak banyak digunakan.

Apa yang menyebabkan Blue Screen Of Death (BSOD)?

Sejumlah masalah terkait perangkat lunak dan perangkat keras dapat memicu kesalahan layar biru, termasuk:

  • Ruang di disk sistem tidak mencukupi
  • Driver perangkat yang salah
  • kesalahan konfigurasi BIOS
  • Kerusakan hard disk
  • Bug tak dikenal dari Windows 10
  • Sistem operasi Windows yang ketinggalan zaman
  • Entri salah dalam registri sistem

Kesalahan Blue Screen Of Death umumnya terjadi selama peningkatan atau setelah menginstal aplikasi atau memperbarui driver. Namun, tidak jarang mengalami kesalahan ini selama penggunaan umum.

Cara Memperbaiki Blue Screen Of Death (BSOD)

Solusi #1: Hapus Semua Perangkat Eksternal

Jika Anda memiliki USB flash drive atau thumb drive, atau hard drive eksternal USB yang terhubung ke PC Anda, ini bisa menjadi penyebabnya. Putuskan sambungan perangkat ini sebelum menyalakan kembali komputer Anda.

Periksa komputer Anda untuk memastikannya sekarang berjalan dengan benar. Jika Anda terus mendapatkan kesalahan Blue Screen of Death, lanjutkan ke solusi berikutnya.

Solusi #2: Hapus Perangkat Keras atau Perangkat Lunak yang Baru Diinstal

Apakah Anda baru saja menginstal perangkat lunak (software) baru di komputer Anda, atau memasang perangkat keras (hardware) baru (seperti kartu grafis baru, hard drive, atau RAM stick baru?

Jika demikian, coba hapus instalan perangkat lunak baru yang dicurigai atau lepaskan perangkat keras baru dengan hati-hati. Jangan mengambil risiko merusak perangkat keras baru.

Solusi # 3 Periksa Pembaruan Microsoft Windows

Langkah kami selanjutnya adalah memastikan bahwa sistem operasi Windows 10 Anda mutakhir atau terbaru.

Jika sistem operasi Anda kedaluwarsa, hal itu dapat menyebabkan beberapa konflik dengan perangkat lunak dan perangkat di, atau yang terhubung ke, PC Anda, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kesalahan layar biru yang disebutkan di atas.

Ikuti langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini untuk memeriksa Update Windows secara manual.

Langkah 1: Buka Start Menu, lalu klik ikon Settings berbentuk roda gigi.

Klik Tombol Start Windows 10 OS

Klik Settings Windows 10

Langkah 2: Setelah jendela Settings Windows muncul, cari opsi  Update & Security dan diklik.

Update & Security Komputer Windows OS

Langkah 3: Setelah Anda membuka jendela Update Windows, Anda akan ingin melihat apakah ada pembaruan yang tersedia. Klik  “Check For Update“.

Jika pembaruan tersedia, Windows akan mulai mengunduhnya. Setelah  update  telah di-download, maka restart  komputer Anda. Jika  tidak ada  pembaruan yang tersedia dan komputer Anda terus mendapatkan kesalahan “Blue Screen of Death“, lanjutkan ke solusi kami berikutnya.

Windows Update

Solusi # 4 Lakukan Pemulihan Sistem

System Restore adalah alat pemulihan gratis yang ada di dalam Microsoft Windows 10 yang dapat digunakan untuk membalikkan jenis perubahan tertentu yang dibuat pada komputer Anda.

Sangat membantu dalam mengatasi masalah seperti program yang baru saja diinstal, pembaruan driver terbaru dan sejenisnya sambil menjaga dokumen dan foto penting Anda tetap aman. Sungguh, anggap saja itu sebagai tombol “Undo” yang besar.

Kami telah membahas cara melakukan Pemulihan Sistem yang sebelumnya dapat Anda temukan menggunakan tautan di bawah ini: Cara Membuat Restore Point Di Windows 10.

Jika Anda masih mendapatkan kesalahan BSOD, kami sarankan untuk mencoba solusi terakhir kami yang akan menyediakan teknisi dukungan khusus setelah pendaftaran.

Perbaiki Blue Screen Of Death tanpa akses desktop

Jika Anda tidak dapat mengakses desktop, Anda dapat menggunakan fitur seperti System Restore dan Safe Mode sebagai solusi.

Berikut cara melakukannya.

Urungkan perubahan menggunakan System Restore

System Restore mengembalikan perangkat lunak sistem ke kondisi sebelumnya. Namun, untuk mengakses System Restore, Anda harus meluncurkan Startup Settings lanjutan.

Akses dan aktifkan System Restore menggunakan langkah-langkah berikut:

  1. Luncurkan pengaturan startup lanjutan dengan menyalakan PC Anda dan menekan dan menahan tombol daya untuk menghentikan urutan boot.
  2. Ulangi Langkah 1 dua kali lagi. Setelah siklus daya mati ketiga, Windows 10 akan secara otomatis terbuka di lingkungan startup lanjutan dan menampilkan opsi pemecahan masalah.
  3. Klik “Advanced options”.
  4. Klik “System Restore.”
  5. Pilih titik pemulihan yang dibuat tepat sebelum layar biru muncul. Windows 10 biasanya membuat titik pemulihan sistem setiap kali menginstal pembaruan, driver, atau aplikasi.
  6. Klik “Close.”
  7. Klik “Next.”
  8. Klik “Next.”

System Restore sekarang akan menghapus semua pembaruan, driver, aplikasi, dan perubahan yang Anda buat setelah titik pemulihan untuk memperbaiki kesalahan layar biru.

Copot driver perangkat atau pembaruan Windows 10 dalam Safe Mode

Membuka Windows dalam Safe Mode adalah cara lain untuk mengatasi layar biru kematian. Seperti System Restore, Anda dapat mengakses Safe Mode melalui Startup Settings lanjutan.

Boot Windows 10 dalam Safe Mode dan perbaiki layar biru kematian menggunakan langkah-langkah berikut:

  1. Luncurkan pengaturan startup lanjutan dengan menyalakan PC Anda dan menekan dan menahan tombol daya untuk menghentikan urutan boot.
  2. Ulangi Langkah 1 dua kali lagi. Setelah siklus daya mati ketiga, Windows 10 akan secara otomatis terbuka di lingkungan startup lanjutan dan menampilkan opsi pemecahan masalah.
  3. Pilih opsi “Startup Settings” dan klik “Restart.”
  4. Tekan “F4” atau “4” setelah reboot mulai memilih opsi ““Enable Safe Mode”.
  5. Copot pembaruan Windows 10 atau driver perangkat saat dalam mode Aman.

Memperbaiki Blue Screen Of Death itu menantang tetapi bukan tidak mungkin

Sementara stop error terkadang bisa sangat banyak, Microsoft menyediakan perbaikan untuk hampir semua jenis kesalahan yang menyebabkan layar biru kematian.

Memindai malware dan mencadangkan data Anda adalah langkah penting lainnya yang dapat Anda ambil untuk meminimalkan dampak waktu henti yang tiba-tiba dan tidak direncanakan yang mungkin disebabkan oleh kesalahan layar biru.

Terkait

Tinggalkan komentar