Cara Memperbaiki “Disc Image File Is Corrupted” Di Windows 10

Kesalahan ‘Disc image file is corrupted’’ biasanya disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga yang Anda gunakan untuk me-mount file ISO, atau karena keberadaan file sistem yang rusak.

Sejumlah pengguna Windows 10 telah melaporkan bahwa ketika mereka mencoba untuk me-mount file image ISO menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti PowerISO atau Windows Explorer, hasilnya mereka mendapati kesalahan disc image file is corrupted.

File ISO sering digunakan untuk menyimpan image instalasi OS Windows atau aplikasi lain. Kesalahan ini tidak boleh diabaikan karena terkadang, merujuk pada sistem yang tidak berfungsi atau bermasalah.

Kesalahan ini sebagian besar diselesaikan dengan menerapkan beberapa solusi sederhana dan tidak terlalu memakan banyak waktu dan upaya.

Namun, apabila masalah disc image file is corrupted tetap ada bahkan setelah anda menerapkan solusi yang diberikan di artikel ini, Maka Anda memang harus mengunduh ulang file ISO image ke Windows anda.

Anda dapat menyelesaikan masalah Anda dengan mengikuti solusi yang disebutkan di bawah ini.

Apa yang menyebabkan Galat ‘The Disc Image File is Corrupted’ pada Windows 10?

Seperti yang kami sebutkan, penyebab kesalahan seringkali adalah faktor-faktor berikut:

  • Aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pihak ketiga yang Anda gunakan untuk me-mount file ISO image kadang-kadang bisa menjadi penyebab masalah.
  • File sistem rusak. Faktor lain yang dapat menyebabkan masalah ini adalah file sistem rusak. Dalam kasus seperti itu, Anda harus menggunakan utilitas bawaan Windows untuk mencoba memperbaiki masalah.

Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda dapat mengisolasi kesalahan dengan menerapkan solusi berikut.

Cara mengatasi “Disc Image File Is Corrupted” di Windows 10

Harap ikuti solusi yang diberikan dalam urutan yang sama seperti yang disebutkan untuk memastikan perbaikan dengan segera.

Solusi #1: Perbaiki Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti PowerISO dll untuk me-mount file gambar ISO, perangkat lunak itu sendiri dapat menjadi penyebab masalah.

Ini terjadi ketika aplikasi pihak ketiga tidak menginstal dengan lancar dan terganggu selama proses instalasi. Dalam kasus seperti itu, Anda harus memperbaiki siaplikasi untuk melihat apakah dapat memperbaiki masalah.

Inilah cara memperbaikinya:

  1. Buka menu Start kemudian buka Control Panel.
  2. Buka Programs And Features.
Programs And Features Windows 10
Programs And Features Windows 10
  1. Setelah itu, cari aplikasi pihak ketiga yang Anda gunakan dan sorot .
  2. Terakhir, klik opsi Repair di bagian atas daftar.
Repair Program
Repair Program
  1. Tunggu sampai proses perbaikan / repair selesai.

Solusi #2: Hapus Instalasi Aplikasi Pihak Ketiga

Cara lain untuk memperbaiki masalah Anda adalah menghapus instalasi aplikasi pihak ketiga yang Anda gunakan dan menggunakan Windows Explorer untuk menginstal file image ISO.

Berikut adalah cara menghapus program:

  1. Buka Control Panel dan buka Programs and Features.
  2. Temukan aplikasi pihak ketiga yang menjadi penyebab masalah dan klik dua kali untuk menghapus instalasi atau klik Uninstal yang muncul di atas.
Uninstal Aplikasi Windows 10
Uninstal Aplikasi Windows 10
  1. Ikuti petunjuknya untuk menghapus instalasi program.

Setelah Anda menghapus aplikasi pihak ketiga, Anda dapat menginstal file image ISO menggunakan Windows Explorer.

Hal ini cukup mudah dilakukan, cukup arahkan ke direktori tempat file image ISO disimpan, klik kanan padanya, pindahkan kursor Anda ke opsi ‘Open With’ dan, akhirnya, pilih Windows Explorer.

Solusi #3: Gunakan Perangkat Lunak yang Berbeda

Terkadang, memperbaiki aplikasi pihak ketiga mungkin tidak berhasil untuk Anda. Mungkin juga Anda tidak akan dapat mendapati opsi Repair begitu Anda menyorot aplikasi pihak ketiga di Control Panel.

Hal ini dikarenakan aplikasi berhasil diinstal dan tidak perlu diperbaiki. Dalam kasus seperti itu, Anda harus menggunakan perangkat lunak mount ISO yang berbeda.

Ada banyak perangkat lunak di luar sana untuk tujuan mount file ISO. Anda dapat dengan mudah menemukannya melalui pencarian sederhana di Google.

Solusi 4: Perbaiki File Sistem Yang Rusak

Jika file sistem Anda rusak atau tidak berfungsi, hal itu dapat menyebabkan kesalahan untuk muncul. Dalam kasus seperti itu, Anda harus menggunakan utilitas bawaan Windows untuk memperbaiki file sistem yang rusak.

System File Checker (SFC) and Deployment Image Servicing and Management (DISM) adalah utilitas bawaan Windows yang memindai sistem Anda untuk mencari file yang rusak dan kemudian memperbaikinya menggunakan salinan cadangan (Backup).

Solusi #5: Unduh File ISO Lagi

Jika solusi di atas gagal untuk Anda, ini berarti file gambar ISO yang telah Anda unduh belum diunduh dengan benar atau rusak.

Karena itu, dalam skenario seperti itu, Anda harus mengunduh file ISO lagi dan melihat apakah itu memperbaiki masalah Anda.

Solusi #6: Unmount drive virtual yang ada

Menurut beberapa kesaksian pengguna, Windows 10 File Explorer menampilkan kesalahan ketika ada beberapa file ISO atau IMG yang dipasang di File Explorer.

Jadi, disarankan untuk meng-unmount file ISO atau IMG tersebut sebelum mencoba me-mount file baru.

TIP: Jika tidak ada Solusi di artikel ini yang dapat menyelesaikan masalah untuk Anda, kami sarankan menggunakan Reimage Repair Tool yang dapat memindai repositori untuk mengganti file yang rusak dan hilang.

Tool ini mampu menjadi solusi dalam banyak kasus, di mana masalah tersebut berasal karena sistem yang rusak.

Reimage juga akan mengoptimalkan sistem Anda untuk kinerja maksimum. Anda dapat mengunduh Reimage dengan Mengklik di sini.

Semoga anda berhasil mengatasi masalah Disc Image File Is Corrupted pada komputer Windows 10 milik anda dan jikalau rekan memiliki tips dan trik yang tidak saya cantumkan di artikel ini maka silahkan beritahu saya dengan menulisnya di area komentar.

Silahkan beritahukan kepada keluarga, saudara, kerabat dan teman siapa tahu mereka membutuhkan informasi ini. Sampai jumpa lagi di posting-posting seputar teknologi dari Dubidam.Id berikutnya di masa datang.

Tinggalkan komentar