Cara Memperbaiki Masalah IDT High Definition Audio Codec Driver

Apakah anda mengalami masalah pada IDT High Definition Audio Codec driver? Jika iya maka posting ini akan mengulas langkah untuk memperbaiki masalah driver IDT High Definition Audio Codec itu.

Biasanya penyebab utama driver IDT High Definition Audio Coder tidak dapat atau gagal terinstal melalui update Windows dan pula Device Manager karena upgrade Windows 10.

Biasanya pesan atau pemberitahuan yang Windows berikut mengenai masalah ini adalah sebagai berikut:

“Windows found driver software for your device but encountered an error while attempting to install it.

IDT High definition Audio CODEC
A device attached to the system is not functioning.”

Efek dari masalah ini maka komputer tidak akan memiliki sound / suara, tentu sangat menjengkelkan karena kita tidak bisa dengar musik, video yang kita tonton tidak bersuara, game tidak bersuara dan file audio lainnya tidak bersuara semua di komputer.

Nah apabila rekan menghadapi masalah ini maka saya tawarkan dua solusi untuk diikuti, coba satu-satu yang paling dapat memperbaiki masalah driver IDT High Definition Audio Codec di komputer anda.

Solusi 1: Reinstall Driver

Ikuti langkah berikut ini:

  1. Pada keyboard, tekan tombol logo Windows+R secara bersamaan untuk membuka box Run. Setelah terbuka ketik devmgmt.msc di box dan klik OK untuk membuka Device Manager.

devmgmt.msc

 

  1. Di Device Manager, perlebar pada opsi “Sound, video and game controllers”. Lalu klik-kanan pada IDT High Definition Audio CODEC dan klik Update Driver Software… pada menu yang tersedia.

Update Driver Software IDT High Definition Audio Codec

 

  1. Klik pada Browse my computer for driver software.

Browser My Computer For Driver Software

 

  1. Kini klik pada Let me pick from a list of device drivers on my computer.

Let Me Pick From

 

  1. Pilih High Definition Audio Device (Jangan pilih IDT High Definition Audio CODEC) selanjutnya pilih tombol Next. Sebuah box akan muncul berisi peringatan, pilih saja tombol Yes. Selanjutnya Windows akan menginstal driver.

High Definition Audio Device

 

Solusi di atas seharusnya akan berhasil memperbaiki masalahnya, namun jika belum, maka lanjut ke solusi 2.

Solusi 2: Update Drivers Dengan Driver Easy

Sebenarnya solusi 1 seharusnya mampu memperbaiki masalah IDT High Definition Audio CODEC driver namun apabila anda tidak merasa yakin dengan menginstal driver secara manual, maka bisa melakukannya secara otomatis dengan Driver Easy.

Driver Easy akan langsung mengenali sistem anda secara otomatis guna mencocokan dengan driver yang tepat.

Dengan Driver Easy urusan teknis seperti memahami sistem komputer, dan download pula instal tidak perlu anda lakukan sendiri, karena semuanya dikerjakan oleh software pintar ini. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan resiko salah download dan instal driver.

Rekan dapat update driver secara otomatis dengan versi gratis dan Pro dari Driver Easy. Namun tentu saja versi pro lebih kaya fitur, prosesnya lebih cepat, prosesnya sederhana dan ada dukungan dan jaminan 30 hari uang kembali.

1) Download lalu install Driver Easy di komputer.

Driver Easy Scan Now

2) Lalu jalankan software Driver Easy selanjutnya klik tombol Scan Now. Kemudian Driver Easy akan menyisir (scan) komputer anda dan mendeteksi semua kemungkinan masalah.

Update IDT High Definition Audio Codec Driver Easy

3) Klik pada tombol Update di sebelah IDT high definition audio driver  untuk men-download dan menginstal versi tepat dari driver secara otomatis (Fitur ini bisa dilakukan dengan versi gratis).

Fitur Update All thanya tersedia untuk versi PRO, jadi jika anda ingin mengupdate semua driver dari perangkat di komputer maka anda bisa menggunakan versi Pro dari software Driver Easy ini.

Semoga, artikel ini bermanfaat dan masalah IDT High Definition Audio Codec driver bisa diperbaiki, jika ada pertanyaan silahkan utarakan di area komentar posting ini.

Sampai jumpa lagi di posting-posting seputar teknologi berikutnya dari Dubidam.ID di masa datang.

Tinggalkan komentar