Cara Memperbaiki Masalah Kontrol Brightness Windows 10 Tidak Berfungsi?

Dari semua masalah Windows 10, satu masalah umum yang dihadapi banyak pengguna adalah kontrol Brightness Windows 10 tidak berfungsi pada mesin mereka. Karena bug ini, pengguna tidak dapat menambah atau mengurangi tingkat Brightness pada PC Windows 10 mereka.

Masalah pada kontrol Brightness juga sama menganggunya seperti kesalahaan pengguna disk 100% yang melahap hard drive pengguna atau proses ntoskml.exe yang menjadikan laptop atau komputer Anda tergopoho-gopoh.

Tidak hanya itu pihak Microsoft kerap menui kritik karena menerapkan elemen praktek telemteri murah ke dalam sistem operasi milik mereka.

Anda mungkin berpikir bahwa ini bukan masalah besar, tetapi bayangkan baterai komputer Anda hampir mati atau Anda sedang berjuang untuk menonton episode Game of Thrones yang membuat Anda bertanya-tanya apakah produser lupa mengubah pengaturan kamera mereka karena terlalu gelap, dan Anda tidak dapat mengubah Brightness Windows 10. Tidak ada keraguan bahwa Anda akan merasa seperti meninju layar Anda.

Tidak ada yang bisa mengganggu seperti kontrol Brightness tidak berfungsi di Windows 10. Tetapi ada solusi yang tersedia untuk membantu Anda memperbaiki kontrol Brightness yang tidak berfungsi. Harap dicatat bahwa ini adalah perbaikan umum yang mungkin tidak berfungsi jika masalahnya khusus untuk perangkat Anda.

Bagaimana Cara Memperbaiki Masalah Brightness Windows 10 Tidak Berfungsi?

Driver tampilan GPU buggy yang hidup di mesin Anda bisa menjadi alasan mengapa Anda tidak dapat mengatur Kecerahan atau Brightness pada komputer Windows 10.

Sebagian besar waktu, masalah Brightness Windows 10 dapat diselesaikan hanya dengan memperbarui driver GPU. Jadi, ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini:

  1. Kini klik pada Start Menu > Selanjutnya ketik Device Manager, kemudian Anda buka Device Manager.

    Buka Device Manager Windows
    Buka Device Manager Windows
  2. Di dalamnya Device Manager, kemudian cari dan temukan Display Adapters dari daftar, setelah ketemu Anda klik untuk membuka menu berisi daftar driver, dan klik pada pada GPU yang berfungsi memberi daya pada tampilan Windows (internal atau diskrit). Note: Untuk pengecekan maka buka Run -> Ketik dxdiag selanjutnya tekan Enter > Kemudian buka tab display.
  3. Kini pilih Update Driver Software dari menu yang tersedia, guna memperbaiki kontrol Brightness Windows 10 yang tidak berfungsi.
Update Driver Software Brightness Windows 10 Kecerahan Layar
Update Driver Software Brightness Windows 10 Kecerahan Layar
  1. Kini klik pada Search automatically for updated driver software.
    Nah pencarian dimulai menggunakan koneksi internet Anda guna mendownload driver yang dibutuhkan untuk membuat driver berfungsi.
Search automatically for updated driver software
Search automatically for updated driver software
  1. Dan jika ditemukan maka driver akan diinstal secara otomatis, selanjutnya akan muncul pesan bertuliskan Windows has successfully updated your driver software message disertai dengan rincian perangkat keras.
Search Online For Software
Search Online For Software
  1. Namun apabila setelah update, masalah kontrol Brightness Windows 10 tetap Ada, maka artinya produsen dari kartu grafis yang terinstal di komputer Anda memang belum melakukan pembaruan. Kini, Anda harus melanjutkan ke langkah selanjutnya.
    Anda harus mengunjungi situs web resmi produsen kartu grafis, dan melakukan pengecekan manual apakah ada pembaruan untuk driver Anda.
  2. Apabila cara di atas tetap tidak membuahkan hasil yang diharapkan, maka buka kembali Device Manager, guna melakukan pembaruan driver tampilan / diplay driver.
    Di kotak dialog How do you want to search for driver, selanjutnya pilih Browse my computer for driver software > dan pilih Let me pick from a list of device drivers on my computer.

Update Driver Software Windows 10 Kecerahan Layar Komputer
Update Driver Software Windows 10 Kecerahan Layar Komputer
  1. Pada opsi Show compatible hardware, maka pilih Microsoft Basic Display Adapter selanjutnya Anda klik Next guna melanjutkan agar dapat melanjutkan perbaikan Windows 10 brightness control not working issue.
Microsoft Basic Display Adapter
Microsoft Basic Display Adapter

Langkah ini akan membuat komputer Anda menginstal driver yang Anda pilih, dengan begitu masalah kontrol Brightness pada Windows 10 akan diperbaiki. Anda juga dapat melakukan pengecekan dengan menyesuaikan kecerahan dengan menambah dan mengurangi Brightness di laptop / komputer Windows 10.

Saya sangat mengharapkan bahwa langkah-langkah di atas dapat memperbaiki masalah kontrol Brightness di laptop atau komputer Windows 10 Anda.

Masalah Brightness Di Pembaruan Windows 10 20H2

Pembaruan Windows terkenal karena merusak banyak hal, dan dalam pembaruan terbaru, beberapa pengguna juga melaporkan masalah Brightness di pembaruan Windows 10 20H2 terbaru (Build: 19044).

Cara Memperbaiki Kecerahan Layar Windows 10 OS Komputer
Cara Memperbaiki Kecerahan Layar Windows 10 OS Komputer

Dalam hal ini, Anda dapat memilih untuk mengembalikan driver tampilan ke yang sebelumnya dan melihat apakah itu membantu.

Untuk melakukannya, buka Device Manager > Klik kanan pada GPU Anda > Buka Properties > Buka Tab Driver. Di sini, klik tombol Rollback driver untuk mengembalikan versi sebelumnya (jika tidak memudar).

Jika itu tidak berhasil, Anda harus menghapus dan menginstal ulang driver GPU dari sumber resmi.

Tidak Dapat Menyesuaikan Brightness Di Desktop Windows 10

Pengaturan Brightness pada PC desktop bekerja secara berbeda dari laptop karena menggunakan layar eksternal. Brightness desktop Windows 10 tidak dikontrol oleh OS; Anda dapat mengubahnya menggunakan tombol dan pengaturan yang tersedia di monitor Anda.

Jika ini tidak menyelesaikan masalah, mengatur ulang monitor Anda ke pengaturan default dapat memperbaiki masalah Brightness yang tidak berfungsi pada Windows 10.

FAQ tentang Brightness Windows 10

Bagaimana cara mengubah Brightness pada Windows 10?

Pada Windows 10, Anda dapat menggunakan penggeser Brightness di Action Center untuk menambah atau mengurangi Brightness perangkat Anda.

Ada juga tombol khusus yang ada di keyboard untuk melakukan hal yang sama.

Mengapa layar terus meredup secara otomatis di PC saya?

Mungkin ada beberapa alasan untuk ini. Fitur Brightness adaptif diaktifkan pada PC Anda jika mendukungnya. Jika tidak, Anda dapat memeriksa driver buggy menggunakan alat SFC (System File Checker).

Apakah Anda menemukan solusi ini untuk masalah kontrol Brightness Windows 10 membantu? Beri tahu kami di komentar di bawah.

Jika Anda ingin membaca lebih banyak artikel terkait Windows 10, silakan lihat Panduan Windows 10 komprehensif kami.

Leave a Comment