Cara Memperbaiki Microphone Tidak Berfungsi Di Windows 10

Cara memperbaiki Microphone tidak berfungsi Windows. Pada awalnya, mikrofon (atau microphone dalam bahasa Inggris) digunakan untuk mengeraskan suara manusia agar terdengar didepan khalayak ramai.

Perangkat pertama pengeras suara disebut megaphone atau toa, tetapi hari ini, microphone berguna untuk merekam suara, menyediakan fitur pengenalan suara, dan digunakan untuk berbicara dengan teman, keluarga, dan kolega menggunakan berbagai aplikasi dan perangkat.

Sebagian besar komputer dan laptop modern memiliki microphone internal sehingga Anda tidak perlu menghubungkan perangkat tambahan ke komputer Anda.

Terlepas dari popularitas mikrofon, banyak pengguna mengalami masalah dengannya – microphone tidak merekam suara, tidak bersuara, tidak dapat menggunakan Skype dan aplikasi sejenis lainnya, dll. Masalah ini menjadi lebih umum setelah pengenalan pembaruan Windows 10 Creators.

Ada berbagai alasan yang menyebabkan masalah teknis microphone (baik internal atau eksternal): driver yang salah diinstal; masalah dengan sistem operasi Windows; masalah perangkat keras, dll.

Pertama, pastikan perangkat keras mikrofon berfungsi dan tidak rusak. Sambungkan mikrofon ke komputer lain. Akan lebih baik lagi jika komputer lain tidak menjalankan versi sistem operasi Windows yang sama.

Misalnya, jika Anda menggunakan Windows 10, kami sarankan Anda menguji microphone Anda pada komputer yang menjalankan Windows 7, dan seterusnya. Jika mikrofon tidak berfungsi saat terhubung ke komputer lain, ada kemungkinan mikrofon itu sendiri mengalami kerusakan.

Jika memungkinkan, sambungkan mikrofon yang berbeda ke komputer Anda saat ini dan untuk melihat apakah itu berfungsi. Ini akan membantu Anda menyimpulkan jika masalahnya ada pada komputer atau mikrofon. Jika Anda menggunakan komputer desktop dan microphone eksternal, coba sambungkan ke port belakang komputer. Dalam beberapa kasus, port depan tidak selalu berfungsi.

Jika Anda telah mencoba menyambungkan microphone Anda ke komputer lain dan berfungsi yang artinya masalah ada pada komputer Anda, maka silahkan baca panduan di bawah ini untuk mengetahui cara memperbaiki masalah pada microphone. Langkah-langkah ini juga berlaku untuk komputer laptop dengan mikrofon internal.

Cara memperbaiki Microphone tidak berfungsi di Windows

Baiklah rekan pengguna Windows disini anda akan saya manjakan dengan 6 buah solusi untuk memperbaiki jika Microphone di Windows anda tidak berfungsi.

Silahkan coba salah satunya dan semoga salah satu dari diantara solusi berikut berhasil mengatasi masalah Microphone milik anda.

Solusi #1: Jalankan Windows Troubleshooter

Windows memiliki fitur Troubleshooter atau pemecah masalah yang dirancang untuk mendiagnosis dengan cepat dan secara otomatis menyelesaikan berbagai masalah komputer.

Troubleshooter tidak dirancang untuk memperbaiki semua masalah, akan tetapi fitur ini dapat memberikan laporan mengenai penyebab terjadinya masalah, sehingga ia merupakan tempat yang baik untuk memulai jika Anda menemukan masalah dengan komputer atau sistem operasi Anda, termasuk masalah microphone.

  1. Untuk memulai Troubleshooter, buka Settings dan ketik “Troubleshoot” dan pilih “Troubleshooter Settings” dari daftar.
Buka Settings Windows 10
Buka Settings Windows 10
Troubleshoot Settings
Troubleshoot Settings
  1. Temukan “Recording Audio” di bawahnya ada tulisan “Find and fix problem with recording sound” dan pilihlah. Klik “Run Troubleshooter” dan ikuti instruksi.
Run The Troubleshooter Recording Audio Windows
Run The Troubleshooter Recording Audio Windows
Mendeteksi Msalah TroubleShooter Recording Audio Di Windows
Mendeteksi Msalah TroubleShooter Recording Audio Di Windows

Lihat apakah Windows Update Troubleshooter dapat menyelesaikan masalah dengan microphone eksternal atau internal. Selain itu, jalankan Troubleshooter “Speach”.

Solusi #2: Pastikan Microphone Diaktifkan

  1. Pastikan microphone Anda di sistem operasi Windows 10 diaktifkan. Mungkin saja dimatikan – inilah alasan mengapa tidak bekerja. Untuk melihat apakah itu diaktifkan di Windows, buka Settings, cari dan klik “Privacy”.
Settings Privacy
Settings Privacy
  1. Di jendela Pengaturan Privacy, temukan dan pilih bagian “Microphone” di panel kiri. Pastikan bahwa sakelar di bawah “Let apps use my microphone” atau “Allow apps to access your micrphone” dalam posisi “On”. Jika Anda menggunakan mikrofon dengan aplikasi tertentu, periksa apakah Anda memberi akses aplikasi itu ke mikrofon. Temukan aplikasi dalam daftar dan periksa apakah sakelar telah beralih ke posisi “On”. Lihat apakah ini menyelesaikan masalah dengan mikrofon.
Microphone On
Microphone On

Solusi #3: Setel Mikrofon Anda Sebagai Perangkat Default

Jika mikrofon eksternal terhubung ke komputer Anda, ini tidak berarti mikrofon itu ditetapkan sebagai perangkat default – Anda mungkin perlu melakukannya secara manual.

Menghubungkan headset Anda secara fisik ke PC yang menjalankan SmartSDR untuk Windows adalah langkah pertama. Sekarang untuk mengubahnya menjadi perangkat pemutaran dan perekaman default Windows caranya adalah sebagai berikut.

  1. Cara paling sederhana dan paling cepat untuk mengubah perangkat microphone Anda sama seperti pada Windows 7 dan Windows 8.x. Temukan ikon Sound di area notifikasi (sudut kanan bawah layar Anda) dan klik kanan atau tekan dan tahan.

Ikon Speaker

  1. Anda akan melihat menu yang menawarkan beberapa pilihan: Open Volume Mixer, Playback devices, Recording devices, Sounds dan Volume Control options.
  1. Pilih Playback devices untuk membuka Sound Control Panel.
Playback Devices Windows Microphone
Playback Devices Windows Microphone
  1. Buka Sound Control Panel, seperti dijelaskan di atas, dan klik pada tab Recording. Di sini Anda akan melihat perangkat audio yang Anda miliki yang dapat digunakan sebagai mikrofon.
  2. Sekali lagi, perangkat default Anda saat ini ditandai dengan tanda centang hijau. Pilih Microphone Anda dan klik Set Default.
Set Microhpne Perangkat Default
Set Microhpne Perangkat Default

Anda dapat memilih (klik) pada perangkat apa pun yang tersedia, lalu pilih Set Default. Jika Anda senang dengan pilihan baru Anda, klik OK, dan Anda selesai.

Jangan lupa untuk membaca cara mengatasi semua masalah di Realtek High Defintion Audio Manager.

Solusi #4: Pastikan Microphone Tidak Di mute

  1. Alasan lain untuk ‘masalah mikrofon’ adalah karena hanya dimatikan atau volume disetel ke minimum. Untuk memeriksanya, klik kanan ikon speaker di Taskbar dan pilih “Recording devices”. Pilih microphone (perangkat rekaman Anda) dan klik “Properties”.
Pilih Properties Di Microhpne Perangkat Default
Pilih Properties Di Microhpne Perangkat Default
  1. Di jendela Microphone Properties, klik tab “Level” dan pastikan bahwa ikon speaker tidak memiliki tanda merah di sebelahnya dan volume diatur ke 100. Periksa perubahan jika diperlukan dan klik “Apply” . Lihat apakah masalah mikrofon berlanjut.
Unmute Microphone Windows 10
Unmute Microphone Windows 10

Solusi #5: Instal ulang atau perbarui driver Microphone Anda

Driver perangkat adalah software yang menyediakan informasi ke sistem operasiĀ  Windows dan software lain tentang cara berinteraksi dengan hardware tertentu di komputer.

Driver berperan seperti penerjemah antara software dan hardware, karena sering dibuat oleh berbagai produsen, perusahaan, atau individu. Driver memungkinkan perangkat lunak dan perangkat keras untuk berkomunikasi dengan lancar.

Dalam kebanyakan kasus, komputer tidak dapat mengirim dan menerima data dengan benar tanpa driver. Jika driver yang sesuai tidak diinstal, perangkat mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Anda dapat mencoba untuk menghapus driver dan kemudian membiarkan Windows menginstal ulang driver secara otomatis, atau Anda dapat mencoba untuk memperbarui driver secara manual (atau mencoba kedua metode itu).

  1. Untuk menginstal ulang driver Microphone, tekan logo Windows + X pada keyboard dan pilih Device Manager.
Device Manager
Device Manager
  1. Di jendela Device Manager, klik dua kali “Audio Input And Output” (atau klik panah) untuk membuka bagian itu. Klik kanan perangkat rekaman (mikrofon Anda) dan pilih “Uninstall Device” dari menu kontekstual.
Disable Device Microphone Windows
Disable Device Microphone Windows
  1. Nyalakan kembali komputer dan Windows akan menginstal ulang driver yang hilang.
  2. Jika karena alasan tertentu Windows gagal menginstal ulang driver, Anda dapat memaksa sistem untuk menginstal ulang dengan masuk lagi ke Device Manager dan mengklik kanan nama komputer (itu harus menjadi yang pertama dalam daftar). Pilih “Scan For Hardware Changes” dan Windows akan menginstal driver yang hilang.
Scan For Hardware Changes
Scan For Hardware Changes
  1. Jika Anda ingin memperbarui driver Anda secara manual atau otomatis, klik kanan perangkat rekaman di Device Manager dan pilih “Update driver” dari menu kontekstual.
Update Driver Microphone Windows
Update Driver Microphone Windows

Anda akan ditanya apakah Anda ingin mencari perangkat lunak driver yang diperbarui secara otomatis atau menelusuri komputer untuk perangkat lunak driver. Jika Anda memilih opsi pertama, Windows akan mencari di komputer dan Internet untuk menemukan software terbaru untuk Microphone Anda.

Jika Anda memilih opsi kedua, Anda harus mencari dan menginstal driver secara manual. Untuk menggunakan opsi ini, Anda harus memiliki driver yang diunduh sebelumnya ke komputer atau USB flash drive.

Pilihan Update Driver Otomatis Atau Manual Di Windows
Pilihan Update Driver Otomatis Atau Manual Di Windows

Cara lain untuk memperbarui atau menginstal driver baru untuk microphone adalah melakukannya dengan menggunakan software pihak ketiga seperti Snappy Driver Installer.. Anda akan memerlukan komputer dengan koneksi internet yang berfungsi untuk mengunduhnya.

Snappy Driver Installer (SDI) adalah alat pembaru driver gratis yang handal untuk Windows yang dapat menyimpan seluruh koleksi drivernya secara offline.

Memiliki driver offline memberi Snappy Driver Installer kemampuan untuk memiliki akses ke pembaruan driver yang cepat, bahkan jika tidak ada koneksi Internet aktif di komputer Anda.

Snappy DriverĀ  mendukung Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, 32-bit dan 64-bit, dan juga dapat berfungsi dengan Windows XP.

Driver akan diunduh melalui Snappy Driver Installer di ‘driverpacks’, yang merupakan kumpulan (paket) driver untuk berbagai perangkat keras seperti perangkat sound, video card, adapter jaringan, dll. Ini juga dapat menampilkan duplikat driver dan driver yang tidak valid.

Baca juga Cara memperbaiki No Audio Output Device Is Installed Di Windows.

Solusi #6: Restart Windows Audio Service (Layanan Audio Windows)

Layanan Windows (juga dikenal sebagai services.msc), digunakan untuk memodifikasi bagaimana Windows servicesĀ  (layanan) berjalan di sistem Anda.

Layanan ini bertanggung jawab untuk menjalankan program yang tersedia dan mengelola banyak pengaturan sistem dan sumber daya. Anda dapat mengubah pengaturan layanan untuk alasan keamanan, troubleshoot, dan terkait kinerja.

Windows Audio Service mengelola audio untuk program berbasis Windows. Jika layanan ini dihentikan, perangkat audio dan efek tidak akan berfungsi dengan baik. Jika dinonaktifkan, layanan apa pun yang bergantung padanya akan gagal untuk memulai.

  1. Untuk me-restart layanan Windows Audio, tekan tombol Windows + R pada keyboard atau ketik run di Search dan klik hasil “Run” untuk membuka kotak dialog Run. Setelah terbuka, ketikkan services.msc dan tekan Enter pada keyboard Anda atau klik Ok.
services.msc run
services.msc run
  1. Di jendela Services, Anda akan melihat daftar layanan Windows. Temukan layanan “Windows Audio” dan klik kanan. Pilih “Restart” dari menu kontekstual. Atau, Anda dapat memilih “Stop” dan kemudian klik kanan lagi dan pilih “Start”. Periksa apakah ini menyelesaikan masalah mikrofon.
Windows Audio Restart Microphone
Windows Audio Restart Microphone
  1. Jika itu tidak berhasil, klik kanan layanan “Windows Audio” dan pilih “Properties” dari menu kontekstual.
Windows Audio Properties Microphone
Windows Audio Properties Microphone
  1. Di jendela properti layanan Audio Windows, periksa apakah “Startup Type” diatur ke “Automatic”. Jika tidak, atur ke Automatic dan klik “Apply” untuk menyimpan perubahan. Nyalakan kembali komputer dan lihat apakah ini menyelesaikan masalah.
Windows Audio Properties Automatic
Windows Audio Properties Automatic

Saya harap kumpulan solusi diatas bermanfaat dan Anda dapat menyelesaikan masalah dengan mikrofon Anda. Jika Anda mengetahui metode lain yang menyelesaikan masalah ini, tidak disebutkan dalam panduan kami, silakan bagikan dengan kami dengan meninggalkan komentar di bagian di bawah ini.

Satu pemikiran pada “Cara Memperbaiki Microphone Tidak Berfungsi Di Windows 10”

Tinggalkan komentar