Cara Memperbaiki Microphone Tidak Berfungsi Di Windows 10

Cara memperbaiki Microphone tidak berfungsi Windows. Pada awalnya, mikrofon (atau microphone dalam bahasa Inggris) digunakan untuk mengeraskan suara manusia agar terdengar didepan khalayak ramai.

Perangkat pertama pengeras suara disebut megaphone atau toa, tetapi hari ini, microphone berguna untuk merekam suara, menyediakan fitur pengenalan suara, dan digunakan untuk berbicara dengan teman, keluarga, dan kolega menggunakan berbagai aplikasi dan perangkat.

Sebagian besar komputer dan laptop modern memiliki microphone internal sehingga Anda tidak perlu menghubungkan perangkat tambahan ke komputer Anda.

Terlepas dari popularitas mikrofon, banyak pengguna mengalami masalah dengannya – microphone tidak merekam suara, tidak bersuara, tidak dapat menggunakan Skype dan aplikasi sejenis lainnya, dll. Masalah ini menjadi lebih umum setelah pengenalan pembaruan Windows 10 Creators.

Ada berbagai alasan yang menyebabkan masalah teknis microphone (baik internal atau eksternal): driver yang salah diinstal; masalah dengan sistem operasi Windows; masalah perangkat keras, dll.

Pertama, pastikan perangkat keras mikrofon berfungsi dan tidak rusak. Sambungkan mikrofon ke komputer lain. Akan lebih baik lagi jika komputer lain tidak menjalankan versi sistem operasi Windows yang sama.

Misalnya, jika Anda menggunakan Windows 10, kami sarankan Anda menguji microphone Anda pada komputer yang menjalankan Windows 7, dan seterusnya. Jika mikrofon tidak berfungsi saat terhubung ke komputer lain, ada kemungkinan mikrofon itu sendiri mengalami kerusakan.

Jika memungkinkan, sambungkan mikrofon yang berbeda ke komputer Anda saat ini dan untuk melihat apakah itu berfungsi. Ini akan membantu Anda menyimpulkan jika masalahnya ada pada komputer atau mikrofon. Jika Anda menggunakan komputer desktop dan microphone eksternal, coba sambungkan ke port belakang komputer. Dalam beberapa kasus, port depan tidak selalu berfungsi.

Jika Anda telah mencoba menyambungkan microphone Anda ke komputer lain dan berfungsi yang artinya masalah ada pada komputer Anda, maka silahkan baca panduan di bawah ini untuk mengetahui cara memperbaiki masalah pada microphone. Langkah-langkah ini juga berlaku untuk komputer laptop dengan mikrofon internal.

Cara memperbaiki Microphone tidak berfungsi di Windows

Baiklah rekan pengguna Windows disini anda akan saya manjakan dengan 6 buah solusi untuk memperbaiki jika Microphone di Windows anda tidak berfungsi.

Silahkan coba salah satunya dan semoga salah satu dari diantara solusi berikut berhasil mengatasi masalah Microphone milik anda.

Solusi #1: Jalankan Windows Troubleshooter

Windows memiliki fitur Troubleshooter atau pemecah masalah yang dirancang untuk mendiagnosis dengan cepat dan secara otomatis menyelesaikan berbagai masalah komputer.

Troubleshooter tidak dirancang untuk memperbaiki semua masalah, akan tetapi fitur ini dapat memberikan laporan mengenai penyebab terjadinya masalah, sehingga ia merupakan tempat yang baik untuk memulai jika Anda menemukan masalah dengan komputer atau sistem operasi Anda, termasuk masalah microphone.

  1. Untuk memulai Troubleshooter, buka Settings dan ketik “Troubleshoot” dan pilih “Troubleshooter Settings” dari daftar.
Buka Settings Windows 10
Buka Settings Windows 10
Troubleshoot Settings
Troubleshoot Settings
  1. Temukan “Recording Audio” di bawahnya ada tulisan “Find and fix problem with recording sound” dan pilihlah. Klik “Run Troubleshooter” dan ikuti instruksi.
Run The Troubleshooter Recording Audio Windows
Run The Troubleshooter Recording Audio Windows
Mendeteksi Msalah TroubleShooter Recording Audio Di Windows
Mendeteksi Msalah TroubleShooter Recording Audio Di Windows

Lihat apakah Windows Update Troubleshooter dapat menyelesaikan masalah dengan microphone eksternal atau internal. Selain itu, jalankan Troubleshooter “Speach”.

Solusi #2: Pastikan Microphone Diaktifkan

  1. Pastikan microphone Anda di sistem operasi Windows 10 diaktifkan. Mungkin saja dimatikan – inilah alasan mengapa tidak bekerja. Untuk melihat apakah itu diaktifkan di Windows, buka Settings, cari dan klik “Privacy”.
Settings Privacy
Settings Privacy
  1. Di jendela Pengaturan Privacy, temukan dan pilih bagian “Microphone” di panel kiri. Pastikan bahwa sakelar di bawah “Let apps use my microphone” atau “Allow apps to access your micrphone” dalam posisi “On”. Jika Anda menggunakan mikrofon dengan aplikasi tertentu, periksa apakah Anda memberi akses aplikasi itu ke mikrofon. Temukan aplikasi dalam daftar dan periksa apakah sakelar telah beralih ke posisi “On”. Lihat apakah ini menyelesaikan masalah dengan mikrofon.
Microphone On
Microphone On

Solusi #3: Setel Mikrofon Anda Sebagai Perangkat Default

Jika mikrofon eksternal terhubung ke komputer Anda, ini tidak berarti mikrofon itu ditetapkan sebagai perangkat default – Anda mungkin perlu melakukannya secara manual.

Terkait

Trending di Windows

7 pemikiran pada “Cara Memperbaiki Microphone Tidak Berfungsi Di Windows 10”

  1. makasih banget ka akhirnya ketemu juga solusinya, mau zoom suara gk kedeteksi terus. akhirnya ternyata ini solusinya.

    terima kasih, sangat bermanfaat

    Balas
  2. Terima kasih, langkah2nya sangat jelas. Saya coba satu persatu solusi dan mencoba setelahnya. Baru berhasil di solusi ke 6 (terakhir). Sangat membantušŸ‘

    Balas

Tinggalkan komentar