Cara Memperbaiki Roblox Tidak Bisa Dimainkan Di Komputer

Menjadi platform game paling populer di tahun 2020, Roblox tidak kebal terhadap masalah. Baru-baru ini banyak pemain melaporkan Roblox tidak berfungsi. Jika Anda kebetulan salah satu pemain Roblox yang mengalami hal sama, maka jangan khawatir. Berikut adalah 7 buah solusi yang dapat Anda coba agar Roblox Anda berfungsi kembali.

Coba Solusi Cara Memperbaiki Roblox Tidak Bisa Dimainkan Di Komputer

Anda mungkin tidak perlu mencoba semuanya. Cukup lanjutkan ke bawah sampai Anda menemukan solusi  yang memperbaiki masalah Roblox tidak berfungsi.

Solusi 1: Periksa apakah ini masalah server

Ketika Roblox tidak berfungsi, kemungkinan masalahnya bukan pada komputer Anda. Untuk mengetahui apakah itu hanya kesalahan server, Anda dapat memeriksa halaman status Roblox untuk mendapatkan informasi terbaru tentang masalah pemeliharaan dan layanan.

Jika semua sistem Roblox berfungsi, Anda dapat melanjutkan perbaikan berikut untuk melacak masalah Anda.

Solusi 2: Mulai ulang (restart) jaringan internet Anda

Mari kita mulai dengan beberapa pemecahan masalah dasar. Jika ini bukan masalah server, pertama-tama Anda harus memeriksa jaringan lokal Anda.

Untuk melakukannya, Anda dapat memulai dengan melakukan restart perangkat jaringan Anda. Melakukannya memungkinkan modem dan router Anda pulih dari kemungkinan panas berlebih atau kelebihan beban, dan ini juga akan membersihkan cache DNS dan memperbarui alamat IP Anda.

Begini caranya:

Di bagian belakang modem dan router Anda, cabut kabel daya.

  1. Modem dan router.

Restart Modem

  1. Tunggu setidaknya 30 detik, lalu sambungkan kembali kabelnya. Pastikan indikator kembali ke keadaan normal.
  2. Buka browser Anda dan periksa koneksi. Setelah Anda kembali online, periksa apakah Roblox berfungsi dengan baik sekarang.

Jika me-reboot jaringan Anda tidak berhasil, Anda dapat melihat perbaikan selanjutnya.

Solusi 3: Coba browser lain

Dalam beberapa kasus, Roblox tidak berfungsi sebagai hasil dari pengaturan browser yang salah atau konflik plugin. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba browser lain dan melihat apakah masalahnya hilang. Agar Roblox berfungsi dengan baik, Anda memerlukan browser modern seperti ChromeFirefox, atau Opera.

Saat menguji, Anda harus membiarkan semua pengaturan browser pada default dan menonaktifkan semua ekstensi.

Jika mengganti browser tidak memberi Anda keberuntungan, maka lanjut ke metode selanjutnya berikut ini kawan.

Solusi 4: Perbarui driver perangkat Anda

Tidak jarang ditemukan bahwa masalah Roblox tidak berfungsi menunjukkan bahwa Anda menggunakan driver perangkat yang rusak atau ketinggalan zaman. Jika terakhir kali Anda memperbarui driver apa pun terasa seperti berabad-abad yang lalu, maka lakukan update sekarang karena dapat memperbaiki banyak masalah.

Produsen terus memberikan dukungan untuk produk mereka dalam bentuk pembaruan driver. Dan terkadang Anda mungkin memerlukan driver terbaru atau tambahan untuk membuka fitur tertentu pada perangkat keras Anda.

Dan ada 2 cara untuk memperbarui driver Anda: secara manual atau otomatis.

Opsi 1: Perbarui driver Anda secara manual

Ini mungkin membutuhkan tingkat pengetahuan komputer tertentu. Jika Anda terbiasa dengan perangkat keras komputer, Anda dapat mencoba memperbarui driver Anda secara manual.

Anda perlu mengunjungi situs web produsen perangkat keras dan mencari model Anda. Selanjutnya Anda perlu mengunduh penginstal driver terbaru yang benar yang kompatibel dengan sistem operasi Anda. Setelah diunduh, buka penginstal dan ikuti petunjuk di layar untuk melanjutkan.

Opsi 2: Perbarui driver Anda secara otomatis (Disarankan)

Jika Anda tidak memiliki waktu, kesabaran, atau keterampilan komputer untuk memperbarui driver video Anda secara manual, Anda dapat melakukannya secara otomatis dengan  Driver Easy. Driver Easy akan secara otomatis mengenali sistem Anda dan menemukan driver yang benar untuk kartu grafis Anda, dan versi Windows Anda, dan akan mengunduh serta menginstalnya dengan benar:

  1. Unduh ke komputer kemudian instal file setup.exe nya.
  2. Setelah terinstal, Anda harus jalankan software Driver Easy ini dengan klik tombol Scan Now. Selanjutnya, Driver Easy akan melakukan scan pada komputer Anda untuk mengidentifikasi driver mana yang bermasalah dan perlu di update.

Driver Easy Scan Now

  1. Anda bisa klik tombol Update All untuk mengunduh kemudian instal versi yang benar dan teranyar dari semua driver yang hilang atau kedaluwarsa di sistem komputer Anda secara otomatis.
    (Kemampuan ini membutuhkan versi Pro  – Anda akan diminta untuk upgrade ketika Anda mengklik Update All. Jika Anda tidak ingin membayar untuk versi Pro, Anda masih dapat mengunduh dan menginstal semua driver yang Anda butuhkan dengan versi gratis; namun Anda perlu mengunduhnya satu per satu, dan menginstalnya secara manual, dengan cara Windows normal.)

Update Driver Dengen DriverEasy

Versi Pro Driver Easy  hadir dengan  dukungan teknis penuh. Jika Anda membutuhkan bantuan, silakan hubungi  tim dukungan Driver Easy.

Setelah Anda memperbarui driver Anda, maka restart PC Anda dan lihat apakah Roblox berfungsi sekarang.

Jika solusi ini tidak berhasil, Anda dapat melanjutkan ke langkah yang berikutnya di bawah ini.

Solusi 5: Instal semua pembaruan Windows

Pembaruan Windows mencakup tambalan keamanan dan pembaruan fitur berkala. Menjaga sistem Anda tetap mutakhir dapat membantu Anda menghindari banyak gangguan aneh. Jika Anda tidak pernah repot-repot menginstal pembaruan sistem, pastikan untuk melakukannya sekarang.

Dan inilah cara menginstal pembaruan sistem secara manual pada Windows 10, 8 atau 7:

Windows 10

  1. Pada keyboard Anda, tekan Win + I (tombol logo Windows dan tombol i) secara bersamaan untuk membuka aplikasi Pengaturan Windows. Klik Update & Security.

Update Security

  1. Klik Check For Updates. Kemudian tunggu Windows mengunduh dan menginstal pembaruan yang tersedia.

Check For Updates Windows

Untuk mengetahui apakah Anda telah menginstal semua  pembaruan sistem, ulangi langkah-langkah ini hingga muncul pesan “You’re up to date” saat Anda mengeklik tombol Check For Updates lagi.

Windows 8

  1. Pada keyboard Anda, tekan Win + I (tombol logo Windows dan  tombol i) secara bersamaan. Dari menu kanan, klik Ubah pengaturan PC.
  2. Dari menu sebelah kiri, pilih Pembaruan Windows . Klik  Periksa pembaruan sekarang.

Windows 7

  1. Di keyboard Anda, tekan tombol logo Windows. Pilih Panel Kontrol.
  2. Pilih Sistem dan Keamanan.
  3. Klik Pembaruan Windows.
  4. Klik Instal pembaruan. Diperlukan beberapa saat (hingga 1 jam) bagi Windows untuk menginstal semua pembaruan, tergantung berapa lama Anda belum memperbarui.

Setelah menginstal semua pembaruan sistem, mulai ulang PC Anda dan periksa apakah Roblox sekarang berfungsi.

Jika metode ini gagal menyelesaikan masalah Anda, Anda dapat mencoba yang berikutnya di bawah ini.

Solusi 6: Lakukan boot bersih (clean boot)

Mengingat bahwa setiap orang memiliki pengaturan desktop yang berbeda, mungkin saja masalahnya berasal dari konflik perangkat lunak. Untuk menyelidikinya, Anda dapat melakukan boot bersih untuk memulai PC Anda hanya dengan program dan layanan penting. Jika Roblox berfungsi setelah boot bersih, maka Anda telah berhasil membebaskan sistem Anda dari masalah.

Berikut cara melakukan boot bersih:

  1. Pada keyboard Anda, tekan Win + R (tombol logo Windows dan tombol r) secara bersamaan untuk mengaktifkan kotak Run. Ketik atau tempel msconfig dan klik OK.

msconfig Windows Safe Mode

  1. Di jendela pop-up, navigasikan ke tab Services dan centang kotak di samping Hide All Microsoft Services.
  2. Hapus centang  semua layanan KECUALI yang dimiliki oleh produsen kartu grafis dan kartu suara Anda, seperti  Realtek, AMDNVIDIA, dan  Intel. Kemudian klik  OK  untuk menerapkan perubahan.

Hide All Microsoft Services

  1. Pada keyboard Anda, tekan Ctrl, Shift dan Esc secara  bersamaan untuk membuka Task Manager, lalu arahkan ke tab Startup.
  2. Satu per satu, pilih program yang Anda curigai mungkin mengganggu, dan klik Disable.

Task Manager Disable Software

  1. Nyalakan ulang PC Anda dan lihat apakah Roblox berfungsi sekarang.

Jika solusi ini tidak memperbaiki Roblox Anda, lihat solusi berikutnya.

Solusi 7: Gunakan VPN

Dalam hal pemecahan masalah jaringan, VPN mungkin merupakan solusi paling aman dari nuklir. Layanan VPN berbayar menjamin keamanan 24/7 dan akses latensi rendah, tanpa Anda khawatir port mana yang harus dibuka di router Anda atau haruskah Anda mematikan Antivirus atau tidak. Jika Anda telah mencoba semua metode di atas dan tidak ada yang berhasil, cobalah VPN. Tetapi perhatikan bahwa kami tidak menyarankan penggunaan VPN gratis, karena biasanya penuh dan berisiko.

Dan untuk referensi Anda, berikut adalah beberapa penyedia yang dikenal luas:

Jadi ini adalah perbaikan untuk masalah Roblox Anda yang tidak berfungsi. Semoga, Anda telah memecahkan masalah dan sekarang dapat menikmati Roblox yang bebas dari kesalahan. Jika Anda memiliki ide atau pertanyaan, beri tahu kami di bagian komentar dan kami akan segera kembali.

Tinggalkan komentar