Cara Memperbaiki USB Port Rusak Di Komputer Windows 10



Apakah port USB di komputer Windows 10 Anda tidak berfungsi? Maka baca seluruh solusinya di posting ini karena Anda akan mendapati semua solusi yang terbukti akurat untuk mempebaikinya.

Dan disini kami tawarkan 5 buah solusi yang dapat Anda coba satu-per-satu guna menemukan solusi mana yang paling berhasil untuk memperbaiki masalah USB port di komputer Windows Anda.

5 Solusi Memperbaiki USB Port Rusak Di Komputer Windows 10 Mudah Dan Cepat

Nah inilah kawan semua 5 cara atau solusi paling mudah dan cepat guna memperbaiki masalah USB port rusak di komputer Windows 10 Anda. Silahkan dicoba dan semoga ada yang berhasil memperbaiki masalah.

Solusi 1: Periksa apakah perangkat USB Port Windows Anda rusak

Jika perangkat USB berfungsi sebelum Anda update atau upgrade ke Windows 10, kemungkinan besar perangkat tersebut tidak rusak.

Tapi masalah itu memang bisa saja terjadi.

Bisa jadi mungkin bahwa perangkat USB Anda kebetulan mati tepat pada waktu yang sama Anda upgrade Windows.

Jadi solusi awal yang terbaik saya rekomendasikan adalah untuk mencari tahu hal ini dengan pasti sebelum menghabiskan waktu untuk pemecahan masalah yang lebih kompleks.

Untuk memeriksa apakah perangkat USB rusak atau tidak, cukup cabut (‘Keluarkan’ jika itu perangkat penyimpanan USB) dan hubungkan ke komputer lain. Jika di komputer lain ternyata perangkat USB berfungsi, maka perangkat Anda baik-baik saja.

Jika ternyata tidak berfungsi, itu berarti Anda telah mengisolasi masalahnya! Anda hanya perlu membeli penggantinya.

Jangan lupa cara aktivasi Microsoft Windows 10 Pro cepat dan mudah.

Solusi 2: Periksa catu daya (Power Supply) Anda (khusus laptop)

Power Supply atau catu daya laptop Anda memberikan daya ke port USB Anda. Jika, karena alasan tertentu, power supply gagal melakukan ini dengan benar, sehingga perangkat yang dicolokkan ke port USB tersebut mungkin berhenti berfungsi.

Terkadang, ini bisa diperbaiki dengan cukup sederhana:

1) Cabut catu daya dan steker pengisi daya dari laptop Anda

2) Restart laptop Anda

3) Hubungkan kembali perangkat USB Anda ke laptop

4) Colokkan kembali laptop ke listrik

Solusi 3: Periksa pengaturan manajemen daya Anda

Untuk menghemat daya, secara default, Windows menonaktifkan pengontrol USB Anda saat tidak digunakan, dan mengaktifkannya kembali saat diperlukan. Sayangnya, terkadang pendekatan ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dan Windows gagal mengaktifkan pengontrol USB Anda lagi.

Untuk mengesampingkan hal ini sebagai penyebab masalah USB Anda, cukup hentikan Windows dari ‘mengelola’ daya ke pengontrol dan perangkat USB Anda:

1) Buka Device Manager (ketik “Device Manager” di kolom pencarian Windows)

Buka Device Manager Windows
Buka Device Manager Windows

2) Perluas cabang pengontrol Universal Serial Bus.

Universal Serial Bus Controllers
Universal Serial Bus Controllers

3) Klik dua kali perangkat USB Root Hub pertama  dalam daftar (jika Anda hanya melihat satu perangkat USB Root Hub, tidak apa-apa)

USB Root Hub
USB Root Hub

4) Klik tab Power Management USB Root Hub Properties.

Power Management USB Root Hub Properties

5) Power Management USB Root Hub Properties5) Hapus centang pada kotak Allow the computer to turn off this device to save power, dan klik OK .

USB Root Hub Properties
USB Root Hub Properties

6) Ulangi langkah 3-5 untuk setiap  perangkat USB Root Hub di daftar Universal Serial Bus controllers.

USB Root Hub USB 3.0
USB Root Hub USB 3.0

Solusi 4: Periksa driver perangkat USB Anda

Port USB Anda tidak berfungsi mungkin disebabkan oleh masalah driver. Langkah-langkah di atas seharusnya dapat memperbaiki masalah USB port di Windows, tetapi jika tidak, atau Anda tidak percaya diri bermain-main dengan driver secara manual,  Anda dapat melakukannya secara otomatis dengan Driver Easy.

Driver Easy akan secara otomatis mengenali sistem Anda dan mencari driver yang tepat untuk itu. Anda tidak perlu tahu persis sistem apa yang dijalankan komputer Anda, Anda tidak perlu mengambil risiko mengunduh dan menginstal driver yang salah, dan Anda tidak perlu khawatir membuat kesalahan saat menginstal.

Anda dapat memperbarui driver Anda secara otomatis dengan Driver Easy versi GRATIS atau Pro. Tetapi dengan versi Pro hanya membutuhkan 2 klik (dan Anda mendapatkan dukungan penuh dan jaminan uang kembali 30 hari):

1) Unduh dan instal Driver Easy.

2) Jalankan Driver Easy dan klik tombol Scan Now. Driver Easy kemudian akan memindai komputer Anda dan mendeteksi driver yang bermasalah.

Driver Easy Scan Now
Driver Easy Scan Now

3) Klik  tombol Update di sebelah driver USB yang ditandai untuk mengunduh dan menginstal versi yang benar dari driver ini secara otomatis (Anda dapat melakukannya dengan versi GRATIS).

Update USB Driver Easy
Update USB Driver Easy

Atau klik Update All untuk secara otomatis mengunduh dan menginstal versi yang benar dari semua driver yang hilang atau kedaluwarsa di sistem Anda (ini memerlukan versi Pro – Anda akan diminta untuk memutakhirkan saat Anda mengeklik Perbarui Semua).

Solusi 5: Periksa port USB Anda

Jika tidak ada metode di atas yang menyelesaikan masalah Anda, port USB Anda mungkin rusak. Untuk mengetahuinya, Anda dapat membawa PC Anda ke tempat service dan meminta mereka untuk memeriksanya.

Jika port USB Anda rusak, tukang reparasi harus dapat menggantinya dengan harga yang cukup murah.

Tinggalkan komentar