Cara Memperbaiki WhatsApp Tidak Bisa Download Gambar



Memperbaiki WA tidak bisa download gambar. WhatsApp berdiri sebagai salah satu aplikasi perpesanan instan yang paling dikenal saat ini. Dari keluarga hingga teman, rekan kerja, dan banyak lagi, kebanyakan orang menggunakan WhatsApp untuk tetap terhubung.

WhatsApp juga berfungsi ganda sebagai platform berbagi file. File, seperti video, dokumen, dan gambar, dalam ukuran tertentu dapat dibagikan.

Namun, Anda mungkin menemukan masalah di mana WhatsApp Anda tidak dapat mengunduh gambar di ponsel Anda.

Kami telah mencantumkan langkah-langkah yang mungkin dapat Anda ambil untuk memperbaiki masalah pengunduhan gambar WhatsApp ini.

Kemungkinan Alasan Mengapa WhatsApp Tidak Dapat Mengunduh Gambar

Sebelum kita mulai, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda berada dalam situasi tidak bisa download gambar dari WhatsApp.

Artikel ini akan menjawabnya.

Kesulitan yang terkait dengan mengunduh gambar dan video dapat disebabkan oleh banyak alasan. Beberapa alasan berikut ini dapat berhubungan dengan ponsel Anda secara tepat.

  • Anda mungkin tidak memiliki cukup ruang untuk mengunduh gambar, video, dan lainnya.
  • Anda mungkin juga lupa memberi izin kepada WhatsApp untuk membaca dan menyimpan file di ponsel Anda.
  • Penyebab paling umum dan langsung adalah koneksi internet Anda mungkin terputus.
  • Di sisi lain, WhatsApp mungkin sedang down sementara. Masalahnya mungkin ada di server WhatsApp , bukan di pihak Anda. Anda dapat memeriksa secara online untuk melihat apakah masalahnya ada pada pihak mana kawan.

Demikian pula, Anda mungkin menghadapi beberapa masalah fungsionalitas jika Anda menggunakan versi WhatsApp yang lebih lama.

Bug dan kerusakan dapat memaksa fitur tertentu gagal bekerja karena versi WhatsApp usang.

Bisa jadi karena itulah mengapa WhatsApp Anda tidak dapat mengunduh gambar. Dalam hal ini cukup perbarui atau instal ulang WhatsApp untuk memperbaiki masalah.

Anda Mungkin Ingin Tahu: 6 Cara Memperbaiki “The Download Was Unable to Complete” Di WhatsApp

4 Tips yang Perlu Anda Lakukan Guna Memperbaiki WhatsApp Tidak Dapat Mengunduh Gambar

Sekarang setelah kami menyelesaikan masalah teknis, inilah cara Anda dapat mencoba dan memperbaiki WhatsApp tidak mengunduh gambar.

1. Periksa Koneksi Internet Anda

WhatsApp bergantung pada koneksi jaringan Anda untuk bekerja dengan baik. Jika koneksi Anda sedang down atau tidak stabil, Anda tidak akan dapat menggunakan banyak fitur di WhatsApp.

Maka coba periksa apakah Anda memiliki koneksi yang stabil. Masalah ini kemungkinan akan teratasi dengan sendirinya setelah koneksi jaringan dipulihkan.

Jika Anda telah menempatkan batas data di ponsel Anda, mungkin itu sebabnya gambar Anda tidak diunduh di WhatsApp.

Untuk memperbaikinya, buka Pengaturan / Settings HP Anda. Anda akan menemukan opsi Penggunaan Data / Data Usage di bawah tab jaringan seluler. Nonaktifkan Peringatan & batas data / Data Warning & Limit, dan Anda akan baik-baik saja.

Penggunaan Kuota Data Internet

2. Atur Tanggal & Waktu Secara Otomatis

Pengaturan waktu dan tanggal ponsel Anda sangat penting agar WhatsApp dapat beroperasi dengan benar. Jika Anda mengatur waktu dan tanggal telepon secara manual, ada kemungkinan Anda salah memasukkan data waktu.

Karena inilah akan membuat akun Anda tidak dapat terhubung ke server WhatsApp. Berikut cara memperbaikinya:

Langkah 1: Buka Pengaturan / Settings.

Langkah 2: Klik pada tab Sistem / System.

Langkah 3: Pilih Tanggal dan Waktu / Date & Time.

Langkah 4: Klik Setel Secara Otomatis / Set Automatically.

Pilih Otomatis Waktu Tanggal

3. Kosongkan Kartu SD & Ruang Penyimpanan Ponsel

Alasan lain yang mungkin mengapa WhatsApp tidak dapat mengunduh gambar dan video adalah karena kurangnya ruang.

Anda harus memeriksa kartu SD dan penyimpanan telepon Anda. Mungkin rusak atau penuh. Solusi terbaik adalah menghapus video dan gambar yang tidak perlu dari ponsel Anda.

Tapi ingat, Anda akan menghapusnya secara permanen. Jika kartu SD Anda rusak, memperbaikinya kemungkinan akan mengharuskan Anda untuk memformat semuanya.

Namun, jika Anda memformat kartu, Anda akan kehilangan semua data Anda.

Anda Mungkin Ingin Tahu: Cara Mudah Format SD Card Di Windows & Mac

4. Berikan Izin Penyimpanan Bagi WhatsApp di Perangkat Pintar

WhatsApp memerlukan akses ke foto dan video Anda untuk mengunduh dan menyimpan file. Jika Anda tidak memberikan izin itu kepada WhatsApp, maka ia tidak akan dapat mengunduh file apa pun.

Biasanya, WhatsApp akan mengirimi Anda tindakan yang meminta akses. Jika Anda secara tidak sengaja menekan “Jangan Izinkan / Deny”, maka inilah yang dapat Anda lakukan:

Untuk ponsel Android

  • Buka Pengaturan / Settings dan Klik Aplikasi / Apps.
  • Pilih Kelola Aplikasi / Manage Apps dan temukan WhatsApp.
  • Anda akan menemukan tab bernama App Permissions.
  • Dari sini, Anda dapat memilih opsi Allow.

Izinkan WA Menyimpan Dan Unduh File Di Android

Untuk iOS, ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah

  • Buka Pengaturan / Settings dan klik Privasi / Privacy.
  • Klik pada Foto / Photo.
  • Klik WhatsApp.
  • Pilih opsi Semua Foto / All Photos.

Izinkan WA Menyimpan Dan Unduh File Di iOS

Baca juga Download Dan Instal WhatsApp Transparan Mod APK (Versi Terbaru)

Kesimpulan Inti

Ada saat-saat tertentu ketika Anda dapat menghadapi komplikasi dan masalah saat menggunakan WhatsApp, dan salah satu masalah tersebut adalah WhatsApp tidak dapat mengunduh gambar.

Untungnya, ada beberapa cara untuk memperbaiki masalah ini. Jika Anda khawatir tentang kehilangan data saat Anda memperbaiki masalah WhatsApp tidak mengunduh gambar.

Maka Anda tidak perlu takut – Lakukan Cara Memindahkan WhatsApp Ke SD Card (Eksternal) untuk mencadangkan data WhatsApp Anda dan menjaganya tetap aman.

Itulah informasi cara memperbaiki WhatsApp tidak dapat download gambar dari hp Android, penyebabnya, contoh dan langkah memperbaiki WA tidak dapat download gambar di Android, semoga bermanfaat, dan silahkan beritahukan kepada keluarga, teman, saudara dan kerabat mengenai artikel ini siapa tahu mereka membutuhkannya. Dan sampai jumpa lagi di posting-posting seputar teknologi dan tutorial dari Dubidam.ID di masa datang.


Bagikan
Rekomendasi Untuk Anda

Nagib adalah penulis teknologi lepas di blog Dubidam.id yang aktif membagikan tutorial seputar perangkat pintar berbasis komputer, seperti PC, smartphone dan juga perangkat keras dan lunak untuk membantu pengguna produk teknologi itu memecahkan masalah yang mereka hadapi. Untuk lebih lengkapnya bisa membaca halaman Tentang Blog. Silahkan juga bergabung di kanal Youtube dan halaman Facebook dari Dubidam.ID.

Tinggalkan komentar