2 Cara Memperbaiki Windows 10 Tidak Mati Meski Mengklik Shutdown

Windows 10 tidak mati tetapi menampilkan layar kunci setelah pesan mematikan singkat? Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaiki masalah.

Baru-baru ini, teman saya mengalami situasi di mana ketika dia menekan tombol shutdown, Windows 10 tidak mati. Setelah menekan tombol Shutdown baik di menu Start, menu power user, atau lock screen, Windows 10 hanya sebentar menampilkan pesan Shotting Down, lalu layar menghitamg dan kemudian menampilkan layar kunci.

Tidak peduli berapa kali dia mencoba, Windows tidak mau mati. Namun, satu hal yang aneh adalah bahwa ini tidak berpengaruh pada sistem restart. Artinya, jika Anda menekan tombol Restart, sistem akan restart secara normal.

Tetapi, bahkan setelah restart, Windows 10 tetap tidak mau mati. Dan tetap berperilaku sama seperti sebelumnya.

Mengapa Windows 10 Tidak Shutdown Saat Tombol Shutdown Ditekan?

Tidak ada alasan yang jelas mengapa Windows berperilaku seperti itu. Mungkin karena beberapa aplikasi, layanan, atau driver buggy mengacaukan proses shutdown Windows 10. Misalnya, dalam kasus yang saya temui, itu terjadi tepat setelah menginstal perangkat lunak yang juga menginstal service sendiri.

Meskipun masalah ini tergolong agak aneh, perbaikannya cukup sederhana. Karena, setelah Anda berhasil mematikan sistem dengan benar, masalah ini tidak akan muncul lagi.

Jadi, tanpa basa-basi lagi, izinkan saya menunjukkan kepada Anda langkah-langkah untuk memperbaiki masalah Windows 10 tidak mau mati ini.

Solusi #1: Memaksa Shutdown Windows 10 melalui Command Prompt

Cara termudah untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan mematikan sistem secara paksa. Ketika Anda melakukannya, Windows mengabaikan semua urusan lain dan hanya mengutamakan perintah untuk mematikan PC.

Setelah PC dimatikan dengan benar, masalah seharusnya tidak muncul lagi. Hal baiknya adalah, Anda dapat memaksa mematikan Windows hanya dengan satu perintah. Ikuti saja langkah-langkahnya apa adanya dan Anda akan baik-baik saja.

Catatan: Sebelum melanjutkan, simpan semua pekerjaan Anda dan tutup semua program yang terbuka.

1. Untuk menjalankan perintah, kita perlu menjalankannya sebagai administrator. Pertama, cari “cmd” di menu mulai, klik kanan pada hasil “Command Prompt” dan pilih opsi “Run As Administrator“.

Buka Command Prompt Run As Administrator

2. Di jendela Command Prompt, jalankan perintah di bawah ini .

shutdown /s /f /t 0

Segera setelah Anda menjalankan perintah, Windows 10 akan langsung mati sendiri. Jika Anda penasaran, /s= shutdown, /f= forcefully = dengan paksa, /t= dalam 0detik.

Mematikan Windows 10 Dengan Command Prompt

Setelah melakukan ini dan memulai sistem lagi, Anda seharusnya dapat mematikan secara normal.

Solusi #2: Nonaktifkan Fast Startup

Terkadang, layanan, program, atau pembaruan mungkin mengacaukan fitur Fast Startup Windows 10. Ketika itu terjadi, Windows tidak akan mati dengan benar. Jadi, jika metode di atas tidak berhasil, cobalah solusi yang di bawah ini.

Terkait

Trending di Windows

Tinggalkan komentar