Cara Memperbaiki YouTube Error 400 Di Android



Seperti sudah lazim kita ketahui bahwa mayoritas pengguna Youtube menggunakan perangkat pintar Android untuk menyaksikan video-video disana. Itu artinya video Youtube lebih banyak dimuat dan ditonton via smartphone atau tablet dibanding menggunakan komputer dekstop atau laptop.

Namun adakalanya, muncul error mengganggu yang datang begtiu saja tanpa dikehendaki di halaman muka (homepage) Youtube. Error yang saya maksud adalah error 400: “There was a problem with the servers”.

Nah jikalau Anda menjumpai error serupa di Youtube, maka mari bersama kita cari solusinya guna memperbaiki masalah yang mengganggu keasikan kita berpetualang di perpustakan video terbesar milik Google itu.

Sudah siap? Mari kita meluncur langsung ke tutorialnya.

Bagaimana cara memperbaiki error 400 Youtube di Android?

Periksa Koneksi Internet

Eror pada koneksi server erat kaitannya dengan koneksi internet tidak stabil. Maka saya rekomendasikan untuk: mematikan koneksi nirkabel (WiFi) atau data kemudian aktifkan Mode Pesawat (AirPlane Mode) selama 1 atau 2 menit saja.

Kemudian restart smartphone atau tablet Android Anda, kemudian aktifkan kembali koneksi WiFi atau Data dan buka kembali aplikasi Youtube di ponsel Android. Setelah melakukan langkah ini, seharusnya Anda sudah berhasil memperbaiki masalah error 400 Youtube itu.

Periksa Setelan Tnggal Dan Waktu

Penyebab terjadinya masalah error server bisa jadi karena kesalahan setelan tanggal dan waktu. Karena itu, maka buka Settings dan pilih General Management, selanjutnya tap pada Date And Time. Lalu pilih Automatic Date And Time Settings, luncurkan Youtube kembali, dan periksa apakah error 400 masih ada atau tidak.

Cara Menyetel Waktu Dan Tanggal Android

Hentikan Paksa Youtube Dan Bersihkan Cache

Memaksa Youtube berhenti dan bersihkan cache juga bisa menjadi solusi mengatasi error 400. Untuk itu silahkan menuju Settings, lalu buka Apps, dan pilih Youtube selanjutnya pilih Storage, pilih dan tap tombol Clear Cache.

Periksa apakah cara ini berhasil memperbaiki masalah error 400 Youtube atau tidak? Jika masih ada, maka sekalian tap pada tombol Clear Data.

Cara Membersihkan Data Dan Cache Android

Sebagai solusi tambahan saja, pastikan smartphone dan tablet Android Anda menggunakan versi aplikasi Youtube terbaru. Untuk itu buka Google Play Store, cari Yutube dan tap tombol Update. Lakukan pengecekan apakah ada versi Youtube terbaru, jika memang ada, maka instal deh, selanjutnya restart smartphone atau tablet Android Anda dan buka Youtube kembali.
Cara Update Youtube Android

Mengganti Setelan DNS

Mengganti setelan DNS juga bisa menyelesaikan masalah error 400 Youtube. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai beriktu; buka Settings, tap pada WiFi dan tekan dan tahan koneksi Wifi dimana perangkat Anda terhubung. Selanjutnya pilih Modify Network, pilih IP Settings, dan gunakan DNS berikut 1.1.1.1 sebagai DNS utama.

Apabila setelah mengganti setelan DNS masih saja error 400 tidak dapat diperbaiki, maka sebaiknya uninstal dan reinstal aplikasi Youtube baru.

Kesimpulan Saya

Munculnya error 400 umumya terjadi karena koneksi internet yang tidak stabil atau karena setelan tanggal dan waktu yang salah. Bersihkan cache dan data — juga dalam banyak hal — can dapat membantu masalah yang terjadi pada aplikasi terinstal di Android. Selain itu, saya sarankan pula agar Anda mengecek versi aplikasi Youtube, jika sudah lama maka lakukan update (pembaruan). Dilanjutkan dengan melakukan restart aplikasi Youtube yang baru.

Jika setelah melakukan semua cara rekomendasikan di atas namun masalah error 400 Youtube masih ada, maka silahkan tulis di area komentar agar bisa kita diskusikan bersama.


Bagikan
Rekomendasi Untuk Anda

Nagib adalah penulis teknologi lepas di blog Dubidam.id yang aktif membagikan tutorial seputar perangkat pintar berbasis komputer, seperti PC, smartphone dan juga perangkat keras dan lunak untuk membantu pengguna produk teknologi itu memecahkan masalah yang mereka hadapi. Untuk lebih lengkapnya bisa membaca halaman Tentang Blog. Silahkan juga bergabung di kanal Youtube dan halaman Facebook dari Dubidam.ID.

Tinggalkan komentar