Cara Memperbesar Drive C Di Windows 10 / 7 / 8

Salah satu keluhan umum yang saya dapatkan dari teman dan keluarga adalah bahwa komputer mereka dengan konfigurasi sistem default dari Dell, HP, dll. sering membuat partisi C terlalu kecil dan karena itu memaksa mereka untuk mencari cara untuk memperluas partisi agar mendapatkan lebih banyak gratis ruang penyimpanan.

Sayangnya, ketika Anda mencari cara mempebesar drive C, sebagian besar solusi menyarankan Anda mengunduh perangkat lunak pihak ketiga untuk mengelola perubahan pada partisi Windows.

Dengan semua pilihan dan opsi, dengan cepat menjadi tugas yang menakutkan bagi rata-rata pengguna PC. Ada program bagus di luar sana dan mereka akan memperbesar partisi C atau menggabungkan partisi dengan aman tanpa memerlukan banyak pengetahuan teknis.

Pada artikel ini, saya akan mencoba menunjukkan kepada Anda cara yang lebih sederhana dan mudah untuk memperbesar drive C dengan menggabungkan dua partisi tanpa perangkat lunak pihak ketiga.

Cara ini tidak semudah menggunakan software pihak ketiga dan dalam beberapa situasi, Anda harus menggunakan program terpisah, tetapi itu akan menyelesaikan pekerjaan untuk kebanyakan orang.

Pada dasarnya, yang kita lakukan adalah mencadangkan partisi kedua, lalu menghapusnya, lalu memperluas partisi pertama untuk menyertakan ruang kosong yang dibuat saat kita menghapus partisi kedua. Inilah cara kami melakukannya di Windows 7 / 8 / 10.

Baca juga:

Cara Memperbesar Drive C di Windows  10 / 7 / 8

1. Pertama, klik kanan pada Computer atau This PC  di desktop dan pilih Manage.

Computer Manage

2. Selanjutnya klik pada Disk Management di panel navigasi sebelah kiri:

Disk Management

3. Sekarang di panel sebelah kanan, Anda akan melihat daftar volume di bagian atas dan daftar disk di bagian bawah.

Cara Menggabungkan Partisi Windows

4. Seperti yang Anda lihat pada contoh di atas, saya memiliki volume C dan E. Volume C adalah partisi System saya yang mencakup sistem operasi Windows 10 dan file paging. Volume E hanyalah partisi primer kedua yang berukuran sekitar 10 GB. Yang ingin kita lakukan di sini adalah menggabungkan kedua partisi ini sehingga partisi C menjadi 60 GB, bukan 50 GB.

5. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah klik kanan pada partisi E di bagian bawah dan pilih Delete Volume.

Delete Volume

6. Anda akan mendapatkan peringatan yang menyatakan bahwa menghapus volume akan menghapus semua data di dalamnya. Anda harus memastikan bahwa Anda telah mencadangkan apa pun pada volume itu terlebih dahulu sebelum Anda melakukan ini. Setelah Anda menghapusnya, Anda akan melihatnya menjadi ruang yang Unallocated.

Menggabungkan Partisi C Windows

7. Sekarang untuk menggabungkan partisi, klik kanan pada pada partisi yang ingin Anda perluas, (di artikel ini saya ingin perluas drive / partisi C) dan pilih Extend Volume.

Memperbesar Partisi C Windows

8. Wizard akan terbuka, jadi klik Next. Pada layar Select Disk, itu akan secara otomatis memilih disk dan menunjukkan jumlah dari ruang yang tidak terisi atau unallocated.

Select Disk Windows C

9. Seperti yang Anda lihat, wizard menemukan 9999 MB ruang yang tidak terisi (unallocated) yang dapat saya gunakan untuk memperluas volume C. Kini, klik Next dan kemudian klik Finish. Sekarang Anda akan melihat partisi pertama (volume C) telah diperluas dan mencakup semua ruang pada disk.

Memperbesar Partisi C Windows Mudah Gampang

Baca juga:

Itu dia! Yes, dengan metode ini Anda telah menghapus sebuah partisi dan kemudian mencadangkan data, tetapi setidaknya Anda tidak perlu khawatir tentang perangkat lunak pihak ketiga dan membayar apa pun.

Tidak terlalu sulit bukan, untuk memperbesar drive C pada Windows 10 / 8 / 7  yang bisa Anda praktekan jikalau Anda merasa drive C Anda terasa kecil.

Leave a Comment