8 Cara Mempercepat Windows 10 (Dijamin Ngebut)



Meskipun Windows 10 terus digeber performanya agar lebih cepat dan lebih ramping oleh Microsoft. Namun dengan berjalannya waktu—pada akhirnya—kinerja komputer Anda akan melambat karena banyak faktor, termasuk dan tidak terbatas pada: masalah kompatibilitas software, bug, virus atau bentuk lain dari malware, dan bahkan hardware yang gagal berfungsi.

Jika Anda berurusan dengan PC yang lamban, itu tidak berarti Anda harus menggantinya dan membeli baru. Hanya beberapa penyesuaian software dan hardware yang sederhana maka anda dapat menjadikan komputer Windows 10 anda menjadi super cepat dan ringan.

Saya menjamin bahwa setelah melakukan trik dari saya maka komputer Windows 10 anda akan jauh lebih cepat bahkan tidak hanya itu, proses booting pun akan terasa singkat. Saya jamin! Penasaran? Baca terus!

Pengumuman: Tips untuk mempercepat kinerja PC Windows ini akan menghadihi perbedaan besar pada Anda saat bekerja di rumah atau di kantor dengan komputer Windows 10 Anda.

Dalam panduan Windows 10 ini, saya akan memandu Anda mengikuti 8 cara berbeda yang dapat Anda coba untuk mempercepat, mengoptimalkan, dan meningkatkan kinerja komputer Windows 10 Anda.

8 Cara membuat komputer Windows 10 menjadi super cepat

1. Nonaktifkan aplikasi startup

Banyak aplikasi yang terinstal di komputer Anda yang dapat mengonfigurasikan diri untuk diluncurkan secara otomatis saat startup dan aplikasi tersebut akan terus terbuka dan berjalan di background atau latar belakang.

Nah jika Anda tidak menggunakan aplikasi itu setiap hari, atau Anda tidak memiliki PC dengan spesifikasi yang kuat, maka aplikasi ini dapat mengkonsumsi sumber daya sistem yang berharga, yang secara signifikan dapat memperlambat komputer.

Untuk menonaktifkan aplikasi saat startup di Windows 10, gunakan langkah-langkah ini:

  1. Buka Settings.
Tombol Settings Komputer Windows 10.
Tombol Settings Komputer Windows 10.
  1. Klik APP.
Settings Apps Windows 10
Settings Apps Windows 10
  1. Klik pada Startup.
  2. Klik menu Sort by dan pilih opsi Startup Impact .
  3. Matikan semua aplikasi yang tidak penting (terutama yang bertanda “High impact”).
Off Aplikasi Startu High Impact Windows
Off Aplikasi Startu High Impact Windows
  1. Restart komputer Anda.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah diatas, maka komputer Anda sekarang sekarang akan lebih cepat dan boot lebih kenceng daripada sebelumnya.

Tentu saja, tingkat kecepatan akan bervariasi tergantung pada aplikasi yang Anda nonaktifkan dan konfigurasi hardware Anda.

Asik bukan? Tunggu dulu! Itu belum seberapa masih ada sederet optimasi lainnya yang saya tawarkan guna menjadikan komputer Anda ringan dan secepat kilat (Lebay! Haha). Oke lanjut.

2. Nonaktifkan  proses “luncurkan ulang” aplikasi saat startup

Ini juga optimasi untuk mempercepat komputer khususnya saat booting komputer Windows 10.


Bagikan
Rekomendasi Untuk Anda

Nagib adalah penulis teknologi lepas di blog Dubidam.id yang aktif membagikan tutorial seputar perangkat pintar berbasis komputer, seperti PC, smartphone dan juga perangkat keras dan lunak untuk membantu pengguna produk teknologi itu memecahkan masalah yang mereka hadapi. Untuk lebih lengkapnya bisa membaca halaman Tentang Blog. Silahkan juga bergabung di kanal Youtube dan halaman Facebook dari Dubidam.ID.

Tinggalkan komentar