Cara Memulihkan File Yang Dihapus Secara Permanen Di Windows 10

Cara memulihkan file terhapus secara permanen di Windows 10 — Kita semua mungkin pernah melakukannya, dan sebagian besar dari kita akan melakukannya lagi di di masa depan.

Yang kita bicarakan, tentu saja, adalah tentang menghapus file-file penting secara tidak sengaja menggunakan tombol Shift + Delete di Windows 10.

Dengan langsung menghapusnya maka telah memupuskan kemungkinan untuk dapat memulihkan file yang dihapus itu dari Recycle Bin.

Berita baiknya adalah tidak semua harapan hilang ketika Anda memilih file yang salah dan secara tidak sengaja menghapusnya maka jangan putus asa, karena ada 5 cara bagaimana memulihkan file yang dihapus secara permanen di Windows 10 yang harus diketahui pengguna.

Dan kami uraikan semuanya dalam artikel ini.

Mengapa Windows 10 Menghapus File Secara Permanen?

Seperti yang Anda ketahui, ketika Anda memilih file di Windows 10 dan menekan Delete pada keyboard Anda, file tersebut pindah ke Recycle Bin, di mana ia duduk sampai Anda secara manual mengosongkan Recycle Bin.

Menempatkan file terhapus di folder Recycle Bin memberi Anda waktu untuk berubah pikiran dan dapat dengan mudah menyelamatkan file yang dihapus.

Masalah dengan cara menghapus file via Recycle Bin ini adalah tidak segera membebaskan ruang penyimpanan, itulah sebabnya kebanyakan orang menghapus file di tempat pertama tanpa mengirim terlebih dulu ke Recycle bin.

Anda harus mengosongkan Recycle Bin secara manual, jika ingin file tersebut benar-benar terhapus dan menambah space penyimpanan anda.

Namun apabila Anda ingin menghapus file yang 100% positif tidak Anda perlukan lagi di masa mendatang, maka Anda dapat melewati Recycle Bin, langsung saja menggunakan Shift+ Delete untuk menghapusnya secara permanen dengan segera.

Namun ingat! Ketika Anda menghapus file menggunakan shortcut Shift + Delete, Anda memang mengosongkan ruang penyimpanan.

Tetapi efeknya adalah Anda telah menghilangkan kemungkinan untuk memulihkannya dari Recycle Bin.

Tapi tunggu dulu, hanya karena Anda tidak dapat memulihkan file yang dihapus secara permanen dari Recycle Bin bukan berarti Anda tidak dapat memulihkannya sama sekali.

Ingatlah bahwa Anda harus bertindak cepat dan memulihkan file yang dihapus secara permanen sebelum dioverwritten.

Cara memulihkan file terhapus secara permanen di Windows 10

Anda masih punya kesempatan kok untuk mendapatkan kembali file-file yang terhapus di Windows 10 anda, dan berikut adalah keseluruhan langkah-langkahnya.

Solusi #1: Pulihkan File yang Dihapus di Windows 10 tanpa Software Pihak Ketiga dengan CMD

Kami mulai dengan metode yang paling tidak ramah pengguna, yang melibatkan Command Prompt dan serangkaian perintah yang sangat spesifik.

Jika Anda telah berhasil menggunakan metode ini, kami yakin Anda tidak akan memiliki masalah dengan metode lain yang dijelaskan dalam artikel ini.

  1. Buka menu Start.
  2. Ketik “cmd” , klik kanan pada Command Prompt, dan pilih “Run as administrator” untuk menjalankan Command Prompt dengan hak administrator.
  3. Ketik chkdsk X: /f dan tekan Enter pada keyboard Anda. Ganti “X” dengan hard drive Anda, misalkan drive D atau C. Kalau saya drive E maka saya tulis E.
  4. Ketik ATTRIB -H -R -S /S /D X:*.* dan tekan Enter. Sekali lagi, ganti “X” dengan hard drive Anda.memulihkan file yang dihapus di windows 10.
Memulihkan File Terhapus Di Windows Dengan CMD
Memulihkan File Terhapus Di Windows Dengan CMD

Proses pemulihan mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk diselesaikan, jadi bersabarlah dan jangan menyela.

Jika memungkinkan, jangan lakukan apa pun di komputer saat proses pemulihan berjalan karena Anda dapat menimpa file yang dihapus dan membuat pemulihan menjadi tidak mungkin.

Solusi #2: Memulihkan file yang dihapus secara permanen dari cadangan yang lebih lama

Windows Vista memperkenalkan komponen pemulihan data baru yang disebut Backup and Restore, yang memungkinkan pengguna untuk membuat cadangan dan memulihkan dari cadangan yang dibuat sebelumnya.

Meskipun Backup and Restore telah sepenuhnya dihapus dari sistem operasi Windows di Windows 8.1 demi mendukung File History.

Namun masih mungkin bagi kia untuk memulihkan data pada komputer Windows 10 dari cadangan yang dibuat menggunakan alat Backup and Restore.

  1. Buka menu Start.
  2. Ketik “backup” dan tekan Enter pada keyboard Anda.
  3. Pilih opsi “Go to Backup and Restore (Windows 7)” di bawah “Looking for an older backup?”
  4. Klik pada opsi “Select another backup to restore files from” dan pilih cadangan / backup Anda.
  5. Klik “Next” dan ikuti instruksi untuk menyelesaikan proses pemulihan.
Memulihkan File Yang Dihapus Secara Permanen Di Windows 10
Memulihkan File Yang Dihapus Secara Permanen Di Windows 10

Tinggalkan komentar