Cara Menambahkan Nomor Halaman Dalam Dokumen Word (Mulai Dari Halaman 1, 2, 3 atau Lebih Baru)

ADVERTISEMENT

Saat Anda membuat dokumen Word dengan banyak halaman Anda mungkin perlu menambahkan nomor untuk setiap halaman.

Penomoran berguna untuk berbagai alasan, dan, tergantung pada jenis dokumen yang Anda buat, keberadaan nomor mungkin wajib.

Microsoft Word menawarkan beberapa cara bagi Anda untuk menambahkan nomor halaman. Berikut adalah cara menambahkan nomor halaman di dokumen Word apa pun, mulai dari halaman satu, dua, tiga, atau halaman lainnya:

CATATAN: Tutorial ini dibuat menggunakan Microsoft Word dari Office 365. Namun pasti cara ini juga dapat berfungsi pada Word dari Microsoft Office 2019, Office 2016, dan Office 2013.

Cara menambahkan nomor halaman ke dokumen Word, dimulai dengan halaman pertama

Prosedur yang paling mudah adalah menambahkan nomor halaman ke semua halaman di dokumen Word Anda. Untuk melakukannya, di Microsoft Word, klik atau ketuk tab Insert.

Di bagian Header & Footer, klik atau ketuk tombol Page Number. Sebuah menu akan terbuka, dimana Anda akan dapati sejumlah pilihan di mana menempatkan nomor halaman:

  • Top of Page (di atas halaman),
  • Bottom of Page (dibawah halaman),
  • Page Margins,
  • dan Current Position
Top of Page, Bottom of Page, Page Margins, dan Current Position
Microsoft Word – tambahkan nomor halaman

Untuk sebagian besar dokumen, standarnya adalah menambahkan nomor halaman di bagian bawah halaman. Jika Anda juga merasa bahwa posisi nomo memang seharusnya dibagian bawah halaman, maka pilih Bottom of Page, lalu pilih posisi dan format yang tepat, menggunakan pratinjau yang diperlihatkan oleh Microsoft Word.

ADVERTISEMENT

Anda dapat menyelaraskan posisi nomor halaman ke kiri, tengah, atau kanan. Anda juga dapat menggunakan bilah aksen, dan sebagainya. Pilih apa yang Anda inginkan dari daftar.

Memberi Nomor Dokumen Word
Microsoft Word – pilih format untuk nomor halaman

Anda dibawa ke Footer (atau Header ) dari halaman saat ini, di mana Anda melihat nomor halaman ditambahkan. Secara default, penomoran dimulai dari 1.

 Memberi Nomor Pada Dokumen Microsoft Word
Microsoft Word – nomor halaman ditambahkan ke footer

Footer (atau header, jika Anda memilih untuk menambahkan nomor halaman di bagian atas halaman) sekarang dapat diedit. Anda dapat menambahkan teks lain jika diinginkan.

Saat Anda puas dengan hasilnya, klik atau ketuk tombol Close Header dan Footer pada pita, yang diperlihatkan pada tab Design.

Close Header dan Footer
Microsoft Word – Close Header And Footer

Simpan dokumen Anda untuk menyimpan nomor halaman yang baru ditambahkan.

Baca juga;

Cara menambahkan nomor halaman ke dokumen Word, dimulai dengan halaman dua

Banyak dokumen Word memiliki sampul, dan kontennya dimulai di halaman kedua. Jika Anda juga demikian, penomoran harus dimulai pada halaman kedua dokumen.

Untuk melakukannya, pertama-tama tambahkan nomor halaman menggunakan instruksi dari bagian sebelumnya. Kemudian, Anda harus memformat nomor halaman sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda:

Pastikan Anda berada di halaman pertama dokumen Word, halaman di mana Anda tidak ingin nomor halaman ditampilkan.

Kemudian, klik atau ketuk tab Insert, buka bagian Header & Footer, dan klik atau ketuk tombol Page Number. Di menu yang terbuka, klik atau ketuk Format Page Numbers.

Format Page Numbers
Microsoft Word – Format Nomor Halaman

Tindakan ini membuka jendela bernama Page Number Format. Di sini Anda dapat memilih format yang berbeda untuk pagination: menggunakan angka, huruf, dan sebagainya.

Page Number Format
Microsoft Word – Format Nomor Halaman

Untuk memulai nomor halaman pada halaman dua dokumen, pilih untuk memulai penomoran halaman pada 0, dan klik atau ketuk OK.

Microsoft Word - Format Nomor Halaman
Microsoft Word – Format Nomor Halaman

Anda sekarang melihat penomoran halaman dimulai dengan halaman 0. Untuk menyembunyikan penomoran “halaman 0”, di tab Design, buka bagian Option dan centang kotak di sebelah opsi “Different First Page”.

Klik atau ketuk tombol Close Header and Footer pada pita, yang ditampilkan pada tab Design.

Microsoft Word - Halaman Pertama Berbeda
Microsoft Word – Halaman Pertama Berbeda

Sekarang penomoran halaman dimulai dengan halaman dua, yang memiliki nomor 1 di header atau footer, tergantung di mana Anda memilih untuk menambahkan nomor halaman.

Baca juga:

Cara menambahkan nomor halaman ke dokumen Word, dimulai dengan halaman tiga atau lebih baru

Beberapa dokumen mungkin menyertakan sampul, dan daftar isi yang panjangnya dua halaman, atau lebih. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu memulai penomoran halaman pada halaman tiga atau lebih baru. Prosedur untuk melakukan itu berbeda dari yang lain yang dibagikan dalam panduan ini. Pertama, Anda perlu memisahkan halaman yang ingin diberi nomor dari yang tidak, menggunakan pemisah bagian .

Untuk melakukannya, klik di awal halaman tempat Anda ingin memulai penomoran, tepat sebelum karakter pertama di halaman itu. Kemudian, klik atau ketuk tab Layout pada pita, di Microsoft Word.

Microsoft Word - Buka tab Layout
Microsoft Word – Buka tab Layout

Di bagian Page Setup, klik atau ketuk tombol Breaks, dan di menu yang terbuka, pilih Next Page.

Microsoft Word – Menambahkan Page Breaks
Microsoft Word – Menambahkan Page Breaks

Klik dua kali pada area footer (atau header) pada halaman pertama tempat Anda ingin menampilkan nomor halaman. Tindakan ini membuat footer (atau header) dapat diedit dan membuka tab Design. Di bagian Navigation, klik tombol “Link to Previous” . Tindakan ini mematikan tautan antara halaman yang Anda buka dan yang sebelumnya. Juga, itu memutuskan tautan footer (atau header) dari bagian sebelumnya yang tidak akan diberi nomor.

Microsoft Word - Link to Previous
Microsoft Word – Link to Previous

Setelah tautan dihapus, buka tab Insert dan, di bagian Header & Footer, klik atau ketuk tombol Page Number, dan pilih di mana Anda ingin penomoran halaman ditempatkan.

Microsoft Word - Tambahkan nomor halaman
Microsoft Word – Tambahkan nomor halaman

Untuk mengedit penomoran halaman, dan memulainya dengan 0, 1 atau yang lainnya, klik tombol Page Number sekali lagi, dan pilih Format Page Numbers.

Microsoft Word - Memvberi Format Nomor Halaman
Microsoft Word – Memvberi Format Nomor Halaman

Di jendela Page Number Format, pilih nomor di mana Anda ingin memulai penomoran halaman dan formatnya. Kemudian, klik atau ketuk OK.

Microsoft Word - Page Number Format
Microsoft Word – Page Number Format

Klik dua kali di luar footer atau header, untuk berhenti mengedit penomoran halaman dan melanjutkan pengeditan dokumen Word. Atau, buka tab Design, dan klik atau ketuk tombol Close Header and Footer pada pita.

Apakah Anda menambahkan nomor halaman di dokumen Microsoft Word Anda?

Kami berharap panduan ini telah berhasil membantu Anda menambahkan nomor halaman di tempat yang Anda inginkan di dokumen Word Anda, dimulai dengan halaman yang Anda inginkan.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah. Semoga berhasil dalam membuat dokumen yang mengesankan di Microsoft Word!

Leave a Comment