Cara Mendeteksi Pencuri Wifi

Cara mendeteksi pencuri Wifi paling ampuh — Jika di rumah kita memasang internet menggunakan ISP apapun seperti Indihome, MNC Play, Fast Net dan sebagainya tentu saja dilengkapi dengan teknologi Wi-Fi yang memungkinkan pertukaraan data antara perangkat secara nirkabel.

Sederhananya adalah Wifi merupakan teknologi menyiarkan sinyal internet kepada semua perangkat (Laptop, Smartphone, tablet dan SmartTv) dan semua perangkat itu dapat mengaksesnya (login) baik dengan atau tanpa password.

Dan tentu saja kita bukan satu-satunya pengguna internet di rumah, ada ayah ibu, istri suami, kakak adik dan anak-anak.

Semuany menggunakan internet nyaris secara bersamaan, bukan rahasia lagi bahwa kini banyak orang lebih banyak habiskan waktu di depan gadgetnya.

Karenanya, ada pihak yang kebetulan “kehabisan paket data” namun ingin tetap terhubung biasanya nyari internet gratis dengan masuk begitu saja ke Wifi tanpa dilindungi oleh password sehingga mereka tidak perlu mengetahui password Wifi anda, karena no-paswsord, atau mereka menggunakan program crack tertentu dengan brute-force jaringan Wifi miik anda.

Dan semakin banyak pengguna yang berada di jalur Wi-Fi yang sama tentu akan mempengaruhi tingkat kecepatannya dan juga mengkonsumsi penggunaan wajar yang ditetapkan oleh ISP seperti Indihome (Cek Fair Usage Policy (FUP) Indihome).

Akan tetapi jikalau internet anda terasa lebih lelet dibanding sebelumnya, hal itu bisa karena beragam penyebab contohnya ada masalah koneksi dari ISP. Atau….

Atau mungkin ada orang lain (bisa jadi orang-orang lain) yang ikutan menggunakan internet anda selain diri dan keluarga anda.

Jika penyebabnya adalah yang kedua atau paling tidak anda menduga keras bahwa memang ada yang mencuri Wifi anda, maka ada cara mencari pembuktian apakah dugaan anda benar atau salah.

Disini saya ingin promosikan dua buah metode yang pernah saya pakai beberapa bulan lalu ketika saya curiga ada orang selain saya dan istri menggunakan internet saya.

Cara 1 mendeteksi pencuri Wifi dengan putuskan perangkat

Cara pertama saya lakukan anda dengan memutuskan semua hubungan internet dari perangkat yang ada, saat itu saya memutuskan hubungan internet dari laptop, smartphone, dan semuanya di rumah saya.

Kemudian saya perhatian lampu sinyal di Wifi yang ada dimodem saya, jika lampunya terus kelap-kelip maka dapat dipastikan memang ada yang mencuri internet saya via WiFi.

Anda bisa menggunakan cara yang saya anggap paling mudah ini. Kendala terbesarnya adalah jikalau di rumah banyak anggota keluarga.

Maka anda harus memutus semua hubungan internet dari semua handset gadget anda dan anggota keluarga untuk sementara waktu guna memantau lampu wifi apakah kelap-kelip atau tidak.

Silahkan lihat modem, jika semua perangkat mati tetapi WLAN terus kelap-kelip kemungkinan besar ada pencuri.

Cara Mengetahui Pencuri Wifi
WLAN Wifi Modem Huawei

Untuk lebih yakin, maka anda bisa lakukan cara kedua.

Tips cepat

Bagaimana cara mengetahui apakah tetangga Anda mencuri internet Anda? Di bawah ini adalah 6 perangkat lunak sederhana yang memungkinkan Anda melakukan ping ke perangkat mana yang terhubung ke router Anda.

Dengan menggunakan alat-alat ini, Anda dapat mengetahui berapa banyak perangkat yang terhubung ke router Anda dan apakah ada perangkat yang tidak diinginkan dan yang tidak diizinkan sedang mengakses internet anda. Beberapa saran bagus:

  • Selalu ubah kata sandi router default.
  • Selalu ubah kata sandi WiFi router Anda setiap tahun.
  • Gunakan WPA2, WEP bisa di crack dalam beberapa menit.

Cara 2 mendeteksi pencuri Wifi dengan aplikasi

Cara kedua menggunakan aplikasi Android dan software untuk komputer Windows dan MacOS, dimana aplikasi ini akan melakukan pencarian otomatis mengenai login tidak biasa dari “Seseorang” ke jaringan Wifi anda.

Dengan begitu anda akan ketahui siapa si biang kerok pencuri yang membuat jaringan koneksi Wifi lelet bukan kepalang.

1—Wi-Fi Thief Detector: Bagi saya ini adalah aplikasi bagus, mudah cara kerjanya dan memberikan hasil cepat.

Aplikasi ini akan memaparkan semua perangkat yang terhubung di router anda, dengan begitu anda akan segera mengidentifikasi siapa si pencuri yang terhubung ke jaringan anda tanpa izin.

Dengan begitu anda bisa melakukan proteksi terhadap router untuk menghentikan aksi seenaknya si pencuri Wifi ini.

Anda akan dapati laporan semua perangkat terhubung dan disebelah kanan nama perangkat dijelaskan identifikasi masing-masing perangkat.

  • Known berarti perangkat yang sudah di kenal (Jadi tidak masalah).
  • Stranger berarti perangkat yang asing (Para pencuri termasuk dalam kategori ini, namun belum tentu juga, jikalau adik anda baru membeli HP tentu router anda akan mendeteksinya stranger, hingga beberapa saat akrab dengannya).

Namun dari Stranger ini memberi anda petunjuk untuk kemudian melakukan investigasi terhadap siapa yang mungkin sebagai pencuri.

Laporan WiFi Thief Detector
Laporan WiFi Thief Detector

Tinggalkan komentar